Selasa, 07 Desember 2010

Samsung Wave, Smartphone Paling Hemat Daya


Baterai telah menjadi perhatian khusus para pengguna smartphone dewasa ini. Mereka menginginkan smartphone high end miliknya bisa digunakan selama mungkin tanpa harus direpotkan untuk berulangkali harus mencolokkan ponsel ke charger. Awalnya banyak orang pesimis perkembangan daya baterai tidak mampu mengikuti kecanggihan fitur ponsel yang tentunya semakin menyedot baterai ponsel, apalagi smartphone saat ini sering dituntut untuk selalu online 24 jam. Tapi untungnya vendor ponsel berhasil memperbarui hardwarenya dengan komponen yang hemat daya serta penyempurnaan manajemen daya dari software yang digunakan.

Situs blog GSMArena setelah melakukan serangkaian pengujian terhadap beberapa ponsel berhasil membuktikan bahwa Samsung S8500 Wave, smartphone pertama yang menggunakan OS bada adalah ponsel yang memiliki ketahanan baterai paling hemat saat ini. Selama kurang lebih 3 setengah hari, Samsung Wave telah melakukan hal-hal sebagai berikut:
  • 90 menit pemutaran video
  • 2 jam pemutaran musik melalui loudspeaker
  • 40 menit melakukan panggilan suara
  • 20 menit untuk bermain game
  • 50 menit browsing internet
  • 30 menit penggunaan secara umum
  • 10 menit penggunaan navigasi GPS
  • 20 menit mengambil foto dan shooting video

Saat pengujian, S8500 Wave menggunakan jaringan 3G sepanjang waktu sehingga pada waktu stand by juga akan mengambil sebagian daya pada baterai.

GSMArena juga sempat melakukan uji coba pemutaran video dengan format Xvid secara non-stop pada S8500 Wave dengan hasil yang sangat mengesankan, yakni mampu bertahan selama 8 jam dan 40 menit sebelum level pada baterai mencapai 10 persen dimana pada kondisi ini pemutar video secara otomatis akan dimatikan. Kecerahan layar ditetapkan sampai 50% pada saat kedua pengujian.

Hasil ini menunjukkan bahwa Samsung Wave jauh lebih hemat daya daripada saudaranya Samsung i9000 Galaxy S. Samsung Wave tidak hanya memiliki layar Super AMOLED terkenal paling hemat daya, juga processor Samsung Hummingbird dengan fabrikasi 45nm, paling ramping di kelasnya saat ini dan tentu saja baterai Li-Ion 1500 mAh.

Platform bada sendiri memiliki fitur khusus manajemen daya yang bisa mengontrol kinerja sistem, CPU dan memori secara efisien serta efektifitas penggunaan fitur multi-tasking dan  kontrol aplikasi yang berjalan di background. Dan yang membuat bada berbeda dengan Android adalah adanya akselerator hardware untuk membuat kinerja software lebih maksimal.

5 komentar:

radit mengatakan...

klo S8530 ko boros ini batre hp saya,,padahal baru beli,,,cm tahan 1 hari...kenapa ya????

lol mengatakan...

s8530 pke super clear lcd soalny, sedikit lebih boros dr super amoled s8500. Lagian screen jg lbh gede, jd power consumtion jg lenih boros.
Btw tanya gan, super lcd s8530 jernih g? Display bagus g?

radit mengatakan...

jernih gan, displaynya g bagus...ooo pantes boros,,, ic ic

Ryo Jin mengatakan...

Tidak benar Super Clear LCD lebih boros baterai daripada Super AMOLED. Super AMOLED dasarnya adalah hitam, jadi jika Anda sering menampilkan dominan warna hitam di layar seperti nonton film, main game, dll, maka Super AMOLED lebih hemat karena untuk menampilkan warna hitam Super AMOLED hampir tidak membutuhkan daya. Sedangkan Super Clear LCD dasarnya adalah putih sehingga lebih jernih, detil dan lebih hemat daya jika dibuat untuk browsing internet misalnya, karena layar akan didominasi warna putih.

Selebihnya jika bukan karena penjelasan diatas, mungkin ada aplikasi/widget yang terus menerus berjalan di background tanpa Anda sadari sehingga menyedot daya baterai.

radit mengatakan...

owww,,brati lagi ada widget yg terus berjalan ya,,,ic ic thx om ryojin,,,btw tolong jawab pertanyaan ane yg di post di tempat lain dong om :D

Posting Komentar