Kamis, 01 November 2012

Samsung rayakan ulang tahun ke-43 di tengah resesi global


Samsung Electronics hari ini merayakan ulang tahun ke-43 bersama dengan CEO Kwon Oh-Hyun serta sekitar 400 eksekutif tingkat tinggi dan karyawan yang hadir untuk perayaan. Staf teladan dan yang telah bekerja cukup lama di Samsung mendapat perhargaan pada perayaan tersebut. Dalam pidato sambutannya, CEO Kwon mendesak karyawannya untuk meningkatkan upaya dalam memelihara mesin pertumbuhan di masa depan di tengah resesi global dan persaingan industri yang semakin intensif.

"Sebuah perubahan cepat yang tidak pernah terjadi sebelumnya telah dimulai di tengah perkiraan bahwa ekonomi global kemungkinan akan mempertahankan tren tingkat pertumbuhan yang rendah dan industri elektronik telah memasuki era perubahan yang luar biasa," kata CEO Kwon Oh-hyun pada sambutan upacara ulang tahun Samsung Electronics yang ke-43. "Merasa puas tanpa bersiap-siap untuk masa depan dapat menyebabkan keruntuhan mendadak."

Pernyataan Kepala eksekutif itu datang setelah industri elektronik konsumen menderita karena permintaan yang semakin melemah di tengah resesi ekonomi global.

Sementara unit bisnis mobile-nya telah mendorong pertumbuhan Samsung mencapai rekor pendapatan di kuartal terakhir, namun Samsung telah menghadapi persaingan yang terus tumbuh dari baik produsen handset low-end dan produsen high-end seperti Apple Inc. Pertarungan hukum dengan Apple juga telah dijuluki sebagai "perang paten abad ini," dengan dua perusahaan perangkat mobile teratas berhadapan di ruang sidang di empat benua berbeda selama lebih dari setahun.

Kwon mengatakan bahwa perusahaannya harus berusaha untuk menjadi "merek yang memberi aspirasi" dalam rangka mencapai target untuk menjadi salah satu dari lima merek top dunia lima yang paling berharga. Menurut sebuah studi oleh peneliti dari Interbrand, merk Samsung saat ini berada di peringkat 9 di dunia, dengan nilai merek perusahaan yang diperkirakan mencapai $32,9 milyar.

CEO Kwon juga menekankan pentingnya memelihara mesin pertumbuhan di masa depan melalui inovasi bagi perusahaan untuk menjadi "kreator pasar" di industri elektronik. Sebagai pemimpin pasar, para pengamat industri telah melihat Samsung mulai meninggalkan strategi "pengikut cepat" yang meniru pemimpin industri sebagai kontributor kunci untuk pertumbuhan yang cepat di masa lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar