Laman

Selasa, 24 September 2013

Samsung luncurkan ISOCELL, teknologi sensor foto inovatif untuk perangkat mobile


Samsung Electronics hari ini mengumumkan peluncuran ISOCELL, teknologi piksel canggih baru untuk sensor foto CMOS. Teknologi baru ini secara substansial akan meningkatkan sensitivitas cahaya dan secara efektif mengontrol penyerapan elektron, sehingga menghasilkan keakuratan warna yang lebih tinggi bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk. ISOCELL meningkatkan kualitas foto dan meningkatkan pengalaman pengguna smartphone dan tablet premium yang mengintegrasikan sensor kamera dengan teknologi baru yang menarik ini.

"Melalui kemajuan dalam teknologi piksel dan pemrosesannya, kamera pada smartphone dan tablet telah memudahkan bagi konsumen untuk menangkap dan berbagi foto yang indah dan jelas dengan dunia daripada sebelumnya," kata Kim Tae-hoon, wakil presiden pemasaran untuk divisi Sistem LSI di Samsung Electronics. "Teknologi ISOCELL adalah inovasi lain yang secara signifikan meningkatkan tingkatan dalam kualitas foto, dan menunjukkan kepemimpinan teknologi Samsung dalam sensor foto untuk perangkat mobile."

Kualitas sensor foto ditentukan oleh jumlah cahaya yang secara akurat ditangkap oleh piksel individu dalam susunan sensor. Melalui dorongan pasar untuk meningkatkan resolusi kamera dan kualitas foto, tanpa mengubah ukuran kamera, piksel harus menyusut, dan dilain pihak meningkatkan kinerjanya pada waktu yang sama - adalah sebuah tugas yang menantang.

Untuk memenuhi tantangan ini, pengembangan teknologi sensor yang sebelumnya berfokus pada peningkatan penyerapan cahaya dari setiap piksel, dan telah berkembang dalam teknologi pixel dari FSI (Front Side Illumination) ke BSI (Back Side Illumination) yang menempatkan dioda di bagian atas untuk memaksimalkan efisiensi fotoelektrik. Sementara hal itu telah menjadi sangat efektif pada saat ini, namun teknologi BSI ini juga menghadapi keterbatasan dalam meningkatkan kualitas foto setelah ukuran piksel terus menurun.

Membangun kemajuan masa lalu dan terus mendorong ke arah sensor foto kualitas yang lebih tinggi untuk perangkat mobile, Samsung telah mengembangkan ISOCELL generasi berikutnya dari teknologi piksel, yang saat ini masih merupakan paten tertunda. Teknologi ISOCELL membentuk penghalang fisik antara piksel tetangga - dengan mengisolasi piksel. Isolasi ini memungkinkan lebih banyak foton yang dikumpulkan dari lensa mikro dan diserap ke dalam fotodioda piksel yang benar yang meminimalkan crosstalk elektris yang tidak diinginkan antara piksel dan memungkinkan untuk memperluas full well capacity (FWC).

Dibandingkan dengan piksel BSI konvensional, piksel ISOCELL mengurangi crosstalk sekitar 30 persen yang menghasilkan keakuratan warna yang lebih tinggi untuk mereproduksi warna asli dengan ketajaman dan kekayaan warna, dan meningkatkan full well capacity (FWC) sebesar 30 persen yang mengarah ke kisaran dinamis yang lebih besar.

Selain itu, sebuah imager yang dirancang dengan ISOCELL dapat memiliki fitur chief ray angle (CRA) yang 20 persen lebih luas, dan mengurangi ketinggian modul kamera. Hal ini membuatnya cocok untuk faktor bentuk yang ramping dan kecil pada perangkat mobile dengan menantang persyaratan z-height yang rendah.


Sebagai sensor foto pertama Samsung yang mengadopsi teknologi baru, S5K4H5YB 8Megapixel Imager memanfaatkan piksel ISOCELL 1.12um dan memiliki format optik 1/4inci. S5K4H5YB saat ini sedang diproduksi sebagai sampel untuk pelanggan dengan produksi massal dijadwalkan pada Q4 2013.

Menurut perusahaan riset pasar Techno System Research, pada tahun 2014, sekitar 66 persen dari smartphone akan memiliki sensor foto 8MP atau resolusi yang lebih tinggi.



Samsung Electronics Co., Ltd., a world leader in advanced semiconductor solutions, today announced its new advanced pixel technology for CMOS image sensors, ISOCELL. This new technology substantially increases light sensitivity and effectively controls the absorption of electrons, resulting in higher color fidelity even in poor lighting conditions. ISOCELL improves the image quality and enhances the user experience of premium smartphones and tablets that integrate sensors with this exciting new technology.

“Through advances in pixel and process technology, smartphone and tablet cameras have made it easier than ever for consumers to capture and share beautiful, clear images with the world,” said Taehoon Kim, vice president of System LSI marketing, Samsung Electronics. “ISOCELL technology is yet another innovation that significantly raises the bar in image quality, and demonstrates Samsung’s technology leadership in image sensors for mobile devices.”

The quality of an image sensor is determined by the amount of light that is accurately captured by the individual pixels within the sensor array. With the market pressure to increase camera resolution and image quality, without growing the camera size, the pixels have had to shrink, while improving their performance at the same time – a challenging task.

To meet this challenge, previous sensor technology developments focused on improving the light absorption of each pixel, and have progressed pixel technology from FSI (Front Side Illumination) to BSI (Back Side Illumination) which places photodiode at the top to maximize photoelectric efficiency. While being very effective at the time, this BSI technology also faced limitations in improving image quality as pixel sizes continued to decrease.

Building on these past advances and continuing the push toward higher quality image sensors for mobile devices, Samsung has developed ISOCELL the next generation of pixel technology, which is patent pending. ISOCELL technology forms a physical barrier between neighboring pixels – isolating the pixel. This isolation enables more photons to be collected from the micro-lens and absorbed into the correct pixel’s photodiode minimizing undesired electrical crosstalk between pixels and allowing expanded full well capacity (FWC).

Compared to conventional BSI pixels, the ISOCELL pixels decrease the crosstalk by approximately 30 percent which results in higher color fidelity to reproduce the original color with sharpness and richness, and increase the full well capacity (FWC) by 30 percent which leads to greater dynamic range.

Additionally, an imager designed with ISOCELL can feature a 20 percent wider chief ray angle (CRA), reducing the height of the camera module. This makes it suitable for slim and small form factor mobile devices with challenging low z-height requirements.

As the first Samsung image sensor to adopt this new technology, the S5K4H5YB 8Megapixel imager utilizes a 1.12um ISOCELL pixel and has a 1/4inch optical format. The S5K4H5YB is currently sampling to customers with mass production scheduled for Q4 2013.

According to market research firm Techno System Research, in 2014, approximately 66 percent of smartphones will feature image sensors with 8Mp or higher resolution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar