Jumat, 08 Februari 2013

Samsung dirikan pabrik handset terbesar dunia di Vietnam


Samsung Electronics akan membangun pabrik kedua untuk memproduksi handset seperti smartphone dan tablet di utara Provinsi Thai Nguyen, di Vietnam. Tidak main-main, pabrik kedua ini akan menjadi yang terbesar yang didirikan oleh Samsung di seluruh dunia.

Menurut sumber-sumber di internal Samsung Electronics dan media Korea, Samsung Electronics Vietnam (SEV) baru-baru ini telah menandatangani sewa lahan untuk pembangunan pabrik dengan pengelola kawasan industri Yen Binh di provinsi Thai Nguyen. Pabrik baru ini akan lebih besar dari pabrik Samsung yang ada sebelumnya di kawasan industri Yen Phong, sebelah utara provinsi Bac Ninh yang sanggup memproduksi 150 juta unit, atau 40 persen dari total produksi handset Samsung, dan mempekerjakan 24.000 orang.

Pabrik Bac Ninh adalah yang terbesar di antara total delapan basis manufaktur yang saat ini dimiliki oleh Samsung yang beroperasi di seluruh dunia. Dengan penambahan pabrik baru di Vietnam yang lebih besar dari pabrik di Bac Ninh, Samsung praktis telah memilih Vietnam sebagai pusat manufaktur telepon seluler.

"Karena smartphone yang paling banyak diproduksi di pabrik di Vietnam telah diekspor ke Eropa dan Samsung kini naik menjadi produsen smartphone terbaik di Eropa, pentingnya basis manufaktur di Vietnam tumbuh lebih dari sebelumnya," kata seorang ahli industri di Korea.

Jumlah investasi yang akan dibuat untuk kawasan industri Yen Binh Kawasan masih yang belum ditentukan, namun diperkirakan mencapai $700 juta seperti kata salah satu pejabat Samsung sebelumnya.

Untuk mempermulus pembangunan pabrik kedua ini, sebelumnya di bulan Oktober 2012, Chairman Samsung Electronicr Lee Kun-hee telah berkunjung ke Vietnam untuk bertemu dengan Wakil Perdana Mentri Vietnam Hoang Trung Hai.

1 komentar:

Abbe Budiman mengatakan...

pemerintah Indonesia harusnya berkaca apa yg salah di negri ini sampe2 investor ogah invest di Indonesia...segera perbaiki agar Indonesia ga selamanya cuma jadi tempat jualan

Poskan Komentar