Rabu, 05 Desember 2012

Samsung Group umumkan promosi eksekutif akhir tahun


Samsung Group hari ini mengatakan bahwa pihaknya akan mempromosikan Chief Operating Officer (COO) Samsung Electronics Lee Jay-yong untuk posisi vice chairman Samsung Group dalam perombakan personel tahunannya. Promosi Jay Lee yang merupakan putra dari Chairman Samsung Group Lee Kun-hee, secara luas telah diperkirakan di tengah proses transisi kekuasaan yang sedang berlangsung di chaebol terbesar di Korea itu.

Dalam sebuah pernyataan resminya, Samsung Group mengatakan bahwa Lee Jay-yong telah membuat kontribusi besar untuk sektor smartphone, TV, semikonduktor dan display dalam hal mengamankan posisi No 1 di bisnis pasar global. "Sebagai vice chairman, ia akan mengambil peran yang lebih besar dalam pengelolaan bisnis secara keseluruhan dari Samsung Electronics," bunyi pernyataan itu.

Promosi ini akan membuat Lee Jay-yong mendapatkan lebih banyak kekuatan untuk mempengaruhi langkah Samsung ke depannya. Dia akan memainkan peran lebih besar dalam menangani isu-isu kunci, seperti sengketa paten yang sedang berlangsung antara Samsung dan Apple.

Dari kiri ke kanan: Lee Jay-yong, Park Keun-hee, Lee Don-joo

Chairman Samsung saat ini Lee Kun-hee ditunjuk sebagai chairman di usia 45 pada 20 November 1987, sehari setelah ayahnya dan pendiri Samsung Lee Byung-Chull meninggal. Dan Lee jay-yong sekarang telah berusia 44 tahun.

Sementara putri tertua Chairman Lee yakni Lee Boo-jin yang sekarang menjabat sebagai CEO dari Hotel Shilla dan putri termudanya Lee Seo-hyun, seorang eksekutif senior di Cheil Industries, tidak diikutkan dalam promosi tahunan ini. Hotel Shilla dan Cheil Industries juga termasuk afiliasi dari Samsung Group.

Dari kiri ke kanan: Hong Won-pyo, Park Won-hyu, Park Dae-young

Reshuffle hari ini juga meliputi tujuh presiden baru. CEO Samsung Life Insurance Park Keun-hee dipromosikan menjadi vice chairman. Kepala pemasaran Samsung Electronics untuk divisi mobile Lee Don-joo sekarang menjadi presiden, sementara Hong Won-pyo dipromosikan sebagai presiden dari Samsung Media Solution Center (MSC).

Untuk CEO Samsung Corning yang baru adalah Park Won-Hyu, CEO Samsung Heavy Industries baru Park Dae-yong dan CEO Samsung Asset Management Yoon Yong-am.

Dari kiri ke kanan: Yoon Yong-am, Lim Dae-key, Rhee In-yong

Hal lain yang cukup menarik perhatian dengan diberikan wewenang yang lebih kepada public relations adalah promosi Rhee In-yong, Kepala Samsung communications officer menjadi presiden. Dengan Rhee, Lim Dae-key, yang juga ahli dalam strategi PR, dipromosikan menjadi CEO Cheil Worldwide.

"Promosi Rhee dan Lim artinya Samsung berencana untuk mencari komunikasi yang lebih baik setelah mereka mendapatkan perhatian masyarakat terkait isu keluarga. Koordinasi adalah kunci untuk strategi komunikasi kelompok," kata seorang pejabat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar