Minggu, 18 Maret 2012

Ulasan game The Adventures of Tintin™: The Secret of the Unicorn


The Adventures of Tintin™: The Secret of the Unicorn adalah game yang dibuat berdasarkan pada film dengan judul yang sama yang dibuat oleh Steven Spielberg berdasarkan komik petualangan Tintin yang telah berusia puluhan tahun. Komik Tintin karya fenomenal dari HergĂ© memiliki sejarah panjang kepopuleran yang tidak perlu diragukan lagi, dan Steven Spielberg dengan kepiawaiaannya dan teknik CGI yang dibawanya telah berhasil mengantarkan film animasi 3D dari kisah petualangan Tintin ke tangga box office selama tahun 2011 kemarin. Hal ini membawa ekpekstasi yang tinggi untuk versi gamenya. Tetapi untunglah para Gameloft berhasil memenuhinya dengan berbagai kejutan luar biasa, setidaknya itu menurut pendapat saya.


Dimulai dengan Tintin yang sedang jalan-jalan di pasar dan secara tidak sengaja menemukan sebuah model kapal layar dengan tiga tiang yang fantastis. Ketika ingin melakukan pembelian, Tintin didekati dengan agak kasar oleh seorang pria bernama Ivan lvanovich Sakharine yang juga ingin membeli kapal itu. Tintin yang sangat menginginkan kapal itu menolak tawaran Sakharine yang membuatnya langsung pergi. Beberapa saat kemudian Tintin diserang dan kapalnya dicuri. Tintin merasa ada seseorang yang menginginkan kapal itu yang sengaja melakukan semua ini, dan ia bertekad untuk mendapatkan kapalnya kembali. Petualangan Tintin pun dimulai dari sini.


Petualangan Tintin dibagi menjadi beberapa bab. Bab-bab ini sebenarnya merupakan serangkaian minigames yang mengalir antar satu sama lain. Gameplay dengan genre aksi dan puzzle datang silih berganti. Awalnya Anda akan memainkan game petualangan yang sangat dasar dan linier, dan berikutnya Anda akan bermain game puzzle yang cukup menyulitkan. Sementara semua hal ini terus berlangsung, Anda akan dapat menekan koin dan potongan puzzle di latar belakang untuk dikumpulkan. Koin-koin tersebut bisa digunakan untuk membeli puzzle lagi, dan menyelesaikan puzzle-puzzle ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai karakter dalam model 3D.


Secara umum kontrol pada game ini cukup responsif, perpindahan karakter terasa sangat halus, melalui d-pad virtual pada layar. Pada awal permainan pemain akan diminta apakah mereka ingin menghidupkan kontrol gerak (motion), dan itu menurut saya sesuatu yang layak dilakukan karena ada beberapa implementasi lebih lanjut yang cerdas untuk fungsi ini di dalam permainan.


The Adventures of Tintin™ memiliki grafis yang sangat mengesankan. Semua model karakter terlihat fantastis, terutama Tintin, dan penggambaran lingkungan yang luar biasa. Sedangkan untuk akting suara juga berjalan cukup baik, sehingga semua karakter bisa menghidupkan bayangan orang seperti pada komiknya: Tintin yang terlalu sopan, dan selalu ingin tahu, Kapten Haddock yang sinis dan Thompson dan Thompson yang suka ceroboh, semua digambarkan secara akurat dan sangat menghibur.

Secara umum, Gameloft telah berhasil membawa nuansa film ke sebuah game mobile yang solid dan menghibur. Cerita yang kuat ditambah gameplay yang adiktif dan kontrol yang inovatif membuat siapa saja akan sulit menemukan kekurangan dari game ini. Semuanya itu dibalut dengan polesan grafis dan audio kelas konsol gaming sebenarnya yang tentu saja akan terlihat sangat luar biasa untuk smartphone bada Anda. Anda bisa mengunduhnya dari Samsung Apps sekarang juga untuk pengguna Samsung Wave 3 dengan gratis. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk mengubah setting pengunduhan aplikasi ke memory card dan sisakan juga minimal 2GB ruang bebas karena game ini akan memakan memori eksternal Anda sekitar 1,3GB setelah instalasi file unduhan aplikasi yang besarnya lebih dari 600MB dari Samsung Apps. Versi Java dari The Adventures of Tintin™ juga tersedia secara gratis untuk pengguna bada 1.1 di Samsung Apps.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar