Sabtu, 02 Maret 2013

Samsung SDI kini menjadi produsen baterai lithium terbesar di dunia

Dua engineer sedang bekerja di pabrik Samsung SDI di Cheonan, Provinsi Chungcheong Selatan, Korea Selatan.

Samsung SDI menjadi produsen baterai lithium ion terbesar di dunia tahun lalu, mengalahkan Panasonic dari Jepang. Ini adalah pertama kalinya bagi Samsung SDI memimpin pasar global sejak mereka mengalihkan bisnisnya dari layar menjadi baterai lithium ion. Baterai lithium-ion ini banyak digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan laptop.

Menurut harian Jepang Nihon Keizai Shimbun yang mengutip hasil riset Tech System Research dari Jepang, pangsa pasar Samsung SDI naik 1,9 persen menjadi 25,1 persen tahun lalu. Sementara Panasonic yang menjadi peringkat pertama di 2011 dengan 23,5 persen, turun pangsa pasarnya menjadi 20,7 persen tahun lalu. Samsung SDI mengalami peningkatan pangsa pasar global ke kisaran 20 persen pada tahun 2010 untuk pertama kalinya.

Surat kabar itu juga mengatakan bahwa Samsung SDI secara signifikan meningkatkan penjualan baterai secara global tahun lalu karena didorong oleh peningkatan pengiriman smartphone dan tablet PC di seluruh dunia. Selain itu, depresiasi won sangat menguntungkan eksportir Korea untuk meningkatkan daya saing mereka terhadap produsen Jepang di pasar global.

Sementara LG Chem dari Korea berhasil mempertahankan peringkat ketiga dengan 16,0 persen, turun 0,2 poin persentase. Sony diperingkat keempat dengan penurunan sebesar 0,8 poin persentase. Dan produsen asal China terus memperluas kehadiran mereka, dimana pangsa pasarnya kini 19,7 persen, naik 2,0 poin persentase.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar