Sabtu, 26 Februari 2011

WeatherBug, Aplikasi Cuaca Serba Komplit


WeatherBug adalah salah satu aplikasi yang pertama kali hadir untuk platform bada sejak awal peluncurannya. Dulu saya sempat mengulasnya di Kaskus, tapi karena kemudian aplikasi ini menghilang dari Samsung Apps Indonesia dan baru sekarang hadir kembali, maka saya memutuskan untuk mengulasnya lagi karena saya anggap salah satu aplikasi yang layak untuk dimiliki. WeatherBug sendiri pada dasarnya memberikan semua info tentang cuaca yang Anda inginkan dan butuhkan dengan interface yang menarik dan mudah digunakan.

Ketika Anda pertama kali menjalankan WeatherBug, Anda akan disambut dengan semua informasi dasar (dan tidak begitu dasar sebenarnya) yang Anda butuhkan. Anda akan melihat suhu, curah hujan dan kecepatan angin. Jika panas, Anda akan melihat indeks panas (atau faktor curah hujan pada musim hujan), kelembaban dan titik embun. Anda juga akan melihat ramalan cuaca (forecast) hari ini.

Namun bukan itu saja yang ditawarkan oleh WeatherBug. Tekan pada "forecast" dan Anda akan dapat melihat ramalan cuaca selama seminggu. Aplikasi ini menggunakan lokasi Anda saat ini untuk memberikan semua informasi ini, tetapi Anda dapat mengubahnya jika Anda inginkan. Tekan pada "maps" dan Anda akan dapat melihat peta radar dari lokasi Anda. Anda dapat memindahkan jari Anda di layar untuk melihat peta cuaca untuk daerah di mana saja yang Anda inginkan, termasuk kota-kota besar di belahan dunia lainnya yang jauh dari kota Anda.


Aplikasi ini menggunakan teknologi Microsoft Virtual Earth untuk membawa peta terkini kepada Anda, sehingga dapat diakses dengan mudah dan bermanfaat. Gunakan petunjuk di bagian atas layar untuk membantu Anda menguraikan apa yang Anda temukan (misalnya, setiap warna artinya apa tentang curah hujan).

Dan informasi yang disampaikan oleh WeatherBug tidak akan berhenti sampai disini. Anda dapat menekan "video"untuk melihat video pendek yang berisi ramalan cuaca dan berita keadaan cuaca yang terjadi di daerah lain. Anda juga dapat menekan pada "camera" untuk bisa melihat hingga lima kamera cuaca. Hal ini berguna jika Anda tahu bahwa cuaca daerah Anda saat ini baik-baik saja, namun 30 menit lagi bisa berkabut dan hujan. Anda bisa melihat kamera sebelum Anda keluar rumah untuk membantu Anda menentukan pakaian apa apa yang akan dikenakan, atau peralatan apa saja yang harus dibawa sebagai antisipasi.


Anda bisa menambahkan lokasi ke aplikasi WeatherBug Anda sehingga Anda bisa mengecek cuaca di lokasi manapun yang Anda perlukan, dan hingga 10 lokasi yang total bisa ditambahkan. Tertarik? Silahkan mengunduhnya dari Samsung Apps sekarang juga karena aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Berikut ini video demo dari WeatherBug setahun yang lalu saat peluncuran Samsung S8500 Wave waktu MWC 2010:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar