Selasa, 17 Januari 2012

Samsung mudahkan pengembang lain untuk memporting aplikasinya ke bada


Biasanya sulit bagi pengembang platform lain untuk belajar platform baru dan membuat aplikasi untuk platform tersebut. Mereka mungkin perlu belajar bahasa pemrograman baru, menginstal tool pengembangan baru, dan belajar API baru untuk menggantikan API yang ada. Untuk mengatasi hal ini, Samsung kini telah memungkinkan pengembang platform lain untuk memporting atau mengubah aplikasi yang sudah ada, yang didasarkan pada platform Apple iOS, Google Android dan Nokia Symbian ke platform bada.

Selain untuk meningkatkan daya tarik untuk platform bada, porting aplikasi juga dianggap lebih mudah dibandingkan dengan mengembangkan aplikasi dari awal sebagai pengembang hanya perlu menggunakan elemen dari aplikasi yang sudah ada, kemudian mengubah strukturnya untuk disesuaikan dengan persyaratan dari platform baru.

Buat pengembang yang mencari beberapa dokumen referensi untuk memporting aplikasi yang ada di Apple App Store atau Android Market, Samsung telah menyediakan artikel panduan yang bisa dipelajari dan diunduh disini.


Selain itu, Samsung juga telah bekerjasama dengan penyedia tool pengembangan aplikasi cross-platform seperti PhoneGap dan Marmalade. PhoneGap adalah sebuah platform aplikasi HTML5 yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi asli dengan menggunakan teknologi berbasis web dan sekaligus mendapatkan akses ke API dan toko aplikasi.

Sedangkan Marmalade menghadirkan teknologi software yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan mendistribusikan aplikasi secara cross-platform dengan cepat, mudah dan tanpa kompromi. Puluhan ribu pengembang aplikasi dan vendor terkemuka di dunia diklaim telah menggunakan Marmalade, seperti Electronic Arts, Square Enix, Konami, Samsung, LG dan RIM.

Marmalade adalah nama dagang dari Ideaworks3D Limited, yang awalnya didirikan pada tahun 1998. Teknologi unik di balik SDK Marmalade dikembangkan antara tahun 2005 dan 2008 dan telah teruji melalui pengembangan dan penyebaran game populer seperti Metal Gear Solid, Final Fantasy, Need for Speed dan Resident Evil untuk perangkat mobile. SDK diluncurkan dengan nama "Airplay SDK" pada akhir tahun 2009, sebelum menjadi Marmalade pada bulan Juni 2011.

2 komentar:

radit mengatakan...

mantab,,maju terus samsung,,,buat aplikasi2 dari OS lain bisa berjalan di bada...ditunggu kehadiran seperti whatsapp hhe...

Anonim mengatakan...

sebuah langkah strategi yg sangat jitu.
semua pengguna Bada mendukung langkah ini, jangan lupa sosialisasikan informasi tersebut ke para pengembang software.

Poskan Komentar