Kamis, 11 Oktober 2012

Selain OLED, Samsung juga kembangkan layar LCD fleksibel


Selain berbasis OLED (Organic Light Emitting Diode), tim penelitian dan pengembangan (R&D) dari Samsung Display saat ini juga sedang mengembangkan panel layar fleksibel berbasis LCD (liquid crystal display). Layar fleksibel LCD ini juga bisa ditekuk, sehingga bisa menjadi kesempatan untuk mematahkan stereotip yang ada bahwa tidak hanya backlight OLED yang bisa untuk menghadirkan layar fleksibel.

Kemarin saat berlangsungnya pameran International Meeting on Information Display (iMiD) 2012 yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 9 Oktober di KINTEX di Ilsan, Korea Selatan, Roh Nam-seok dari tim R&D divisi LCD di Samsung Display kepada wartawan yang hadir menjelaskan bahwa "Penelitian dan pengembangan layar fleksibel berbasis LCD masih akan terus dilanjutkan." Roh Nam-seok juga menambahkan bahwa "Tablet ukuran menengah dan bisa dipasang pada laptop, dimulai dengan panel LCD yang besar akan diperluas."

Layar fleksibel yang merupakan evolusi industri diprediksi akan diperkenalkan dalam 4 langkah. Langkah pertama adalah menggunakan kaca bukan plastik, dengan memanfaatkan substrat thin-film transistor (TFT) yang tahan lama dan tidak bisa dipecahkan. Langkah kedua adalah membuatnya agar bisa ditekuk. Langkah ketiga adalah membuatnya bisa digulung seperti rol blok. Dan langkah keempat atau yang terakhir adalah pengembangan agar bisa dilipat.

Yang sedang dikerjakan saat ini adalah langkah pertama yaitu membuat layar OLED fleksibel yang tidak bisa pecah. Layar jenis ini diperkirakan akan selesai paling cepat akhir tahun ini atau awal tahun depan, sedangkan untuk produksi massal dalam jumlah yang tidak terlalu besar diharapkan paling cepat pada semester pertama tahun depan.

Sedangkan tahap awal untuk layar LCD fleksibel adalah penggunaan kaca berukuran besar daripada substrat plastik, meningkatkan daya tahan, menyusutkan berat dan ketebalan dan tentunya harus anti pecah. Dan diharapkan pada tahun 2016 bisa diproduksi masal layar LCD fleksibel dari substrat kaca berukuran menengah sampai besar dengan ketebalan yang sangat tipis kurang dari 0,1mm. Selain bisa melengkung, layar anti pecah ini diharapkan juga bisa digulung dan dibengkokkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar