Laman

Senin, 29 Oktober 2012

Highlight Korea Linux Forum 2012

Semua peserta yang menghadiri Korea Linux Forum 2012 mendapat kaos dan smartphone high-end Tizen khusus untuk pengembangan aplikasi dari Samsung.

Linux Foundation untuk pertama kalinya tahun ini mengadakan Korea Linux Forum di Seoul, Korea Selatan, pada 11-12 Oktober yang lalu. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk membina hubungan yang lebih kuat antara Korea Selatan dan komunitas pengembangan Linux global.

Pembicara pertama Jim Zemlin, Direktur Eksekutif dari Linux Foundation, dengan tema "Open Source Leadership in Korea" diikuti oleh wakil presiden Samsung Park Won-joo Taman yang membicarakan tentang pentingnya Linux bagi sumber daya software buat Samsung, sponsor utama sekaligus tuan rumah untuk acara ini. Software, katanya, adalah sarana untuk membuat diferensiasi produk di pasar saat ini, dan itu adalah bagian paling penting dari setiap produk dan mendorong bisnis secara keseluruhan. Samsung tampaknya berambisi besar menjadi sebuah perusahaan software global.

Samsung memulai pengembangan Linux pada tahun 2003, dengan menggunakan distribusi dari MontaVista. Penggunaan Linux diperluas selama bertahun-tahun, seperti misalnya peralatan elektronik rumah tangga pada tahun 2005, televisi pada tahun 2006, dan seterusnya. Smartphone pertama Samsung yang berbasis Linux dirilis pada tahun 2004, dengan fitur utama kontrol dan perintah suara. Pada tahun 2007 Samsung bergabung dengan LiMo Foundation dan merilis smartphone pertama dengan OS Samsung Linux Platform (SLP) sebagai bagian dari Linux Mobile (LiMo) pada tahun 2009. OS SLP ini yang kemudian dikembangkan dan berevolusi menjadi Tizen di tahun 2011. Pada 2012, semua produk elektronik dari Samsung, mulai dari ponsel dan tablet hingga ke sistem home theater, kamera dan printer, semua didasarkan pada Linux.

Jeong Seok-jae dari Samsung Electronics saat menjelaskan arsitektur dari OS Tizen.

Sekarang, tentu saja, hampir semua upaya dari Samsung ini akan melanjutkan ke distribusi dari proyek Tizen. Anda bisa membaca slide dan material yang ditampilkan saat Korea Linux Forum 2012 berikut ini.

Tizen Overview and Architecture oleh Seokjae Jeong, Samsung Electronics.


Introduction to the Tizen SDK 2.0.0 Alpha oleh Taiho Choi, Samsung Electronics.


Tizen IVI oleh Rusty Lynch, Intel Corporation.


Berikut cuplikan video saat berlangsungnya Korea Linux Forum 2012 dari berbagai sesi yang ditampilkan, termasuk wawancara dan tanya jawab dengan Linus Torvalds.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar