Kamis, 28 Februari 2013

Samsung dan Visa bangun aliansi global untuk pembayaran mobile via NFC


Visa dan Samsung pada hari Senin (25/2) kemarin mengumumkan sebuah aliansi global yang menggabungkan keahlian Visa dalam pembayaran dengan kepemimpinan Samsung dalam teknologi perangkat mobile - sebuah aliansi yang memiliki potensi untuk secara signifikan mempercepat ketersediaan pembayaran mobile secara global.

Menurut perjanjian tersebut, lembaga keuangan yang berencana untuk meluncurkan program pembayaran mobile akan dapat menggunakan layanan Mobile Provisioning dari Visa untuk keaamanan dalam mengunduh informasi pembayaran rekening untuk perangkat Samsung yang dilengkapi NFC. Selain itu, Samsung telah setuju untuk memuat Visa payWave applet ke perangkat mobile-nya yang memiliki teknologi NFC. Visa payWave adalah mobile payment applet milik Visa yang memungkinkan konsumen untuk membuat "gelombang dan membayar (wave and pay)" buat pembayaran contactless menggunakan perangkat mobile.

"Perangkat Samsung yang telah memiliki fungsi pembayaran Visa tidak diragukan lagi menjadi penawaran produk yang kuat - terutama di pasar di mana membayar dengan perangkat mobile sudah biasa dilakukan," kata Jim McCarthy, global head of product untuk Visa Inc. "Namun, kunci untuk membuat pembayaran mobile tersedia secara luas di seluruh dunia adalah dengan menawarkan kepada institusi keuangan sebuah cara yang aman untuk jutaan smartphone dengan menyediakan informasi pembayaran rekening - dan itulah yang akan diberikan oleh Visa dan Samsung."

"Samsung telah menjadi pelopor dalam perangkat NFC dan kembali memimpin pasar dalam memungkinkan pembayaran mobile berbasis NFC. Kemitraan dengan Visa merupakan langkah menuju platform pembayaran mobile global," kata Dr Hong Won-pyo, Presiden dan Pimpinan Media Solution Center (MSC) di Samsung Electronics. "Kami percaya bahwa kami memiliki proposisi nilai yang kuat bagi institusi keuangan yang pada akhirnya akan memungkinkan pilihan konsumen dalam pembayaran NFC."

Teknologi Near Field Communication (NFC) adalah standar komunikasi global yang memungkinkan perangkat mobile untuk secara aman berkomunikasi dengan terminal pembayaran. ABI Research memperkirakan bahwa total 1,95 miliar perangkat dengan teknologi NFC akan dikapalkan pada tahun 2017. Aliansi global Visa dan Samsung adalah yang pertama dari industri diantara produsen handset NFC dan jaringan pembayaran terkemuka yang membuka jalan bagi pelaksanaan program-program pembayaran mobile berskala besar. Sebagai awal dari keterlibatan, kedua perusahaan telah sepakat untuk menyertakan:
  • Global Strategic Alliance. Visa dan Samsung telah sepakat bekerja sama untuk memungkinkan generasi berikutnya dari perangkat mobile Samsung dengan teknologi pembayaran Visa, dan bermitra dengan lembaga-lembaga keuangan untuk mempercepat ketersediaan solusi pembayaran mobile secara global.
  • Samsung akan melakukan koneksi ke layanan Mobile Provisioning dari Visa. Untuk memungkinkan lembaga keuangan untuk meluncurkan program pembayaran mobile (NFC) skala besar, Samsung akan menawarkan kepada bank kemampuan untuk memuat informasi pembayaran rekening secara over-the-air ke chip aman yang tertanam di perangkat Samsung, dengan menggunakan layanan Mobile Provisioning dari Visa yang terkait dengan Samsung KMS (Key Management System) - sebuah layanan yang menciptakan domain penyimpanan data yang aman bagi emiten.
  • Samsung diberikan lisensi global Visa payWave. Visa payWave mobile applet akan dimuat ke perangkat mobile Samsung generasi berikutnya yang telah terpilih dengan menampilkan teknologi NFC dan elemen aman yang tertanam. Perangkat ini akan siap untuk dipersonalisasi dengan informasi rekening pembayaran dari Visa - sebuah langkah sederhana yang konsumen akan dapat memulai menggunakan aplikasi pembayaran mobile yang disediakan oleh lembaga keuangan mereka.

Pada Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona, Visa akan menunjukkan Visa payWave untuk mobile dan layanan Mobile Provisioning mereka yang dapat digunakan oleh lembaga keuangan untuk secara aman memuat informasi pembayaran rekening untuk perangkat mobile Samsung yang dilengkapi NFC.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar