Laman

Sabtu, 30 Maret 2013

Samsung siapkan chip memori 3D pertama di dunia


Samsung Electronics telah memperluas investasi di chip memori flash untuk menanggapi naiknya permintaan untuk perangkat dengan pengolahan data intensif seperti smartphone dan untuk memperkuat kepemimpinannya di pasar yang menjanjikan. Samsung selaku pemasok chip memori terbesar di dunia, berencana untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya dan merilis chip NAND tiga-dimensi (3D) pertama di dunia pada akhir tahun ini, enam bulan lebih awal dari jadwal semula.

Untuk itu, Samsung menjadwalkan untuk mengapalkan sampel untuk klien dalam beberapa bulan mendatang sebelum memproduksi chip baru yang sebenarnya di pabrik mereka yang ada di Xi'ab, China, mulai tahun depan.

"Kami telah konsisten dalam mengembangkan teknologi manufaktur 3D NAND," kata seorang pejabat Samsung pada hari Jumat (29/3) kemarin.

Produsen chip global terkemuka, seperti IBM dan Toshiba, yang sedang berjuang untuk mengembangkan chip NAND 3D, secara luas menanggapi ini sebagai chip generasi berikutnya. Memori NAND flash adalah jenis teknologi penyimpanan non-volatile yang tidak memerlukan daya untuk mempertahankan data. Tumpukan sel memori NAND flash 3D sel berada di atas satu sama lain.

Tidak seperti chip flash konvensional, chip dengan teknologi 3D memiliki keuntungan dari mengurangi biaya pembuatan dan untuk menjamin kepadatan. Konsep ini sederhana, daripada meletakkan sel datar di permukaan, densitas yang lebih tinggi dapat dicapai dengan menumpuk mereka di atas satu sama lain.

Konsentrasi tinggi pada industri dan peningkatan hambatan masuk, dikombinasikan dengan peningkatan ketidakpastian teknologi dan berkurangnya elastisitas permintaan, memberikan cara untuk suatu paradigma baru yang tidak lagi penghargaan investasi yang agresif untuk pemasok chip memori flash.

Menurut Samsung, karena industri chip memori global sekarang hanya tinggal beberapa pemasok utama maka sekarang "cash-burning" yang agresif telah berakhir, sebagai pemimpin pasar akan mendorong ke depan untuk teknologi manufaktur NAND 3D. Restrukturisasi industri datang setelah produsen chip menghadapi keterbatasan teknologi untuk tingkat pengolahan di bawah 10-nanometer. Dalam pembuatan chip, tipis lebih baik. Ini berarti chip dengan pemrosesan 20-nanometer akan lebih baik dibandingkan dengan tingkat pemrosesan 30-nanometer dari segi biaya dan konsumsi energi.

Pejabat Samsung telah mengkonfirmasi chip NAND 3D akan menjadi mainstream di industri dalam dua atau tiga tahun ke depan. Itu juga berarti konsumen dapat membeli smartphone, tablet dan perangkat digital lainnya dengan penyimpanan data yang lebih besar tetapi juga dengan harga yang lebih murah. Tapi tetap saja, ada beberapa masalah teknologi yang harus diselesaikan sebelum produksi massal mulai diberlakukan.

"Manufaktur NAND 3D pasti akan diperlukan. Tapi itu sangat kompleks dan harus menggunakan set alat yang berbeda. Hal ini diyakini bahwa planar NAND tidak dapat diskala di bawah 10-nanometer maka NAND 3D akan menjadi kunci untuk penurunan biaya pembuatan chip yang melebihi 10-nanometer. Namun, kompleksitasnya sangat tinggi dan harus menggunakan set alat yang berbeda," kata Mark Newman, analis senior di Sanford C. Bernstein di Hong Kong. "Masalah utama adalah bahwa sistem etsa konvensional hanya bisa menangani rasio aspek 3:1 sampai 4:1, sementara etsa 3D membutuhkan aspek rasio 20:1 atau lebih," tambahnya.

Samsung setuju dengan pendapat ini. "Itu sebabnya kami berencana untuk menerapkan arsitektur pembuatan chip NAND 3D pada pabrik terbaru kami. Samsung bekerja sama dengan ASML yang berbasis di Belanda untuk mengembangkan peralatan yang dibutuhkan untuk digunakan dalam chip NAND 3D," kata seorang pejabat di salah satu pabrik chip Samsung di Korea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar