Selasa, 09 April 2013

Samsung menjadi panutan perusahaan teknologi China


Jay Lee (Lee Jay-yong), putra satu-satunya dari Chairman Samsung Lee Kun-hee baru saja kembali dari Boao Forum untuk Asia yang diselenggarakan di Boao, provinsi Hainan, China. Jay Lee menjadi anggota dewan yang baru dari forum ekonomi regional ini, menggantikan Chairman SK Group Chey Tae-won yang mengundurkan diri dari jabatannya karena alasan pribadi.

Pewaris tahta yang kini menjabat sebagai Vice Chairman pada Samsung Group ini mengatakan bahwa ia merasa memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk menjaga momentum dalam bisnis utama Samsung Group yang mengalami kemajuan drastis dari para pesaingnya yang berasal dari China yang mengancam pasar teknologi dan elektronik kelas berat.

"Saya merasa bertanggung jawab," kata Jay Lee kepada wartawan setibanya di Bandara Internasional Gimpo dari perjalanan ke China hari ini.

Jay Lee (kiri) berbincang dengan Presiden China Xi Jinping
Jay Lee juga mengatakan kalau ia bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dua kali selama sesi forum dan membahas beberapa isu-isu yang tertunda. Samsung banyak berinvestasi di China, seperti baru-baru ini membangun pabrik NAND flash senilai $7 milyar dan pabrik LCD senilai $2,8 milyar di sana. Kedua bertemu sebelumnya pada bulan Februari dan Agustus 2010 untuk membicarakan kerjasama.

Jay Lee mengatakan kalau kebangkitan Samsung Electronics telah menjadi semacam "panutan" bagi perusahaan-perusahaan di China dan para politisi disana sangat menyadari banyak keuntungan dari model bisnis seperti Samsung.

"Presiden Xi Jinping dan pejabat China lainnya yang saya temui sangat peduli dengan Samsung dan Korea. Kita harus berbuat lebih banyak. Mereka tahu persis tempat pabrik chip pertama kami di China. Saya juga mendengar bahwa telah ada gugus tugas khusus yang mempelajari Samsung Electronics," kata Lee kepada wartawan di bandara.

Samsung saat ini adalah produsen smartphone terbesar di China, bersaing ketat dengan perusahaan lokal seperti ZTE, Lenovo dan Huawei. Samsung Electronics juga memimpin dalam penjualan televisi dan peralatan elektronik lainnya karena kemitraan yang erat dengan perusahaan distribusi utama di China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar