Sabtu, 31 Desember 2011

Kilas Balik Peristiwa di tahun 2011 (bagian 2)


Meneruskan artikel beberapa hari yang lalu, berikut ini adalah Kilas Balik kejadian penting di tahun 2011 bagian yang kedua. Tidak lupa kami mengucapkan Selamat Tahun Baru 2012 kepada semua pembaca dan anggota dari komunitas bada Indonesia. Bada Fighting !!!

Juli


Setelah pengembangan aplikasi untuk Smart TV telah menjadi daya tarik tersendiri di seluruh Amerika Serikat dan Eropa, kini Samsung bertujuan untuk memperluas platform aplikasi untuk TV ini ke pasar negara berkembang, seperti Brasil dan China. Samsung Electronics yang saat ini menjadi pemimpin pasar di industri TV cerdas, akan membangun "Ekosistem Smart TV" dengan cara menjadi perusahaan pemimpin yang tak tertandingi dalal pasar Smart TV.


Beberapa saat yang lalu kita menyebutkan bahwa Samsung Electronics telah menyiapkan sebuah layanan komputasi awan secara rahasia yang dinamakan S-Cloud (nama sementara yang disebutkan oleh sumber kami). Samsung sudah menguji versi beta dari layanan ini melalui karyawan Samsung SDS dan mereka akan memeriksa stabilitas dari pelaksanaan layanan ini serta pembuatan layanan baru yang dapat dikembangkan sebagai layanan tambahan ketika Samsung nantinya sudah siap dengan rencananya untuk meluncurkan S-Cloud.


Sedangkan fitur baru untuk bada 2.0 akan didasarkan pada tren aplikasi mobile saat ini. Fitur yang berorientasi pada layanan akan memainkan bagian besar dari upgrade bada ini, yang meliputi lokasi, sosial, penyimpanan konten berbasis cloud, commerce dan push notification. Untuk memenuhi capaian ini, empat jenis layanan aplikasi baru akan dihadirkan untuk pengguna smartphone bada 2.0: Seia, Tripper, Apps For Me dan Caster. Empat aplikasi ini telah dipamerkan pertama kali saat peluncuran platform bada 2.0 di Mobile World Congress (MWC) 2011 di Barcelona, ​​Spanyol.



Agustus


Nitobi Inc, pencipta dari framework pengembangan aplikasi mobile populer PhoneGap, pada hari Jumat kemarin (29/7) merilis PhoneGap 1.0 pada acara PhoneGap Day yang diadakan pertama kalinya di Portland, Oregon, Amerika Serikat. PhoneGap adalah sebuah platform HTML5 yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan teknologi berbasis web (HTML, CSS dan JavaScript) untuk membuat aplikasi mobile asli. Dengan menggunakan PhoneGap, pengembang dapat menulis aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya ke enam platform mobile utama dan toko aplikasi, termasuk Apple iOS, Android, BlackBerry, WebOS, Samsung bada dan Symbian.


OCEAN Center, Pusat Pengembangan Aplikasi bada di Korea, baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang pertama. Samsung Electronics membuka OCEAN pada bulan Agustus tahun lalu di Samsung-dong, Seoul untuk mendukung mahasiswa dan pengembang individu dalam membuat aplikasi untuk perangkat cerdas dalam line-up produk Samsung.


Samsung telah menciptakan sebuah sistem penamaan smartphone baru yang telah disederhanakan, yang difokuskan untuk terus memperluas portofolio perangkat smartphone di industri global. Struktur penamaan akan mengorganisir dan menggolongkan semua perangkat menjadi lima kelas, diidentifikasi oleh huruf alfabet tunggal. Lebih lanjut, perangkat juga akan diberi nama berdasarkan indikator tambahan yang akan mengidentifikasi fungsi yang lebih spesifik.


Samsung Electronics berencana untuk menambahkan lebih dari 1.000 spesialis software baru dari India tahun depan, karena menyadari "kekuatan software" yang semakin penting dalam persaingan global dengan raksasa software seperti Apple, Google dan Microsoft. Untuk mengantisipasi keadaan ini, Samsung berencana untuk memperkuat jajaran research and development (R&D) yang akan bertanggung jawab pada pengembangan teknologi software dari Samsung.


Samsung hari ini merilis bada SDK 2.0. Bada 2.0 yang baru ini memperkenalkan berbagai fitur baru yang tidak hanya menarik buat pengembang, tetapi pengguna juga. Di sini Anda dapat mengetahui sekilas fitur baru serta konten informatif lain dari Bada 2.0. Setiap informasi akan membantu Anda memahami lebih baik dan membimbing Anda melalui pengembangan. SDK nya sendiri sudah tersedia untuk diunduh dari http://developer.bada.com > Dev Tools > SDK.


Seoul, Korea Selatan, 25 Agustus 2011 - Samsung Electronics Co Ltd, penyedia ponsel terkemuka, hari ini mengumumkan peluncuran bada 2.0 SDK (Software Development Kit), sebuah tool pengembangan aplikasi untuk platform mobile milik Samsung sendiri. Bada 2.0 diharapkan menjadi katalis dalam memperluas distribusi global dari smartphone bada, yang telah mencatat penjualan global yang signifikan.


Samsung Electronics hari ini (29/8) mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan ChatON, layanan komunikasi global di IFA 2011 di Berlin, Jerman. ChatON adalah layanan komunikasi mobile gratis baru yang bekerja di semua platform smartphone utama dan featurephone (non-smartphone). Layanan ini memungkinkan pengguna terhubung dengan teman dan keluarga, terlepas dari apapun platform perangkat mereka, dan memungkinkan mereka untuk berbagi teks, gambar, catatan tulisan tangan maupun video secara langsung. Pengguna dapat melakukan chatting dalam kelompok, sementara klien Web client akan memungkinkan berbagi (sharing) konten dan percakapan antara ponsel dan PC dengan mudah.


Samsung Electronics hari ini mengumumkan peluncuran produk flagship (andalan) mereka, yaitu "chic smartphone" Wave 3, "social-powerhouse" Wave M dan "smart-st`rt" Wave Y. Ini semua adalah deretan smartphone Wave yang akan dipajang di Stand Samsung di IFA 2011 di Berlin.


September


Kemarin (1/9) di acara IFA 2011 di Berlin, Jerman, Samsung Electronics Co, Ltd, mengumumkan akan bermitra dengan YouTube™ untuk menjadi yang pertama yang akan menampilkan konten YouTube 3D melalui aplikasi YouTube on TV yang telah diperbarui untuk Smart TV dari stan "Samsung Smart TV Zone." Konten YouTube 3D yang secara eksklusif dibawa ke IFA oleh platform Samsung Smart TV, menyediakan pengguna dengan hiburan rumah yang menarik, intuitif, sosial dan pengalaman visual yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya.


Bada Ad Gateway adalah layanan iklan mobile dari Samsung Electronics yang mendukung berbagai format iklan di aplikasi untuk pengembang bada. Jika Anda mencari aliran pendapatan melampaui penjualan aplikasi yang lebih sederhana, ini adalah jawabannya. Layanan iklan mobile baru ini adalah kesempatan untuk mendiversifikasi model bisnis Anda, menyediakan banyak fitur yang mudah digunakan khusus untuk pengembang bada yang akan melampaui apa yang bisa disediakan oleh semua jaringan lainnya. Berikut ini adalah ikhtisar dari layanan dan karakteristik bada Ad Gateway.


Rovi Corporation dan Samsung Electronics Co, Ltd hari ini di pameran dagang elektronik terbesar IFA 2011 di Berlin, Jerman, mengumumkan bahwa perusahaannya telah menandatangani perjanjian lisensi untuk beberapa tahun kedepan yang memungkinkan Samsung untuk terus mengintegrasikan teknologi DivX pada berbagai perangkat elektronik termasuk smartphone. Teknologi DivX akan terus menonjol pada deretan perangkat mobile dari Samsung yang populer termasuk Wave 3 yang baru saja diluncurkan dan banyak diinginkan oleh pencinta smartphone bada.


Samsung Electronics telah memulai tur global dari "bada Developer Day" untuk secara aktif memperkenalkan platform bada 2.0 yang mereka kembangkan sendiri. Samsung mengatakan bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan acara bada Developer Day untuk pengembang lokal di Bangalore, India pada tanggal 16 September kemarin dengan sukses. India adalah tujuan pertama dari rangkaian "Global Tour" ini.


Samsung Electronics dengan bangga telah memperkenalkan versi baru dan diperbarui dari toko aplikasi yang sukses, Samsung Apps pada tanggal 19 September 2011. Samsung Apps versi terbaru ini pertama kali akan tersedia untuk Samsung smartphone Wave yang berjalan pada OS baru bada 2.0 dan menyebar secara global pada perangkat Samsung bada lainnya yang akan mendapat update ke versi 2.0.



Oktober


Justin Hong, project lead and architect of bada platform, melalui Twitter baru saja menyatakan dimulainya desain pengembangan untuk generasi berikutnya dari platform bada 3.0. Langkah ini diambil setelah pengembangan bada 2.0 untuk smartphone Wave sudah hampir memasuki fase terakhir, yang berarti update bada 2.0 akan segera hadir untuk semua smartphone bada.


Layanan VOD (Video on Demand) 3D yang disediakan oleh Samsung Smart TV telah melewati akumulasi lima juta pemirsa sejak Maret lalu ketika layanan ini dimulai. Antusiasme yang sangat besar pada layanan VOD 3D Samsung disebabkan kualitas premium dari layanan ini serta berbagai macam konten yang tersedia.


Lubitu adalah aplikasi VOD (Video On Demand) pertama di Indonesia untuk Samsung Smart TV hasil karya Digital Buana, yang berada di bawah bendera PT. Digital Graha Pratama. Anda dapat menikmati berbagai tayangan menarik, mulai dari film Indonesia, film Hollywood, klip musik, gaya hidup, sampai tayangan berita lewat aplikasi ini.


Samsung pada tanggal 30 September kemarin meluncurkan layanan Samsung AdHub. Samsung AdHub adalah layanan iklan digital dari Samsung Electronics yang mendukung iklan dalam aplikasi untuk pengembang bada. Jika Anda mencari aliran pendapatan selain dari penjualan aplikasi, ini adalah jawabannya. Layanan iklan baru untuk pengembang aplikasi ponsel, tablet PC dan Smart TV adalah kesempatan sempurna untuk diversifikasi model bisnis Anda.


Samsung Apps TV, toko aplikasi pertama di dunia yang berbasis perangkat HDTV, terus tumbuh baik dalam jumlah dan popularitas pada tingkat yang mengesankan. Samsung Apps TV baru-baru ini merayakan tonggak dari 1.000 aplikasi yang telah terdaftar dan melonjak melewati angka 10 juta untuk jumlah pengunduhan aplikasi. Kedua prestasi ini menunjukkan inisiatif Samsung untuk membangun ekosistem Smart TV di seluruh dunia.


Dengan jumlah total hadiah sebesar satu juta dolar (sekitar 8,8 milyar rupiah), sepuluh pengembang dengan lebih dari seratus ribu pengunduhan dari toko aplikasi Samsung Apps akan menerima hadiah uang tunai seratus ribu dolar. Pemenang dengan pengunduhan terbanyak akan mendapatkan keuntungan melalui program kemitraan dari bada, kampanye promosi untuk aplikasi buatannya dari toko aplikasi Samsung dan menerima gelar "Power App".


November


Samsung Developer hari ini merilis Samsung Theme Designer 2.0.0 untuk ponsel Samsung. Samsung Theme Designer 2.0.0 adalah tool authoring untuk desainer dan pengembang untuk membuat konten tema untuk ponsel yang menjalankan platform bada seperti Wave 3 dan Wave M. Samsung Theme Designer hanya mendukung ponsel asli dari Samsung, dan tidak mendukung ponsel dengan OS Symbian, Windows Phone, atau Android.


Adobe telah menegaskan pendiriannya bahwa mereka akan menghentikan dukungan media Flash di smartphone atau perangkat mobile lainnya, untuk lebih berkonsentrasi pada pengembangan solusi berbasis HTML5. Keputusan yang cukup mengejutkan ini sebenarnya sudah mulai bisa ditebak ketika mereka mengakuisisi Nitobi, pencipta dari framework pengembangan aplikasi mobile populer PhoneGap.


Digital Living Network Alliance® (DLNA®) minggu kemarin mengumumkan bahwa Wi-Fi CERTIFIED Wi-Fi Direct telah dimasukkan ke dalam Pedoman Interoperabilitas nya. Wi-Fi Direct adalah sertifikasi oleh Wi-Fi Alliance® untuk produk yang mampu melakukan koneksi antar perangkat tanpa memerlukan jaringan internet, kabel atau hotspot tradisional. Melalui penggabungan ke dalam Pedoman Interoperabilitas DLNA, Wi-Fi Direct akan memperluas kapabilitas perangkat yang memiliki Wi-Fi CERTIFIED™ dengan didukung oleh DLNA untuk meningkatkan konektivitas nirkabel untuk konsumen global.


Seoul, Korea Selatan, 28 November 2011 - Samsung Electronics Co Ltd, hari ini mengumumkan ketersediaan komersial dari smartphone andalannya Samsung Wave 3. Smarphone yang memiliki nomor model GT-S8600 ini awalnya dirilis di Prancis, kemudian akan meluncur ke Jerman, Italia, Rusia dan pasar global lainnya dalam tahun ini.



Desember


Sejak awal Desember 2011, toko aplikasi Samsung Apps telah memiliki tampilan baru yang diklaim lebih rapi, lebih sederhana dan lebih cepat. Perubahan tidak hanya pada sisi desain, tapi juga fungsi dan fitur baru yang dihadirkan bersamaan dengan diluncurkannya perangkat yang menjalankan platform mobile bada 2.0. Tidak hanya itu, Anda pengguna smartphone bada 2.0 juga bisa mengunduh aplikasi dari Samsung Apps via web, bukan hanya dari ponsel atau lewat sinkronisasi via Kies seperti yang didukung sebelumnya.


Samsung Developer telah merilis versi baru dari Samsung Theme Designer. Samsung Theme Designer 2.0.1 adalah alat authoring untuk desainer dan pengembang untuk membuat konten tema untuk smartphone bada seperti Wave 3, Wave M dan Wave Y. Samsung Theme Designer mendukung platform asli buatan Samsung, dan tidak mendukung OS Symbian, Windows Phone, atau Android.


Aplikasi navigasi NDrive 11 yang baru sekarang tersedia untuk seluruh seri dari smartphone bada, termasuk Samsung Wave Wave525, Wave 533, Wave 575, Wave 723, Wave 578 dan Wave 3, di samping Wave dan Wave II tentunya. NDrive juga menjadi yang pertama untuk mengembangkan sebuah aplikasi navigasi yang nyata untuk smartphone Samsung Wave dan Wave II saat ini yang juga telah diperbarui ke versi 11 dengan penambahan fitur baru.


Samsung Electronics mengumumkan bahwa layanan konten VOD (Video On Demand) 3D dari Smart TV produksinya telah mencatat 10 juta pengunduhan secara kumulatif pada akhir November kemarin. Angka ini meningkat dua kali lipat hanya dalam beberapa bulan sejak dirilis.


Beberapa waktu yang lalu Samsung Seller Office mengirim email terkait ketersediaan upgrade firmware untuk smartphone Wave yang menjalankan platform software bada kepada para pengembang bada. Samsung menyatakan bahwa upgrade firmware untuk model smartphone Wave yang saat ini ada di pasaran - termasuk Wave yang memiliki layar WQVGA - akan dibagi dalam dua metode, yaitu upgrade ke versi 2.0 dan upgrade "Value Pack".


Sebelumnya lewat serangkaian pengujian yang detil situs GSMArena telah menobatkan Samsung Wave (model: GT-S8500) sebagai smartphone paling hemat daya. Kini setelah beberapa waktu berselang, smartphone andalan bada yang baru - Samsung Wave 3 (model: GT-S8600) - berhasil mempertahankan tradisi bahwa bada memang platform smartphone yang hemat daya.


Samsung hari ini merilis bada 2.0.3 SDK buat perangkat yang menjalankan platform bada. Di Software Development Kit terbaru ini, Samsung menambahkan beberapa dukungan untuk memaksimalkan penggunaan fitur untuk smartphone bada dan memudahkan pengembangan aplikasi untuk pengembang bada, termasuk dukungan resmi untuk Wave WQVGA.


Samsung Electronics telah memulai layanan global dari Youtube 3D di Smart TV melalui kemitraan dengan Youtube, portal video sharing terbesar di dunia. Dengan layanan ini, pengguna Samsung Smart TV sekarang dapat menonton lebih dari 8 ribuan video youtube dalam format 3D.


Samsung Electronics mengadakan "Kontes Aplikasi Mobile" untuk "Young & Smart lifestyle" (gaya hidup untuk yang muda dan cerdas) sampai dengan 15 Mei tahun depan. Kontes ini bertujuan untuk menyediakan aplikasi smartphone yang cocok untuk gaya hidup kontemporer generasi muda Korea yang cerdas, dengan menggunakan platform asli kebanggaan Samsung bada 2.0.


Samsung Electronics telah berniat untuk meningkatkan penjualan produk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet menjadi lebih dari dua kali lipat untuk tahun depan, sementara disisi lain akan terus berjuang untuk menembus angka 50 juta unit dalam hal volume penjualan televisi untuk pertama kalinya.


Aplikasi resmi jejaring sosial terpopuler Facebook dan Twitter versi terbaru telah dirilis untuk smartphone bada. Buat Anda yang ingin selalu memantau aktivitas komunitas sosial Anda kini bisa langsung dilakukan dari perangkat genggam Anda dimana saja dan kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar