Sabtu, 11 Desember 2010

Bagaimana Menambah dan Menghapus Widget dan Home Screen pada Smartphone bada

Ini adalah suatu hal yang kecil yang mungkin Anda tidak akan langsung tahu ketika Anda pertama kali mulai menggunakan Smartphone bada. Bagaimana menambah/menghapus widget dan home screen di mana widget ditempatkan. Secara default, ketika menghidupkan Samsung Wave untuk pertama kalinya, Anda akan memiliki tiga home screen dan beberapa widget yang sudah ditempatkan pada tiga home screen tadi.


Untuk masuk ke Mode Edit Widget, Anda harus mengklik tombol Widget di sudut kiri atas. Anda akan melihat bar yang bisa digulir muncul di bagian bawah layar yang menunjukkan kepada Anda bahwa widget telah terinstal pada perangkat Anda.


Untuk menempatkan widget pada home screen pada area tertentu, drag widget dengan jari Anda ke atas dan letakkan widget di manapun Anda inginkan. Untuk menghapus widget tekan terus sampai frame kuning menyelimuti widget, kemudian drag kembali ke bar widgets yang tersedia dibawah layar.


Anda mungkin melihat bahwa ada beberapa widget yang punya tanda stop merah (atau tanda minus) di sudut kanan atas widget tersebut. Itu adalah widget yang telah Anda instal sendiri dari toko aplikasi Samsung Apps. Jika Anda klik pada tanda stop atau minus, Anda berarti melakukan un-install widget tersebut dari perangkat milik Anda. Widget yang sudah ada secara Pre-installed tidak dapat dihapus/un-install.


Satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa Anda hanya dapat menggunakan widget sekali pada satu home screen, yaitu Anda tidak dapat menempatkan widget yang sama beberapa kali di home screen yang berbeda. Sebuah widget hanya dapat digunakan sekali. Ketika Anda selesai (done), Anda dapat klik kembali pada tombol di sudut kiri atas: "Done".

Sekarang mari kita masuk ke home screen mode editing. Untuk melakukan masuk ke mode editing, cukup miringkan ponsel Anda ke dalam mode landscape (Anda harus berada dalam mode portrait sebelumnya):


Di sini Anda dapat bergulir dan menambahkan home screen baru (hingga maksimal 10). Anda juga dapat menghapus home screen yang tidak memiliki widget diatasnya. Cukup klik pada tanda stop atau tanda minus di sudut kanan atas home screen. Setelah selesai, kembali ke mode portrait dan klik tombol "Done".

Sebuah hal kecil yang perlu dicatat di sini: firmware saat ini tidak memungkinkan Anda untuk menempatkan shortcut bagi aplikasi favorit Anda di home screen. Saya berharap Samsung bisa merubah hal ini di masa depan.

Dan terakhir, Anda dapat mengubah gambar wallpaper dari home screen lewat Setting. Cukup pergi ke Menu -> Settings -> Display and light


Lihat video dibawah ini untuk lebih jelasnya:


.

7 komentar:

renminbi mengatakan...

minta ijin shre di blog ane gan

Ryo Jin mengatakan...

Silahkan

Anonim mengatakan...

makasih bayak gan makasih banyak !!! ane ampe stress gak tidur semaleman buat ngotak-atik tuh widget,huhuhu untungnya ane nemuin tulisan ini. Thanks a bunch ya gan :D Sukses terus yah

Anonim mengatakan...

makasi banyak atas pengetahuaany Gan

Anonim mengatakan...

kalo yg dual lock itu kepencet jdi muncul 2 jam.terus mau di reset gimana caranya ya broooo???

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak atas penjelasanya ya bung,,,

Anonim mengatakan...

cara menambah widget jika g lewat samsung app gmn yah??aku punya banyak file widget,tapi aku bingung cara masukkan ke HP,.apa tinggal copy paste,klo iya di copy di file apa??thanks bantuanna,.

Posting Komentar