Rabu, 04 Januari 2012

Membuat aplikasi bada dalam 15 menit dengan tool RSS application


Lewat bada SDK 2.0.3, Samsung telah memperkenalkan tool untuk membuat sebuah aplikasi bada hanya dalam beberapa menit. Dengan menggunakan tool bada RSS application project, Anda dapat membuat sebuah aplikasi yang menampilkan semua jenis konten: teks, audio video, atau gambar. Selain itu, Samsung juga menawarkan berbagai pilihan untuk menentukan bagaimana tampilan UI dari aplikasi Anda. Pilihan meliputi 7 template UI dan berbagai pilihan untuk mengkonfigurasi tampilan dan nuansa dari aplikasi Anda.

Tool ini akan membantu Anda untuk dengan mudah mengkonversi konten berbasis web Anda, dalam format RSS 2.0, menjadi sebuah aplikasi bada secara penuh.

Langkah awal memulai tool

bada IDE -> File -> New -> bada RSS Application project


Pertama, Anda dapat memilih nama aplikasi Anda,*dan mengkonfigurasi logo dan ikon untuk digunakan oleh aplikasi. Kemudian, Anda dapat melanjutkan untuk merancang aplikasi Anda secara layar-per-layar. Untuk setiap layar (screen), Anda dapat mengkonfigurasi unsur-unsur berikut:


1. Tata letak UI (layout)
    a. Pilih salah satu dari 7 style UI
2. Skema warna
    a. Pilih warna default temanya atau gunakan warna Anda sendiri untuk beberapa bagian dari aplikasi.
3. Konten yang akan ditampilkan
    a. Konten untuk masing-masing aplikasi didefinhsikan oleh data RSS feed yang bisa Anda pasok.
4. Apa yang terjadi ketika pengguna berinteraksi dengan konten yang ditampilkan
    a. Bila pengguna mengklik pada entri, akan memutuskan apakah
         i. Sebuah jendela dengan teks harus ditampilkan
         ii. Audio yang terkait harus dimainkan;/div>
         iii. Video yang terkait harus ditampilkan
         iv. Gambar harus ditampilkan dalam bentuk galeri.

Setelah Anda selesai merancang semua layar di aplikasi Anda, klik "Submit". Sebuah proyek dengan nama aplikasi Anda akan dibuat oleh IDE. Anda dapat membuat dan menjalankan aplikasi pada Emulator atau target.

Sebelum Anda mengirimkan aplikasi ke toko aplikasi Samsung Apps, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan file manifest.xml Anda sendiri dengan beberapa hak istimewa yang harus diaktifkan sebagai berikut:
  • IMAGE
  • HTTP
  • WEB_SERVICE
  • BLUETOOTH

Desain

Setelah selesai membuat aplikasi dengan menggunakan langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda akan mendapatkan seluruh kode aplikasi Anda. Ini bagian dari blog yang akan memberikan gambaran tentang bagaimana kode distrukturisasi sehingga Anda bisa memasukkan keinginan Anda dalam mengkustomisasi sesuai kebutuhan spesifik Anda.

/Home/Profile.xml
Konfigurasi aplikasi yang dibuat oleh pengguna di IDE -> File -> New -> RSS Builder Project akan disimpan dalam file XML.

Controller
Class ini bertanggung jawab untuk mengurai (parsing) dan mengelola berkas Profile.xml untuk aplikasi yang dihasilkan. Setelah diurai, class ini akan mengontrol penciptaan dari tipe yang relevan dari halaman (page) yang merupakan bagian dari aplikasi. Untuk pembuatan/penghapusan setiap halaman aplikasi, class ini menciptakan sebuah instance dari class ViewMain untuk menampilkan UI, dan sebuah instance dari PageDetails untuk menangani data/konten yang akan ditampilkan pada halaman tersebut.

PageDetails
Class ini bertanggung jawab untuk mengambil sumber konten dari halaman, parsing dan menyimpannya dalam struktur data. Setelah itu kemudian memasok data ini untuk class ViewMain on-demand.

ViewMain
Class ini bertanggung jawab untuk menciptakan request UI untuk halaman. Ini memahami style UI yang direquest dan menciptakan berbagai kontrol pada layar, mengambil konten yang relevan dari class PageDetails dan menampilkannya di layar. Tergantung pada jenis konten yang akan ditampilkan ketika user berinteraksi dengan halaman, class ini akan memuat halaman teks tertentu [ViewText object], halaman yang spesifik untuk gambar [ViewImage objek], halaman Audio [Audio AppControl], atau halaman Video [Video AppControl]

Viewtext
Class ini bertanggung jawab untuk menampilkan konten yang terpusat pada teks. Ini menciptakan UI dengan WebControl sebagai elemen kunci. Data tersebut diberikan kepadanya oleh class ViewMain ketika instantiated. Ini mengkonversi kombinasi yang relevan dari teks dan gambar ke dalam sebuah file HTML yang telah diformat dengan baik dan mengunggahnya ke dalam WebControl.

ViewImage
Class ini bertanggung jawab untuk menampilkan konten yang terpurat pada gambar. Pada dasarnya, berisi kontrol galeri dan area deskripsi untuk menampilkan teks yang terkait dengan setiap gambar. Data tersebut diberikan kepadanya oleh class ViewMain ketika instantiated.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar