Jumat, 28 Oktober 2011

Lebih jauh dengan OCEAN Center, Pusat Pengembangan bada di Korea


Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa pada bulan Agustus 2010, Samsung mendirikan pusat pengembangan bada OCEAN di Seoul, Korea Selatan. OCEAN menjadi tempat yang menyediakan berbagai dukungan teknis dan peralatan yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi dan user interface untuk platform bada seperti pada seri smartphone Wave dan Smart TV.

Pada bulan Agustus yang lalu, OCEAN Center merayakan ulang tahunnya yang pertama. Dan kali ini, kita memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Mr Taegyung Oh untuk mengetahui lebih lanjut tentang OCEAN Center.


T: Bisakah Anda ceritakan sedikit tentang OCEAN Center?
J: OCEAN Center dirancang untuk memberikan kesempatan kepada pengembang individu untuk mendapatkan pengalaman dengan produk Samsung serta platform miliknya dan belajar lebih banyak tentang semuanya. Pusat ini bertujuan untuk memfasilitasi kerjasama antara Samsung dan para pengembang dan mempromosikan inovasi mereka dengan menetapkan program-program pelatihan dan pengembangan.

T: Siapa saja yang telah datang ke sini?
J: Saat ini kami memiliki sejumlah pengembang individu, tim yang terdiri dari 3-4 usahawan, dan mahasiswa yang terlibat dalam program kami.

T: Jenis manfaat apa yang bisa kita harapkan dari penggunaan OCEAN Center?
J: OCEAN Center terletak di jantung distrik bisnis Gangnam di Seoul Selatan, yang mudah diakses oleh semua jenis transportasi, dan buka 24 jam. Anda akan menemukan banyak kursi dan PC tersedia serta ponsel pinjaman yang bisa digunakan untuk memeriksa apakah aplikasi yang baru dikembangkan telah berjalan dengan baik. Juga ada fasilitas ruang pertemuan yang kami tawarkan untuk membantu berkomunikasi antar pengembang dan berbagi ide dengan pengembang lainnya.

T: Begitu masuk tadi, kita menemukan bahwa desain interior yang memungkinkan komunikasi antara pengguna telah menarik perhatian kami. Sekarang, beritahu kami tentang program pelatihan yang Anda tawarkan.
J: Saat ini hanya pengembangan aplikasi bada untuk pengembang berpengalaman saja yang berlangsung, tetapi kami juga menawarkan berbagai program dan kursus di tingkat yang berbeda untuk mahasiswa yang memiliki pengetahuan pemrograman dasar serta pengembang profesional yang sangat terampil. Dan, tentu saja, itu semua adalah gratis.

T: Kami ingin tahu beberapa aplikasi yang paling populer yang diciptakan di sini. Bisakah Anda menceritakan apa saja aplikasi itu?
J: Diantaranya "Horror Camera" adalah yang pertama datang pada daftar, yang telah mencapai lebih dari 50.000 pengunduhan di toko aplikasi Samsung Apps, diikuti dengan "Time Attack" menjadi sebuah aplikasi promosi yang didasarkan pada LBS (Location-Based Service) dan aplikasi kencan virtual yang disebut "Secret of My Heart".

Aplikasi-aplikasi bada lainnya dari pengembang di OCEAN Center bisa Anda lihat disini.


Mr Oh dalam penjelasannya tampak bersemangat tentang OCEAN Center dan berkomitmen untuk menjaga kebutuhan pelanggan dengan hati-hati. Kita juga telah diyakinkan bahwa OCEAN Center secara aktif telah memupuk dan mendukung pengembang bada yang penuh semangat dan kreatif di bawah visi baru Samsung “Inspire the World, Create the Future”. Sekarang mari kita melihat ke dalam!



OCEAN Center memiliki desain praktis dan suasana yang nyaman, memungkinkan pengembang untuk berbaur dan berbagi dengan setiap ide-ide kreatif miliknya. Dinding dihiasi dengan penghargaan yang telah mereka menangkan dari berbagai kontes, menciptakan lingkungan akademis serta tempat yang menyenangkan untuk para pengembang.


Ini adalah tempat perkuliahan "bada" biasanya berlangsung. Bada adalah platform yang masih sangat baru bahkan untuk pengembang aplikasi yang sudah ada, yang akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan belajar tentang platform bada di ruangan kelas. Ruang pengembangan menawarkan berbagai kursi untuk proyek-proyek pengembangan aplikasi, baik untuk jangka panjang maupun pendek; ruangan kantor yang tersedia untuk pengembangan aplikasi tergantung pada keadaan, dan ruangan yang lebih kecil juga dilengkapi dengan ponsel Wave untuk pengujian aplikasi baru yang telah selesai dibuat.


Melangkah ke kelas terdapat ruang pertemuan, membawa nama-nama seperti The Indian Ocean (Samudera Hindia) dan The Mediterranean Sea (Laut Mediterania), yang dirancang untuk merangsang imajinasi dan menangkap semangat dari OCEAN Center. Ruangan ini adalah tempat diskusi terkait dengan pekerjaan dan berlangsungnya belajar buat profesional.

  Dari kiri ke kanan: Kim Jin-yeop, Kang Hyo-jeong, Jung Mi-so, Mr Oh Tae-gyung

Artikel asli ditulis oleh Kim Jin-yeop (Universitas Hanyang), Kang Hyo-jeong (Universitas Sejong) dan Jung Mi-so (Universitas Kyunghee) dari Samsung Storyteller kelas 4 untuk Samsung Tomorrow.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar