Senin, 23 April 2012

KakaoTalk untuk bada dirilis untuk pengguna global


Setelah dirilis hanya untuk pengguna di Korea, hari ini KakaoTalk untuk smartphone bada dirilis untuk pengguna global di Samsung Apps. Pengguna smartphone bada dimana saja kini bisa menggunakan aplikasi ini untuk ngobrol secara gratis dengan teman-teman dan keluarga mereka dimana saja dan kapan saja.

KakaoTalk adalah sebuah aplikasi messenger lintas platform yang tersedia bagi pengguna smartphone. KakaoTalk memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan tanpa membayar karena ia menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan pesan tersebut. KakaoTalk juga dilengkapi dengan fitur file sharing, group chat, dan fitur - fitur lainnya.

"Samsung yang pertama kali menunjukkan minat pada aplikasi ini," kata pihak dari Kakao. "Dengan merilis aplikasi ini, kita berpikir bahwa itu akan menjadi keuntungan besar bagi kami untuk tumbuh di pasar Eropa, di mana sejumlah besar orang menggunakan handset bada."

KakaoTalk dirilis pertama kali pada tanggal 18 Maret 2010 oleh Kakao Inc. Kakao Inc sendiri didirikan oleh Kim Beom-soo, mantan pendiri dari NHN Corporation. Kakao Inc yang berbasis di Seoul, Korea Selatan dengan Lee Jae-bum sebagai CEO untuk saat ini. Pada 28 Juli 2011, hanya 16 bulan setelah diluncurkan, KakaoTalk telah memiliki total 20 juta pengguna, dengan perkiraan 16 juta hingga 17 juta orang menggunakan aplikasi ini setiap harinya. 6 bulan kemudian, tepatnya pada Januari 2012, KakaoTalk telah memiliki total 30 juta pengguna, dengan 1 milyar pesan dikirimkan setiap harinya.

Cara mengaktifkan KakaoTalk

Untuk bisa menggunakan KakaoTalk, pertama – tama anda harus menginstall aplikasi KakaoTalk dengan cara sebagai berikut:
  1. Unduh aplikasi tersebut dari Samsung Apps.
  2. Install aplikasi tersebut di smartphone Wave Anda.
  3. Anda akan diminta untuk mendaftarkan nomor telepon Anda dengan menggunakan format internasional, yaitu tanpa menggunakan nomor 0. Hal ini dikarenakan KakaoTalk menggunakan nomor telepon Anda untuk mendaftarkan Anda di dalam databasenya.
  4. KakaoTalk kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS ke nomor telepon Anda, dan Anda diharuskan untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut ke langkah selanjutnya. Setelah Anda melakukan konfirmasi, Anda dapat menggunakan KakaoTalk.
  5. KakaoTalk akan secara otomatis mendata phonebook Anda, dan mereka yang sudah menggunakan aplikasi ini akan secara otomatis menjadi kontak Anda di KakaoTalk. Untuk melihatnya, Anda hanya perlu menekan tab "Friends", dan mereka yang sudah menggunakan KakaoTalk akan muncul, dengan status dan avatar di samping nama mereka.
  6. Untuk memulai chat, Anda hanya perlu mengklik nama teman anda di tab Friends tersebut.
  7. Anda dapat mengubah profile Anda, seperti menampilkan profile picture, mengganti display name dan status message, serta membuat ID KakaoTalk Anda dengan menekan tab Settings, lalu menekan tab My Profile.
  8. Anda dapat mencari teman Anda dengan memasukkan nomor telepon atau ID KakaoTalk teman Anda di tab “Name/Phone No. Search” pada tab “Friends”, atau dengan cara menekan tab “Friends?” dan mengklik tab “Add” pada salah satu Plus Friends yang Anda inginkan.
  9. Anda juga dapat mengundang teman Anda untuk menggunakan aplikasi KakaoTalk dengan menggunakan pilihan "Tell A Friend."

KakaoTalk memiliki berbagai fitur yang mirip dengan ChatON, layanan messaging dari Samsung, begitu juga dengan penyebarannya ke hampir semua platform mobile utama seperti Apple iOS, BlackBerry dari RIM, dan Google Android. KakaoTalk seperti halnya ChatON memiliki kemampuan untuk menerima pesan dan foto secara instan, serta video dan konten multimedia lainnya juga bisa dengan mudah dikirim dan diterima.

Penggunaan nomor telepon atau ID dan notifikasi

KakaoTalk menggunakan nomor telepon serta ID yang dapat diatur pada awal penggunaan untuk berinteraksi. Dengan menggunakan fitur push, KakaoTalk akan selalu memberitahukan pesan yang baru saja diterima. KakaoTalk menggunakan nomor telepon pada ponsel untuk menambahkan teman di kontak KakaoTalk Anda. Bahkan, Anda hanya perlu menambahkan nomor ponsel teman Anda tersebut di phonebook smartphone bada Anda, dan teman Anda akan secara otomatis muncul pada daftar teman Anda di dalam aplikasi KakaoTalk, karena KakaoTalk akan melakukan sinkronisasi dengan phonebook Anda. Selain itu, Anda tidak harus mengetahui nomor ponsel teman Anda. Jika Anda mengetahui ID teman anda, Anda dapat mencarinya dan kemudian menambahkannya sebagai teman Anda, atau Anda dapat menambahkan teman ketika Anda sedang melakukan group chat dengan orang tersebut.

Pilihan untuk mengatur notifikasi terdapat pada tab “Settings”. Yang pertama adalah tab “Notices” yang terdapat pada bagian “Basic” yang bisa Anda gunakan untuk melihat notifikasi mengenai perkembangan terbaru dari KakaoTalk serta informasi layanan. Untuk mengatur mengenai notifikasi pesan yang masuk, Anda dapat melihat pada bagian “Alert” dan menekan tab “Message Alert”. Pada bagian ini, Anda dapat mengatur mengenai muncul atau tidaknya notifikasi saat ada pesan baru, apakah bagian awal dari pesan akan ditunjukkan pada notifikasi, muncul atau tidaknya pop-up saat ada pesan baru dan muncul atau tidaknya pop-up saat layar dalam keadaan mati (terkunci), ada atau tidaknya suara serta getaran saat ada pesan baru, dan ada atau tidaknya notifikasi saat ada group chat baru. Notifikasi suara terhadap pesan baru dapat diatur lebih lanjur pada tab “Set Alert Sound”, di mana Anda dapat memilih ringtone baik yang terdapat di dalam smartphone bada Anda ataupun yang disediakan oleh KakaoTalk.

KakaoTalk juga memiliki notifikasi khusus untuk memberitahukan status pesan yang Anda kirimkan. Ketika pesan Anda dalam proses pengiriman, akan muncul sebuah tanda berbentuk lhngkaran yang terdiri dari garis – garis berwarna putih yang terus berputar di bagian pinggir balon pesan untuk menggambarkan bahwa pesan Anda sedang berada dalam proses pengiriman. Setelah pesan Anda terkirim, akan muncul sebuah garis lurus berwarna kuning di bagian pinggir balon pesan Anda, yang menandakan bahwa pesan sudah terkirim namun belum dibaca. Setelah pesan Anda dibaca, garis kuning akan menghilang dan balon pesan anda akan bersih dari tanda – tanda apapun.

Fitur KakaoTalk

Aplikasi KakaoTalk juga dilengkapi dengan kemampuan group chat baik dengan orang – orang yang terdaftar sebagai teman Anda dalam KakaoTalk, maupun orang – orang yang tidak terdaftar sebagai teman Anda, namun merupakan teman dari salah satu orang yang tergabung dalam group chat tersebut. Untuk memulai group chat, Anda hanya perlu memulai dengan sebuah chat personal atau “1:1 chatting” dengan salah satu teman Anda. Lalu, Anda hanya perlu menekan tombol menu dan menekan pilihan “Invite”. Setelah itu, Anda bebas untuk memilih teman yang ingin Anda ajak bergabung dalam group chat tersebut. Aplikasi KakakoTalk tidak memiliki batasan mengenai jumlah maksimal anggota yang bisa bergabung dalam sebuah group chat.

Mini profile adalah profile yang anda miliki dalam KakaoTalk yang terdiri dari profile picture, display name, status, nomor telepon, serta ID Anda. Untuk mengatur profile ini, Anda hanya perlu menekan tab “Settings”, kemudian menekan tab “My Profile” yang terdapat pada bagian “Personal”. Di My Profile ini, Anda dapat mengatur ID anda dengan ketentuan bahwa ID yang Anda pilih tidak melebihi 20 karakter. Walaupun begitu, ID ini hanya bisa Anda buat sekali dan tidak dapat diganti lagi. Mengganti profile picture dapat Anda lakukan dengan menekan profile picture Anda saat ini, dan Anda akan diberi pilihan untuk memilih foto dari galeri atau mengambil foto baru, atau menghapus foto yang digunakan saat ini. Anda juga dapat mengatur display name Anda dengan ketentuan bahwa nama yang Anda pilih tidak melebihi 20 karakter. Sementara untuk status, batas yang Anda miliki adalah sejumlah 80 karakter. Profile picture, display name, dan status anda dapat anda ganti kapanpun anda inginkan.

Pada My Profile juga terdapat pilihan apakah anda ingin ID Anda dapat dilihat dalam pencarian oleh orang lain atau tidak. Selain itu, di My Profile juga terdapat nomor telepnn Anda, yang akan terlihat di sebelah profile picture Anda. Mini profile ini juga berguna untuk melihat informasi mengenai teman Anda. Melalui mini profile ini, Anda dapat mendaftarkan teman Anda sebagai salah satu kontak favorit dengan cara menekan ikon bintang di bagian atas mini profile teman Anda. Selain itu, anda juga dapat mengganti display name teman Anda yang hanya akan terlihat oleh Anda dengan menekan ikon pensil di mini profile tersebut.

Salah satu keunggulan KakaoTalk adalah tampilannya yang dapat diubah sesuai keinginan, melalui pilihan “Chat Room Settings” yang terdapat pada tab “Settings”. Melalui pilihan ini, Anda dapat mengganti latar belakang dari chat room KakaoTalk Anda dengan menekan tab “Default Background Skin”. Anda lalu akan diberi pilihan apakah Anda ingin mengganti latar belakang dengan salah satu dari 10 warna yang tersedia, mengambil gambar baru, atau memilih dari koleksi gambar yang sudah Anda miliki.

Plus Friends

Plus Friends adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh KakaoTalk dan tidak dimiliki oleh aplikasi messenger lain. Melalui Plus Friends, Anda dapat berteman dengan artis, brand, atau media favorit Anda. Dan Anda kemudian akan menerima berbagai kabar terbaru serta konten – konten spesial melalui fitur Plus Friends ini.

Saat ini, sudah terdapat 7 Plus Friends yang tersedia di Indonesia, yaitu:
  • F(x)
  • Girls' Generation
  • KBS World
  • SHINee
  • SM Town
  • Super Junior
  • TVXQ

Sejauh ini, Girls' Generation merupakan akun Plus Friends dengan jumlah teman terbanyak, diikuti oleh F(x) dan kemudian SHINee. Untuk menambahkan akun Plus Friends ini sebagai teman, Anda hanya perlu menekan tab “Friends?” lalu menekan tab add yang terdapat di sebelah nama akun Plus Friends yang anda inginkan. Anda juga dapat melihat profile dari akun tersebut dengan cara menekan nama akun Plus Friends yang diinginkan, lalu menekan pilihan “Visit Home”.


Fitur – fitur lain yang tersedia untuk KakaoTalk diantaranya integrasi pencarian kontak dengan import dan export dari daftar kontak, Passcode Lock, Berbagai emoticon, File sharing, Backup data pembicaraan, dan banyak lagi.

Seperti hanya ChatON, KakaoTalk menggunakan koneksi internet melalui jaringan GPRS, EDGE, 3G, atau Wi-Fi untuk menjalankannya. Walaupun begitu, KakaoTalk tidak akan berhenti (quit) saat tidak ada koneksi internet. Anda tetap dapat membuka aplikasi ini, lalu melihat kontak serta melihat perbincangan yang telah Anda lakukan. Tetapi, ketika anda mencoba mengirim pesan, pesan tidak akan terkirim dan akan muncul notifikasi yang mengatakan bahwa anda tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, juga akan muncul sebuah segitiga berwarna merah dengan tanda seru di dalamnya yang menandakan bahwa Anda tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Ketika Anda telah terkoneksi, tanda tersebut akan berganti dengan tanda berbentuk balon suara berwarna putih dengan lambang petir di dalamnya yang menandakan bahwa Anda telah terkoneksi dengan jaringan internet.

Aplikasi KakaoTalk saat ini sudah tersedia secara gratis di Samsung Apps untuk pengguna smartphone Samsung Wave yang sudah menggunakan platform software bada 2.0. Untuk saat ini KakaoTalk untuk bada belum kompatibel dengan Kakao Story, layanan jejaring sosial yang merupakan afiliasi dari KakaoTalk.

1 komentar:

Nurdin mengatakan...

thanks gan.... http://tipzblogging.blogspot.com/ | http://infoharga2016.blogspot.com/

Poskan Komentar