Rabu, 06 Februari 2013

Smartphone TIZEN akan dirilis September di Eropa, sebagai penerus bada


Samsung Electronics Co, Ltd, hari ini meluncurkan produk dan layanan baru yang mendefinisikan visi untuk industri elektronik konsumen, di mana teknologi memungkinkan konsumen untuk menemukan sebuah dunia dengan berbagai kemungkinan. Dalam acara Samsung Forum 2013 untuk Regional Eropa yang berlangsung di Monaco antara tanggal 4-8 Februari 2013, Samsung meletakkan visi untuk menciptakan pengalaman yang baru, yang lebih kaya bagi konsumen Eropa melalui pemahaman yang mendalam tentang wilayah dan pengejaran penemuan dan inovasi tanpa henti.

Dalam acara ini Samsung Electronics meluncurkan inovasi yang signifikan di televisi, peralatan rumah tangga, kamera terhubung, PC dan printer. Samsung menunjukkan bagaimana mendefinisikan kembali kategori produk di hampir semua lini produk, dan menghidupkan kembali pasar elektronik konsumen dengan pencarian konten yang mulus, kontrol yang intuitif, dan pengalaman pengguna pribadi. Portofolio lengkap produk unggulan Samsung tahun ini akan dipajang di pameran ini di Auditorium di Grimaldi Forum di Monaco.

Menurut Philippe Barthelet, Vice President untuk Telecom & Information System di Samsung Perancis, untuk tahun ini Samsung akan mengandalkan produk-produk yang berjalan pada jaringan 4G dan Smart TV yg berorientasi untuk kenyamanan penggunanya. Untuk penggunaan fitur 4G yang lebih maksimal, pihaknya akan bekerjasama dengan operator lokal sebagah penyedia jaringannya.

"Kami memutuskan untuk memposisikan diri dengan cepat pada 4G, sehingga konsumen akan menyamakan Samsung dan 4G. Saat ini kami memiliki tiga produk yang kompatibel pada jaringan 4G, namun setidaknya kita harus mulai dengan selusin untuk tahun ini," kata Philippe Barthelet. "Pengembangan 4G tergantung pada strategi operator: kebijakan harga mereka, penawaran produk, dll. Operator yang sudah mapan akan lebih pro-aktif, karena dengan 4G mereka bisa membuat strategi diferensiasi sehubungan dengan operator pendatang baru."

Sedangkan untuk smartphone dan tablet - selain memiliki kemampuan 4G - Samsung juga akan merilis produk-produk baru dengan dimensi layar lebih besar dari sebelumnya.

"Smartphone yang inovatif sangat diperlukan untuk pasar yang kompetitif, dan kami sedang mengembangkan generasi baru smartphone dengan layar 5,3 inci. Namun, kami tidak akan mengumumkan Galaxy SIV di Mobile World Congress Barcelona. Tapi akan diluncurkan pada akhir paruh pertama tahun ini," kata Philippe Barthelet.

Ketika ditanya tentang smartphone yang berjalan pada sistem operasi open source baru TIZEN, Philippe Barthelet mengatakan akan dirilis pada akhir tahun ini di Eropa sebagai penerus dari bada.

"TIZEN akan diluncurkan pada bulan September 2013. Ini akan didasarkan pada OS bada milik kami. Ini akan dirilis di pasar disamping Apple iOS, Android... Dan sebagai catatan, Samsung memiliki sekitar 35% dari pangsa pasar ponsel di Eropa," kata Philippe Barthelet.

Sebagai catatan, pada tanggal 6-11 September akan berlangsung pameran elektronik terbesar di Eropa IFA 2013 di Berlin, Jerman. Samsung sebelumnya tidak pernah absen meluncurkan produk elektronik terbarunya, termasuk smartphone dan tablet di acara ini seperti misalnya Samsung Wave 3 dan Galaxy Note di IFA 2011 dan Galaxy Note 2 di IFA 2012


Philippe Barthelet juga mengatakan bahwa Samsung tidak akan merilis Google TV seperti produsen TV lainnya, karena mereka sudah memiliki platform Smart TV sendiri yang lebih baik. Mengenai pesaing terdekatnya yang kini adalah produsen handset asal China seperti Huawei dan ZTE, Barthelet menyarankan kalau perusahaan-perusahaan ini harus meningkatkan kesadaran merk (brand awareness) milik mereka dulu sebelum berpikir untuk bersaing dengan yang sudah mapan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar