Minggu, 27 Mei 2012

PhoneGap 1.7.0 dirilis, mendukung bada 2.0


Awal bulan ini Nitobi telah merilis PhoneGap 1.7.0. Selain membawa perbaikan untuk berbagai bug yang masih ditemukan pada versi 1.7.0rc1, PhoneGap versi terbaru ini juga membawa dukungan untuk bada 2.0.

PhoneGap Build juga mendukung rilis terbaru ini. PhoneGap Build adalah layanan terbaru yang yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk dengan cepat dan mudah membangun aplikasi mobile di cloud tanpa perlu mengunduh SDK, kompiler atau penggunaan hardware. PhoneGap Build saat ini masih dalam versi beta yang terbuka untuk publik.

Buat yang belum tahu, PhoneGap adalah sebuah platform HTML5 yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan teknologi berbasis web (HTML, CSS dan JavaScript) untuk membuat aplikasi mobile asli. Dengan menggunakan PhoneGap, pengembang dapat menulis aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya ke enam platform mobile utama dan toko aplikasi, termasuk Apple iOS, Android, BlackBerry, WebOS, Samsung bada, Tizen dan Symbian.

PhoneGap telah banyak diakui sebagai "game-changer" untuk pengembangan aplikasi mobile sejak memenangkan kompetisi Launchpad Web 2.0 Expo pada bulan April 2009. Kode PhoneGap telah diunduh lebih dari 600.000 kali dan ribuan aplikasi telah dibangun menggunakan PhoneGap yang semuanya tersedia di toko aplikasi dan direktori mobile terkemuka.

Pada bulan Oktober 2011, kode PhoneGap disumbangkan untuk Apache Software Foundation (ASF) di bawah nama Apache Callback. Untuk saat ini sedang dalam masa inkubasi sampai dapat menjadi proyek Apache sepenuhnya. Melalui ASF, masa depan pengembangan PhoneGap akan memastikan kepengurusan untuk proyek yang terbuka, yang akan selalu free dan open source di bawah Apache License, Version 2.0.

Anda bisa mengunduh PhoneGap 1.7.O melalui phonegap.com/download.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar