Selasa, 01 Maret 2011

Membuat Aplikasi Sendiri dengan bada App Builder

Bagian 1: Konfigurasi Aplikasi

1) Jalankan aplikasi badaAppBuilder.exe pada PC Anda. [Anda bisa mengunduhnya dari sini]

2) Anda akan disambut dengan screenshot berikut. Klik Next untuk mulai mengkonfigurasi aplikasi Anda.


3) Pada layar berikutnya, Anda dapat mendeklarasikan APPNAME atau nama dari aplikasi Anda, bersama dengan pemilihan warna tema, logo yang diinginkan, dan juga App Icon atau ikon dari aplikasi Anda.


4) Diharapkan Anda menyediakan link http untuk logo dan ikon. Jika tidak memungkinkan, diharap untuk memasukkan nama file, dan kirimkan file tersebut kepada Samsung bada Developer melalui email.

5) Untuk 3 layar berikutnya, Anda dapat mengkonfigurasi halaman Anda. Anda dapat menentukan judul halaman Anda, lalu pilih jenis konten pada layar 1, tata letak pada layar 2, dan sumber dari halaman Anda di layar 3.


6) Pada akhir layar 3, Anda dapat memilih untuk membuat halaman lebih lanjut dengan mengklik “Add Next Page”. Jika Anda telah membuat semua halaman, Anda bisa klik "Finish". Aplikasi Anda sekarang telah dikonfigurasi.

7) Setelah Anda membuat aplikasi, sebuah file bernama <NamaAplikasiAnda>.xml akan dihasilkan di folder C:\. Silakan kirimkan file tersebut melalui email kepada Samsung bada Developer.



Bagian 2: Mengunggah Aplikasi ke Samsung Apps

1) Buat akun di http://seller.samsungapps.com/ dan http://developer.bada.com/. Jika Anda mewakili Perusahaan, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai “Corporate Seller”.

2) Setelah dibuat, silahkan kirim login rahasia Anda [ID email, password]. Memberikan data rahasia Anda akan membantu Samsung mengelola proses pengunggahan aplikasi secara keseluruhan, termasuk screenshot dan konfigurasi perangkat lain. Jika Anda merasa keberatan dalam berbagi data rahasia Anda,
  • Samsung menawarkan seluruh paket dan informasi yang akan Anda perlukan untuk mengunggah aplikasi. Anda dapat melanjutkan untuk menangani proses dari sana sendiri.
  • Samsung bisa mengunggah aplikasi dari rekening terdaftar milik Samsung sendiri, tetapi Anda mungkin tidak dapat melacak seberapa baik aplikasi yang telah Anda kerjakan, atau menetapkan harga untuk mengunduh aplikasi Anda jika perlu.

3) Samsung akan mengelola seluruh proses pengunggahan aplikasi, Anda akan diberitahu setelah aplikasi siap di Samsung Apps. Karena tool ini (maksudnya aplikasi badaAppBuilder ini) masih dalam tahap alpha, Anda mungkin akan menerima laporan bug atau isu-isu lain selama fase pengunggahan. Mohon teruskan masalah-masalah yang Anda alami kepada Samsung bada Developer. Samsung akan menangani semuanya demi kenyamanan Anda.

4) Aplikasi Anda akan siap di Samsung Apps dalam waktu kurang lebih 2 minggu.

4 komentar:

prasetya.adji mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

gak bisa di jalankan waktu udah di install, gmn nih ??

Anonim mengatakan...

ga bisa pke nih bro ryo.. da didownload pas da diinstall jalanin app ny ga bisa..

Ryo Jin mengatakan...

Aplikasi ini masih alpha version (prototype), jadi sebaiknya jangan digunakan dulu. Tunggu update untuk versi finalnya. Terima kasih.

Posting Komentar