Selasa, 17 Juli 2012

JISHOP, kamus elektronik huruf Kanji dan bahasa Jepang


JISHOP adalah kamus elektronik yang dirancang untuk menyediakan informasi yang komprehensif tentang karakter China yang digunakan dalam bahasa Jepang, yang dikenal sebagai kanji. Pada 14 Juli kemarin, JISHOP 1.0 untuk platform bada telah dirilis dengan membawa database kamus yang sama dengan versi desktop PC, dan berbagi fungsionalitas yang tidak jauh berbeda. Ini adalah aplikasi gratis yang menyediakan sebuah kamus dengan 1.006 karakter dari daftar "Gakushū kanji".

JISHOP berbeda dari kamus kanji elektronik lainnya dengan membawa tampilan sistem yang khas, yang sepenuhnya menggunakan keuntungan dari sebuah smartphone maupun komputer. Tidak ada elemen kunci dalam JISHOP, semuanya radikal (632 versus tradisional 214) diperlakukan sama. Jika buku kamus tradisional melakukan penghitungan yang melelahkan, maka lewat aplikasi ini disediakan pencarian secara multi-radikal. Opsi pilihan melalui metode penyorotan (highlight) dan kompresi membuat navigasi melalui tabel radikal menjadi sederhana dan cepat. Pencarian berdasarkan kunci radikal tradisional juga disediakan sebagai opsi tambahan.

JISHOP juga berisi kamus fonetik yang menyimpan jukugo (kata majemuk) yang digunakan dalam entri kamus kanji untuk menggambarkan penggunaan karakter. Kamus fonetik dapat juga digunakan secara terpisah untuk menemukan senyawa dengan menulis karakter kanji nya, pembacaannya, atau maknanya.

Database JISHOP dikompilasi secara akurat dan menyeluruh, menampilkan amalgamating yang terbaik dari leksikografi Jepang-Inggris. Sejumlah sumber dari buku maupun internet telah diteliti saat melakukan kompilasi. Penekanan utama dari entri kamus adalah pada penggunaan praktis dari kanji yang sebenarnya dalam bahasa Jepang modern.

Database dari JISHOP terus dikembangkan secara berkelanjutan. Pada saat ini, berisi 5000 entri kamus yang telah diedit dan 36500 kata terjemahan dalam bahasa Inggris. Untuk setiap kanji, telah dilengkapi dengan daftar bacaan, terjemahan, bentuk dan varian, serta contoh penggunaan. Semua kanji di kamus Jepang untuk smartphone bada ini dalam bentuk hyperlink yang bisa diklik.

Aplikasi JISHOP untuk bada ini juga mencakup kamus kata majemuk, dimana Anda bisa mencari senyawa dengan membaca kanji, melaui makna kanji, atau konstituen kanji. Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jepang lewat smartphone bada Anda bisa langsung mengunduhnya secara gratis di Samsung Apps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar