Laman

Kamis, 25 Agustus 2011

Samsung memperkuat platform mobile miliknya dengan meluncurkan bada 2.0


Seoul, Korea Selatan, 25 Agustus 2011 - Samsung Electronics Co Ltd, penyedia ponsel terkemuka, hari ini mengumumkan peluncuran bada 2.0 SDK (Software Development Kit), sebuah tool pengembangan aplikasi untuk platform mobile milik Samsung sendiri. Bada 2.0 diharapkan menjadi katalis dalam memperluas distribusi global dari smartphone bada, yang telah mencatat penjualan global yang signifikan.

Perluasan dari platform bada dipimpin oleh keberhasilan dari tujuh perangkat Samsung Wave yang ada. Smartphone Wave telah terbukti sangat populer di Eropa, China dan Asia Tenggara, dimana konsumen telah tertarik pada keterjangkauan dan fungsionalitasnya, user-experience dan touch-interface yang menarik telah membantu memperkenalkan pengguna featurephone Samsung yang ada ke layanan smartphone dan pengalaman aplikasi.

"Samsung bada dan perangkat Wave kami terus menuai sukses di seluruh dunia, mengambil keuntungan dari teknologi mobile dan brand awareness dari kepemimpinan Samsung di pasar," kata JK Shin, Presiden dan Kepala Bisnis Mobile Communications dari Samsung. "Kami telah membawa bersama-sama inovasi kunci mobile kami di bada 2.0, mengatur dasar yang kuat untuk itu untuk menjadi platform mobile terkemuka."

Diresmikan pertama kali di Mobile World Congress pada bulan Februari 2011, bada 2.0 mencakup banyak hal menarik, fitur-fitur yang baru. Lahir dari warisan Samsung dalam inovasi, bada 2.0 menyatukan berbagai kemampuan baru termasuk multi-tasking, Wi-Fi Direct, Near Field Communication (NFC) dan pengenalan suara. Hal ini memungkinkan pengguna smartphone untuk merasakan layanan canggih seperti pembayaran mobile, transport pass-card isi ulang dan file sharing tanpa jaringan internet.

Selain itu, mengingat peningkatan penggunaan web menggunakan smartphone, bada 2.0 mendukung HTML5 dan fungsi flash yang telah ditingkatkan sehingga menawarkan kegunaan yang telah ditingkatkan dan pengalaman web. Dengan mendukung standar WAC 2.0, bada juga bertujuan untuk memperluas komunitas pengembang yang berada di dalamnya.

"Bada adalah sebuah inovasi yang signifikan dan komponen kunci dalam strategi multi-platform Samsung, kami berkomitmen untuk berinvestasi dalam keberhasilan. Kami memperluas komunitas pengembang kami dan menciptakan ekosistem yang kuat yang menguntungkan baik untuk pengembang maupun pengguna akhir. Pengembang memiliki kesempatan untuk mencapai basis pelanggan yang signifikan dengan yang aplikasi yang baru, menghibur dan menarik, sementara konsumen akan menerima pengalaman smartphone yang luar biasa." tambah Shin.

Sebuah fitur kunci untuk mitra pengembang adalah pengenalan dari In-app Ads (iklan dalam aplikasi). Dengan menggunakan Ads API (Application Programming Interface), pengembang bada 2.0 dapat dengan mudah menyisipkan iklan, sekaligus menciptakan peluang pendapatan yang baru. Samsung juga telah meningkatkan dan memperkuat lingkungan pengembangan aplikasi, memberikan pengembang dengan dukungan yang meningkat. Emulator telah ditambahkan untuk mendorong proses pembangunan sesuai dengan lingkungan target. Tool seperti profiler untuk mengoptimalkan kinerja perangkat akan memastikan sumber daya seperti memori dan daya prosesing bisa digunakan sesuai dengan kapasitas mereka sepenuhnya.

Bada 2.0 SDK dapat didownload dari situs pengembang bada. Samsung telah meningkatkan toko ritel "Samsung Apps" dan ketersediaan secara penuh telah diperluas hingga 121 negara di seluruh dunia. Dengan versi 2.0 ini, fungsi yang ditawarkan oleh Samsung Apps akan lebih terdiferensiasi, termasuk opsi pembelian baru dan rekomendasi. Samsung Apps telah terbukti menjadi tujuan populer sejak peluncuran Samsung Wave, smartphone pertama yang berbasis bada pada Juni 2010. Samsung Apps telah menerima 10 juta pengunduhan aplikasi hanya dalam 3 bulan dan melewati 100 juta pengunduhan pada bulan Maret 2011. Samsung Apps saat ini memiliki sekitar 40.000 aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar