Rabu, 15 Desember 2010

Zenonia, RPG Klasik yang Tetap Menarik


Meskipun belum sempurna sekali, tapi Zenonia tahu siapa penggemarnya dan bagaimana membawa mereka ke sebuah petualangan panjang dalam kisah epik yang menggetarkan. Game ini seakan ingin membuktikan sebagai RPG (role-playing games) terbaik saat ini dengan gameplay yang begitu rinci dan gameworld besar yang monumental yang akan membuat kita membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk bisa menjelajahinya sampai tuntas.

Semuanya diawali dengan situasi yang tidak baik di tanah Zenonia, khas prolog game-game berjenis ini. Kekuatan cahaya yang dipimpin oleh Holy Knight, terkunci dalam konflik dengan sisi gelap, yang diwakili oleh Dragon Clan. Dan pahlawan misterius muda dalam permainan ini, Regret, seperti biasa terjebak di tengah-tengahnya.

Tanpa memberi bumbu yang macam-macam, cerita Zenonia ini memang khas seperti pada banyak tema yang diketengahkan oleh RPG klasik. Daerah pedesaan yang penuh dengan monster, kekuatan sihir yang membuat kekacauan mulai bangkit, dan Regret sang tokoh utama bahkan tidak yakin siapa dirinya, apakah dia harus berjuang untuk kekuatan cahaya atau gelap.

Hal-hal seperti ini mungkin telah anda lihat di game lain, tapi bedanya disini diceritakan kembali dengan sangat mendalam dan ada sedikit sentuhan humor yang begitu cair di belakangnya. Ada banyak dialog dalam game ini, dan hampir semuanya mengandung muatan emosi dari para tokohnya, tidak datar sehingga Anda tidak perlu bosan untuk membacanya. Banyak kelakar dari karakter yang saling bersahutan satu sama lain. Mereka tampaknya menyadari betapa konyol beberapa tikungan plot dan bahkan kadang-kadang lelucon ini masuk dalam permainan, yang berarti bahwa tidak seperti RPG lainnya, Zenonia menghindari perangkap untuk menjadi terlalu serius.

Anda juga memiliki kontrol atas jalannya cerita. Game ini dibumbui dengan pilihan moral yang mengarahkan Regret kepada sisi terang atau gelap. Ini mempengaruhi pilihan Anda dari quests yang ada di sepanjang jalannya permainan, yang menambahkan nilai replay juga.

Kisah Zenonia terjalin dari sebuah eksplorasi yang padat, koleksi item, dan pertarungan. Sekilas, Zenonia mengingatkan saya pada RPG lain seperti Legend of Zelda - Anda berjalan di sekitar peta lansekap pada perspektif pengambilan gambar dari atas, memukul musuh dengan senjata. Virtual D pad pada game ini bekerja cukup baik untuk melakukan berbagai arah gerakan.

Dibanding yang lain, Zenonia ini mengkombinasikan gameplay dasar dengan mekanika RPG yang jauh lebih kompleks. Misalnya, Anda akan memiliki pilihan dari tiga kelas karakter, yang masing-masing memiliki persenjataan dan keterampilan sendir-sendiri. Anda memiliki persediaan yang lengkap dan dapat melengkapinya lagi dengan beberapa persenjataan (armor) dan kemampuan sihir (magic). Ada tahapan keterampilan penuh untuk bisa Anda lalui, yang akan menambahkan serangan khusus dan kemampuan pasif/bertahan dari karakter Anda. Anda dapat meng-upgrade item sihir Anda dengan menggabungkan mereka dan berjalan sampai lima quests sekaligus. Beberapa quest hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Pada dasarnya, Zenonia memiliki fitur komplit dari sebuah game RPG sekelas PC atau konsol gaming khusus.



Seperti banyak RPG Korea maupun Jepang, Zenonia membutuhkan banyak eksperimen dari Anda melalui banyak pertarungan untuk bisa mencapai tingkatan yang diinginkan. Anda akan mengalami beberapa situasi di mana Anda tidak akan cukup kuat untuk mengalahkan bos atau melalui suatu daerah tertentu. Itu berarti Anda harus kembali untuk melalui beberapa sisi quests sampai Anda memiliki kemempuan yang memadai. Dan tidak semua orang akan memiliki kesabaran untuk berurusan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Untungnya, Anda dapat menyimpan permainan kapan saja (dan juga akan menyimpan secara otomatis pada jika ada interupsi panggilan untuk ponsel Anda), sehingga Anda bisa melompat masuk dan keluar setiap kali dengan nyaman.

Grafis gaya anime-manga dari Zenonia cukup dinamis, penuh warna, dan gambaran lukisan yang artistik. Dari sisi animasi layak untuk mendapat pujian khusus. Gelembung emosi yang ditampilkan oleh setiap karakter saat berdialog juga menambah bobot percakapan, dan efek gerakan selama pertempuran juga tertata dengan baik. Koleksi musik yang disediakan kebanyakan pendek-pendek, tapi setidaknya ada keberagaman yang cukup bervariasi untuk menggambarkan setiap situasi permainan.


Game Zenonia ini termasuk salah satu aplikasi termahal yang ada di Samsung Apps, jadi pastikan Anda benar-benar menyukainya sebelum mengunduhnya. Tapi sekarang ada diskon khusus 50% dari Samsung Apps untuk game ini, jadi bagi yang suka RPG klasik yang sebenarnya, game ini sangat saya rekomendasikan. Klik pada gambar diatas untuk mengunduhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar