Minggu, 23 Desember 2012

Smartphone Samsung akan menggunakan komponen dari LG tahun depan


Tahun depan, LG Chem akan mulai memasok indium tin oxide (ITO) film kepada Samsung Electronics untuk panel layar sentuh. Hal ini sangat tidak biasa melihat anak perusahaan dari LG Group memasok produknya ke Samsung Electronics. Para ahli mengatakan bahwa itu karena Divisi Komunikasi Mobile dari Samsung Electronics sudah tidak memiliki banyak waktu lagi untuk pengadaan ITO film.

Pada awal 2013, LG Chem memperluas fasilitas produksi ITO film untuk memenuhi permintaan baru. Mereka berencana untuk menginvestasikan 100 miliar won pada pabriknya di kota Cheongju, Provinsi Chungcheong Utara untuk meningkatkan kapasitas menjadi 250.000 m2 per-bulan. Pabrik ini akan memproduksi polyethylene terephthalate, yang merupakan salah satu bahan baku untuk ITO film, dan melapisi film dalam proses pengerjaannya.

Produk yang akan dipasok ke Samsung Electronics memiliki nilai resistansi 150 ohm per-inci dan diharapkan untuk digunakan dalam panel layar sentuh untuk smartphone dengan dimensi empat sampai lima inci. Resistansi rendah jarang diwujudkan dengan mereka dan oleh karena itu film ini tidak mungkin digunakan dalam panel berukuran besar seperti untuk tablet PC, all-in-one PC, dll.

Bukan kali ini saja Samsung Electronics mengandalkan komponen dari perusahaan pesaingnya. Sebelumnya mereka juga membeli sensor untuk kamera yang dipasang pada smartphone dan tablet pada SK hynix, salah satu pesaingnya dalam pasar semikonduktor sebagai penyedia chip memori terbesar di dunia. Namun dalam dunia teknologi dan bisnis yang bergerak cepat, tidak ada teman selamanya dan begitu juga dengan musuh.

Menurut sumber industri, saat ini Samsung Electronics telah meningkatkan jumlah kemitraan mereka dengan pembuat komponen smartphone. Tindakan ini bertujuan untuk memfasilitasi penyediaan suku cadang kunci yang khusus daripada komponen universal. Walaupun Samsung bisa membuat sebagian besar komponen untuk smartphone buatan mereka, namun strategi ini bisa lebih mengamankan pasokan komponen kunci jika ada permintaan yang melebihi prediksi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar