Selasa, 25 Juni 2013

Samsung: Layar UHD untuk smartphone dan tablet segera hadir


Jeong She-woong, executive vice president, Sales & Marketing Team, System LSI Business, Samsung Electronics Co Ltd, menjadi pembicara kunci pada Simposium untuk Sirkuit VLSI, yang berlangsung dari tanggal 12-14 Juni 2013 di Kyoto, Jepang. Dia berbicara tentang dampak penyebaran yang cepat dari perangkat mobile seperti smartphone dan tablet pada kemajuan teknologi semikonduktor. Judul ceramahnya adalah "Perspectives on Mobile Devices and Their Impact on Semiconductor Technologies" (nomor ceramah: C7-1).

Pertama, Jeong menunjukkan bahwa munculnya perangkat mobile secara drastis telah mengubah industri elektronik. Seperti peristiwa yang mewakili perubahan, ia mengutip fakta bahwa volume pengiriman smartphone telah melampaui PC pada kuartal keempat tahun 2010, dan nilai pengiriman semikonduktor untuk perangkat mobile melampaui mikroprosesor untuk PC pada tahun 2012 serta volume pengapalan tablet diperkirakan akan melebihi PC pada tahun 2014 atau 2015.

Dengan pesatnya pertumbuhan perangkat mobile, kemajuan teknologi semikonduktor mulai ditujukan untuk perangkat dengan "ukuran yang lebih kecil" dan "konsumsi daya yang rendah," kata Jeong. Adapun untuk ukuran yang lebih kecil, ia mengatakan bahwa miniaturisasi kasus smartphone telah mencapai batasnya dan permintaan untuk komponen elektronik kecil menjadi lebih kuat.

Sehubungan dengan konsumsi daya yang rendah, ia mengatakan bahwa kapasitas baterai perangkat mobile meningkat pada tingkat tahunan sekitar 20% tetapi itu masih belum cukup tinggi dan permintaan untuk bagian elektronik dengan konsumsi daya yang rendah terus meningkat.


Kemudian, Jeong menyebutkan tren dalam kemajuan komponen elektronik dan layar untuk perangkat mobile. Dia menunjukkan bahwa resolusi untuk sensor gambar pada modul kamera smartphone akan mendekati sensor gambar dari modul kamera untuk kamera digital. Secara khusus, jumlah pixel sensor gambar smartphone akan meningkat menjadi 13 juta pada 2013 dan 16 juta pada tahun 2014, yang mendekati dengan jumlah pixel kamera digital (sekitar 20 juta), katanya.

Adapun untuk layar, resolusi layar smartphone 5-inci dan layar tablet 10-inci diharapkan dapat mencapai masing-masing WQHD (2.560 x 1.440 piksel) dan UHD (3.840 x 2.160 piksel), dalam beberapa tahun mendatang, katanya.


Dalam situasi seperti itu, kekuatan pemrosesan GPU yang digunakan dalam perangkat mobile menjadi penting, kata Jeong. Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan pemrosesan CPU yang digunakan pada perangkat mobile telah meningkat sebesar 120% per tahun, namun tren ini diperkirakan akan melambat karena masalah panas. Sebaliknya, kekuatan pengolahan GPU secara drastis akan meningkatkan, katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar