Selasa, 23 Juli 2013

Samsung luncurkan SoC Exynos 5 Octa dengan GPU 6-core Mali-T628 pertama di dunia

Samsung Electronics hari ini memperkenalkan tambahan terbaru untuk keluarga produk Exynos dengan peningkatan kinerja grafis yang didorong oleh GPU 6-core ARM® Mali™-T628 untuk pertama kalinya di dunia. Dengan menggunakan kasus skenario mobile yang menjadi semakin kompleks, prosesor aplikasi 8-core terbaru Samsung yang berbasis ARM Cortex™ memberikan desainer sebuah tool yang kuat dan hemat daya untuk membangun kemampuan user interface multifaset secara langsung ke arsitektur sistem.

Samsung Exynos 5 Octa yang baru (kode produk: Exynos 5420), berdasarkan ARM Mali-T628 ™ MP6 core, meningkatkan kemampuan pemrosesan grafis 3D lebih dari dua kali lipat lebih baik dari Exynos 5 Octa pendahulunya. Anggota terbaru dari keluarga Exynos ini mampu melakukan komputasi General-Purpose on Graphics Processing Unit (GPGPU) mempercepat algoritma atau operasi komputasi yang kompleks dan intensif, yang secara tradisional diproses oleh CPU. Produk ini juga mendukung OpenGL® ES 3.0 dan Full Profile Open CL 1.1, yang memungkinkan tenaga kuda yang diperlukan dalam rendering high-end multi-layer, skenario game yang kompleks, post-processing dan sharing foto dan video, serta secara umum fungsi yang berkinerja tinggi dan operasional multi-tasking.

"ARM menyambut tambahan terbaru untuk seri Exynos Octa 5 yang sukses, yang menggunakan solusi GPU Mali dari ARM untuk secara dramatis meningkatkan kinerja grafis," kata Pete Hutton, wakil presiden eksekutif dan general manager, Divisi Pengolahan Media, ARM. "Teknologi ARM big.LITTLE™ dan ARM Artisan® Physical IP yang terus berada di jantung dari seri Octa dan sekarang melengkapi fungsi baru yang dibawa oleh ARM GPU Compute. Kombinasi ini memungkinkan kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di area seperti deteksi wajah dan gesture control, dan membawa editing gambar dan video kualitas desktop ke perangkat mobile."

"Permintaan untuk pengalaman grafis yang kaya berkembang pesat saat ini," kata Taehoon Kim, wakil presiden pemasaran dari Divisi Sistem LSI di Samsung Electronics. "Dalam rangka untuk memenuhi baik permintaan dari OEM dan pengguna akhir, kami mengembangkan prosesor ini yang memungkinkan kinerja grafis yang luar biasa tanpa mengorbankan konsumsi daya."

Prosesor Exynos terbaru ini didukung oleh empat prosesor ARM Cortex®-A15™ pada kecepatan 1,8GHz dengan penambahan empat core Cortex-A7™ dengan kecepatan 1,3 GHz dalam implementasi pengolahan big.LITTLE. Ini meningkatkan kemampuan pemrosesan CPU sebesar 20 persen dibanding pendahulunya dengan mengoptimalkan desain yang hemat daya.

Selain itu, multiple image compression (MIC) IP block yang ada di dalam System-on-Chip (SoC) ini berhasil menurunkan daya total sistem ketika membawa gambar atau multimedia dari memori ke panel layar. Fitur ini hasil dalam memaksimalkan jam penggunaan perangkat mobile dengan layar resolusi tinggi seperti WQXGA (2500x1600), khususnya ketika browsing web atau melakukan aplikasi multimedia yang membutuhkan refresh layar yang sering.

SoC Exynos 5 Octa yang baru juga dilengkapi dengan memori bandwidth sebesar 14,9 gigabyte per detik yang dipasangkan dengan LPDDR3 dual-channel pada kecepatan 933MHz, yang memungkinkan pengolahan data tercepat di industri saat ini dan dukungan untuk full HD Wifi display. Prosesor baru ini juga menggabungkan berbagai engine codec hardware untuk video full HD 60 frame per detik baik untuk merekam dan pemutaran video 1080p.

Keluarga baru Exynos 5 Octa saat ini sudah tersedia dalam bentuk sampel untuk pelanggan dan dijadwalkan untuk produksi massal pada bulan Agustus mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar