Kamis, 30 Agustus 2012

Highlight Samsung Developer Day di IFA 2012


Samsung Electronics hari ini menyelenggarakan Samsung Developer Day di IFA 2012. Lebih dari 1000 pengembang aplikasi dari seluruh dunia berpartisipasi dalam acara yang digelar di pameran elektronik konsumen terkemuka di dunia IFA 2012 yang diadakan di Berlin, Jerman, yang berlangsung selama enam hari dari 31 Agustus - 5 September.

Acara pengembang di IFA ini mengikuti keberhasilan sejumlah acara serupa yang diselenggarakan oleh Samsung tahun ini, dimulai dengan Samsung Developer Day di Mobile World Congress di bulan Februari dan di musim panas diikuti dengan Samsung Developer Day di Tokyo, Kairo, dan Seoul. Acara ini memberikan kesempatan bagi Samsung untuk memperkenalkan platform teknologi dan layanan mereka untuk pengembang dengan tema "Learn, Share, Network".

Acara pengembang di IFA kali ini termasuk pengenalan berbagai perangkat cerdas Samsung termasuk smartphone, Smart TV dan Smart Camera, dan diskusi seputar layanan pengembangan untuk lingkungan konvergensi multi-platform.

Samsung Smart TV SDK 3.5 diluncurkan perdana pada acara tersebut, yang membantu pengembang dalam memanfaatkan berbagai fungsi yang didukung oleh Samsung Smart TV ketika mengembangkan aplikasi TV. SDK terbaru ini juga mendukung Mode Emulator untuk berbagai tipe Smart TV untuk memfasilitasi proses pengembangan yang sederhana, dan memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi lebih inovatif dengan mengambil keuntungan dari fitur baru seperti Convergence Framework dan Smart Interaction.

Pada acara tersebut, Samsung juga merilis versi terbaru dari S Pen SDK, memungkinkan pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi yang memanfaatkan potensi S Pen dalam kategori GALAXY Note. Pembaruan mendukung berbagai fitur Note baru seperti Air View melalui email, galeri foto, atau video untuk melihat konten tanpa harus membukanya. Samsung juga memperkenalkan Open API untuk layanan messaging Samsung ChatON berdasarkan tanggapan positif dari pengembang yang hadir. ChatON API memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk dengan mudah mengintegrasikan kemampuan ChatON, misalnya memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman-teman secara langsung melalui layanan chat yang tertanam pada suatu aplikasi atau game, atau mengundang teman ChatON untuk bermain game dengan mengirimkan undangan melalui ChatON messenger.


Selain sesi yang berhubungan dengan teknologi yang disajikan oleh Samsung, Samsung Developer Day di IFA kali ini juga menampilkan presentasi dari para mitra Samsung, yang menyediakan kesempatan buat pengembang aplikasi di seluruh dunia untuk memperkenalkan dan mempublikasikan beberapa aplikasi baru mereka.

"Samsung akan terus berupaya untuk mempromosikan konten konvergensi yang dapat digunakan pada berbagai perangkat Samsung termasuk ponsel," kata Kwon Kang-hyun, Senior Vice President Media Solution Center (MSC) di Samsung Electronics.

Vice President Kwon juga menekankan bahwa Samsung akan terus memperkuat daya saingnya dengan berkolaborasi dengan pengembang pihak ketiga untuk meningkatkan Smart Ecosystem.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar