Jumat, 30 November 2012

Lee Kun-hee, 25 tahun memimpin Samsung


Chairman Samsung Lee Kun-hee merayakan 25 tahun pekerjaannya di sela-sela penghargaan tahunan Samsung hari ini di Hoam Art Hall di Sunhwa-dong, pusat kota Seoul.

Masa kecil Lee Kun-hee
Lee ditunjuk sebagai chairman di usia 45 pada 20 November 1987, sehari setelah ayahnya dan pendiri Samsung Lee Byung-Chull meninggal. Sebuah acara peresmian resmi pengangkatannya diadakan pada 1 Desember, dan sejak itu tiap 1 Desember yang jatuh pada hari Sabtu tahun ini, Samsung mengadakan perayaan selama sehari. Dalam beberapa tahun terakhir, pelantikannya telah dirayakan di kantor pusat Seocho di selatan Seoul.

Keluarganya beserta eksekutif Samsung, akan menghadiri acara tersebut dan Lee dijadwalkan untuk makan malam dengan penerima penghargaan prestasi dan eksekutif kunci di Hotel Shilla di pusat kota Seoul di malam harinya.

Pada sebuah upacara, pria yang telah berusia 70-tahun itu mengatakan, "Kita masih memiliki jalan yang panjang untuk pergi. Kita harus mengatasi tantangan baru untuk esok yang lebih baik."

"Kita harus memulai tantangan baru sekarang untuk masa depan yang cerah. Dengan produk-produk Samsung yang lebih baik dan layanan yang lebih baik, kita bisa membantu orang-orang untuk bisa menikmati kehidupan yang lebih baik," kata Lee.

Upacara ini, adalah yang pertama diadakan sejak Lee mengambil alih perusahaan dari ayahnya Lee Byung-Chull pada tahun 1987, setelah dia menahkodai Samsung secara agresif dalam membangun kehadirannya secara global di belakang divisi Samsung Electronics yang menjadi ujung tombak di depan.

Samsung Group menuai total pendapatan sebanyak 9,9 triliun won pada tahun 1987, ketika Lee Kun-hee untuk pertama kalinya kepemimpinannya. Samsung mengharapkan untuk menuai 384 triliun won pendapatan pada akhir tahun ini melalui 80 afiliasi dari Samsung Group dengan Samsung Electronics sebagai pemimpin jalan. Total nilai merek kelompok ini diperkirakan sebesar US$ 32,9 miliar pada Januari mendatang.

Di bawah kepemimpinan Lee, Samsung Electronics telah menjelma menjadi perusahaan elektronik konsumen global tingkat atas untuk produk televisi dan ponsel. Samsung Electronics juga berhasil melewati Apple dalam perlombaan smartphone meskipun dua perusahaan ini harus terlibat dalam sengketa hukum dalam 50 kasus yang berbeda di empat benua.


Chairman Samsung Group Lee Kun-hee bersama istri Hong Ra-hee
"Dua puluh lima tahun yang lalu, saya telah menetapkan tujuan saya untuk menumbuhkan Samsung sebagai perusahaan teknologi terbaik di dunia. Itu sangat menantang dan saya mencoba yang terbaik untuk memperluas bisnis, mengamankan teknologi kunci, mendidik karyawan dan melakukan lebih banyak untuk kegiatan sosial," kata Lee seperti dikutip dalam siaran pers yang didistribusikan oleh Tim Komunikasi Samsung.

Dalam pesan video kepada karyawannya, Lee berterima kasih kepada mereka yang telah mengambil bagian dalam rencananya untuk merenovasi Samsung Groip dan mendesak upaya lebih lanjut untuk bergerak maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar