Minggu, 22 September 2013

Generasi muda China berharap bisa bekerja di Samsung Electronics


Elvira, seorang mahasiswi 21 tahun di Xi'an International Studies University, adalah salah satu dari banyak mahasiswa muda China yang berharap untuk bisa bekerja di Samsung Electronics. Dia berencana untuk melamar kerja di salah satu pabrik Samsung di Xi'an setelah lulus, karena ia percaya bahwa bekerja di perusahaan Korea ini akan bisa membantu meningkatkan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan di pasar.

"Samsung Electronics telah meningkat menjadi perusahaan yang paling diinginkan di Xi'an. Teman-teman saya dan saya akan lebih menyadari kualitas dan keterampilan seperti apa yang diinginkan oleh industri setelah menyelesaikan magang yang sebagian didanai oleh Samsung. Saya berharap untuk bisa bergabung dengan Samsung," katanya dalam sebuah wawancara singkat di Kai Yuan Shopping Mall, di pusat Xi'an.

Samsung menginvestasikan 7,5 miliar dollar untuk membangun pabrik chip yang di sini, mempekerjakan sekitar 50.000 orang dan 300 subkontraktor untuk mendirikan toko di daerah yang terkonsentrasi. Pabrik ini dijadwalkan mulai beroperasi pada bulan Februari tahun depan, dan mencapai kapasitas penuh pada akhir paruh pertama. Ini adalah investasi asing terbesar yang akan dibuat oleh perusahaan Korea di luar negri.

Masih terlalu dini memang untuk mengatakan bahwa Samsung adalah perusahaan teknologi terkemuka di China dalam hal kesadaran merek (brand awareness), tetapi adalah adil untuk mengatakan bahwa pabrik di Xian akan membantu pemasok chip terbesar di dunia itu meningkatkan kekuatan merek mereka di sana.

"Lebih banyak generasi muda China yang membeli smartphone Samsung. Perusahaan teknologi dengan pendapatan terbesar di dunia ini telah melihat kenaikan kesadaran merek mereka setelah keputusan berani untuk membangun sebuah pabrik fabrikasi NAND flash wafer di Xi'an, ibukota provinsi Shaanxi," kata Guan Hong, seorang penjaga toko yang menjual perangkat mobile di mall.

Seorang pengusaha dari Hong Kong, yang menolak menyebutkan namanya, menunjukkan bahwa sejak langkah itu didukung oleh pemerintah China, Samsung kemungkinan akan memperluas investasi di wilayah tersebut.

"Mengingat tingkat dari dukungan, Samsung Electronics kemungkinan untuk berkontribusi lebih banyak untuk masyarakat di daerah. Samsung berharap untuk memanfaatkan kota sebagai pusat manufaktur, seperti pabrik ponsel di Vietnam dan pabrik chip di Austin, Texas."

Pendekatan Samsung untuk memenangkan konsumen di Xian telah menjadi lebih halus dan canggih.

Samsung kini menawarkan lebih banyak lowongan pekerjaan dan membantu universitas lokal untuk mendorong siswa mereka menjadi lebih inovatif. Investasi ini telah mendorong pemerintah daerah untuk membangun infrastruktur, menciptakan kesempatan kerja. Para pejabat setempat mengatakan, pembangunan jalan raya baru saat ini juga tengah berlangsung.

"Saya diberitahu bahwa investasi Samsung akan melebihi $10 milyar selama beberapa tahun ke depan, dan pabrik ini akan berubah untuk mengakomodasi pasokan komponen Samsung, afiliasi teknologi serta pusat-pusat penelitian. Ini akan menciptakan manfaat tambahan bagi pemerintah daerah dan pusat," kata pengusaha setempat.

Xian sendiri adalah kota kelahiran politik dari Presiden China saat ini, Xi Jinping.

Sebagai 'guanxi,' yang berarti hubungan atau koneksi pribadi dalam bahasa Mandarin, secara luas telah dianggap sebagai aturan kunci untuk memperluas bisnis di China, dan beberapa orang mengatakan bahwa investasi itu sebenarnya bertujuan menarik para politisi China yang berpengaruh.

"Kadang-kadang, melakukan bisnis di China membutuhkan lebih banyak lagi. Kita tidak bisa mengatakan kalau guanxi adalah alasan utama bagi Samsung untuk membuat keputusan itu. Namun, politik adalah salah satu alasan yang sebelumnya menjadi kendala," kata salah seorang pejabat Samsung di Seoul.

Samsung berencana untuk membangun pabrik Xi'an sebagai 'strategic hub' untuk memasok suku cadang untuk klien utama merek.

Pejabat dari Samsung mengatakan bahwa pabrik tersebut bakal menerapkan teknologi pengolahan kelas 10-nanometer yang sangat canggih. Chip yang diproduksi menggunakan teknologi mutakhir dan akan diberikan kepada pelanggan utama yang ada dan baru yang terletak di dekat kota.

Produsen laptop teratas seperti Hewlett-Packard, Acer dan Asus memiliki pabrik yang terletak di Chongqing, dekat Xi'an. Di Chengdu, IBM, Intel, Nokia dan Microsoft bisa membeli chip buatan Samsung dengan pemotongan biaya logistik dan pengiriman yang tepat waktu.

"Pelanggan masih mengkhawatirkan ketidakpastian geopolitik sebagai ketegangan antara Utara dan Selatan, jika memang ada, yang dapat mengganggu pasokan chip. Apple, sebagai pembeli terbesar, juga telah meminta kepada Samsung dengan sangat untuk membangun pabrik baru di luar Semenanjung Korea. Pabrik Xian akan booming berkat kedatangan Apple iPhone baru."

Menurut perusahaan riset pasar DisplaySearch, Samsung menjadi produsen TV terbesar di China dengan pangsa pasar 19,8 persen selama enam bulan pertama tahun ini. Berdasarkan data dari Strategy Analytics, Samsung Electronics juga merupakan vendor ponsel teratas dengan 19,4 persen pada akhir kuartal kedua tahun ini, memperpanjang kepemimpinannya untuk enam kuartal berturut-turut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar