Kamis, 15 Desember 2011

Samsung Group umumkan promosi eksekutif akhir tahun terbanyak sepanjang sejarah


Samsung Group pada hari Selasa (13/12) kemarin mengumumkan promosi terbanyak yang pernah dilakukan untuk jajaran eksekutif wakil presidennya untuk akhir tahun, dengan 501 eksekutif senior perusahaan yang bergerak naik jabatan di masing-masing afiliasinya.

Pejabat terkait Samsung mengatakan bahwa ini adalah perombakan manajemen terbesar untuk perusahaannya karena melibatkan 48 eksekutif wakil presiden yang baru, 127 senior wakil presiden dan 326 wakil presiden, yang bahkan lebih banyak dari promosi 490 eksekutif di tahun lalu, kata pejabat tersebut. "Kami telah memberikan penghargaan kepada orang-orang yang telah memimpin dalam pertumbuhan proyek utama kami seperti perangkat mobile, semikonduktor dan layar dan juga untuk memperkuat tenaga kerja untuk mesin pertumbuhan generasi yang berikutnya."


Promosi eksekutif di unit yang berkinerja baik ini juga sekaligus mencerminkan apa yang telah lama menjadi penekanan dari Chairman Samsung Group Lee Kun-Ketua hee: mereka yang melakukan pekerjaan yang baik dihargai sementara mereka yang tidak akan dihukum.

Promosi eksekutif di tingkat wakil presiden datang setelah chaebol (istilah konglomerat si Korea Selatan) terbesar di Korea itu mengumumkan jajaran kepemimpinan Samsung yang baru pekan lalu. Dalam reshuffle tahunan kelompok, diumumkan dua vice chairman baru dan enam presiden. Samsung Electronics memilih untuk struktur manajemen dengan kepemimpinan ganda di bawah Chairman Lee Kun-hee di akhir tahun setelah memutuskan untuk mempromosikan mantan Presiden dari Samsung Device Solutions Kwon Oh-hyun untuk menjadi Vice Chairman. Di bawah sistem baru, Vice Chairman Choi Gee-sung akan menjadi kepala divisi bisnis barang jadi (finished goods business) sedangkan Vice Chairman Kwon Oh-hyun yang baru dipromosikan akan mengambil alih bagian bisnis komponen (parts business) dari Samsung.


Dari mereka dipromosikan pada hari Selasa kemarin, eksekutif dari departemen penjualan dan pemasaran (Sales & Marketing/S&M) berjumlah 92 orang, angka tertinggi dalam promosi tahunan untuk semua divisi, sementara 89 orang lainnya berasal dari tim penelitian dan pengembangan (Research & Development/R&D). Secara khusus, divisi R&D dan S&M paling diuntungkan dari promosi terbaru dengan harapan untuk bisa meningkatkan daya saing Samsung dalam hal pencapaian teknologi dan menjadikan Samsung sebagai merek global yang disegani.

Secara khusus, divisi komunikasi mobile Samsung Electronics kini memiliki jajaran eksekutif yang paling banyak untuk tujuan menguasai pasar smartphone global. Hingga saat ini telah dipromosikan 34 eksekutif termasuk tiga presiden eksekutif, sembilan direktur eksekutif, dan 22 direktur pelaksana untuk divisi mobile ini. Group S, adalah sebuah kelompok baru yang diciptakan oleh Chairman Lee untuk meningkatkan kekuatan software Samsung, telah menghasilkan 24 eksekutif.

Banyak yang dipromosikan tanpa memandang usia, latar belakang akademis dan senioritas. Meskipun senioritas kurang, sebanyak 77 karyawan telah dinaikkan jabatannya dari total 501. Secara khusus, Yoon Jang-hyun, mantan manajer senior di Samsung Electronics, melompat tiga tahun untuk menjadi direktur eksekutif untuk mengembangkan platform software yang unik untuk Samsung. Ia menerima promosi sebagai pengakuan atas kontribusinya untuk mengembangkan "Samsung Linux Platform", sebuah platform software milik Samsung yang digunakan di berbagai perangkat elektronik. Dari sini dapat kita lihat bahwa Samsung sangat serius dalam mengembangkan platform software mereka sendiri untuk bisa segera mandiri tanpa menggunakan platform luar.

Jumlah promosi antara karyawan dengan ijazah sekolah tinggi meningkat menjadi enam, naik dari dua tahun lalu. Kim Joo-nyun, yang memulai karirnya di sebuah pabrik Samsung di tahun 1986 setelah menyelesaikan sekolah tingginya, mendapat promosi dua tahun lebih awal menjadi wakil presiden setelah menerima penghargaan kehormatan Samsung sebanyak dua kali untuk mengembangkan perangkat mobile yang dilengkapi dengan user interface baru dan layar AMOLED untuk memperkuat posisi Samsung di pasar smartphone global. Seperti kita tahu Samsung memiliki user interface TouchWiz untuk semua perangkat genggamnya, khususnya yang berbasis platform software milik mereka sendiri.

Sejumlah perempuan juga termasuk dalam daftar promosi di bulan Desember ini. Shim Sue-ok, 49 tahun, menjadi eksekutif perempuan yang pertama kalinya untuk Samsung Electronics yang menjabat sebagai wakil presiden. Shim sebelumnya telah menjabat sebagai wakil presiden senior di departemen pemasaran global. Dikenal karena keahlian pemasarannya, dia telah menerapkan metode ilmiah untuk pemasaran dan memiliki pengalaman kerja sebelumnya di P&G, sebuah produsen barang rumah tangga multinasional.

Shim Sue-ok dan Istvan Facsko
Selain Shim, delapan eksekutif perempuan di lima anak perusahaan, seperti Samsung Electronics, Samsung SDS, Samsung Securities, Cheil Industries dan Cheil Worldwide, juga ikut dipromosikan sebagai wakil presiden. Dari jumlah tersebut, tiga wakil presiden baru Kim Ki-seon di unit elektronik, Kim Jung-mil di Cheil Industries dan Oh Hye-won di Cheil Worldwide. Kim Ki-seon mengawasi peluncuran tablet terbaru Samsung. Kim Jung-mil berada di balik keberhasilan merek fashion Samsung, Kuho, dan Oh Hye-won bertanggung jawab untuk seri iklan dari Samsung Smart TV yang menampilkan aktor Hyun Bin. "Sebuah era  eksekutif wanita yang telah tiba di Samsung. Upaya kami untuk meningkatkan staf perempuan berbakat akhirnya berbuah," kata seorang pejabat terkait dari Samsung.

Selain itu, delapan orang asing (non-Korea) juga termasuk dalam daftar promosi. Istvan Facsko dari kantor Samsung Electronics di Hungaria dipromosikan menjadi direktur eksekutif dan Farooq Khan diposisikan sebagai wakil presiden dan kepala laboratorium Samsung Electronics di Dallas, Texas, Amerika Serikat.

Di antara pemenang penghargaan kehormatan, yang bisa disebut Hadiah Nobel dari Samsung, Ha Sang-rok dari Samsung Electronics dan Oh Yo-an dari Samsung SDI juga dipromosikan dari direktur eksekutif menjadi direktur pengelola. Lee Tae-gon dari Samsung Electro-Mechanics menjadi direktur eksekutif.

Samsung Group juga tanpa ragu-ragu menunjuk penasihat Samsung Card Kim In-joo sebagai presiden dari Samsung Futures sebagai tindak lanjut dari reshuffle presiden pada tanggal 7 Desember kemarin. Sebagai seorang tokoh kunci dalam Samsung finances bersama dengan penasihat Samsung C&T Lee Hak-soo, Kim selalu berada di garis depan sejak penyidikan jaksa ke Samsung pada tahun 2008. Sebuah sumber dari Samsung Group mengatakan, "Kami memilih dia setelah pertimbangan panjang yang diberikan berdasarkan latar belakangnya di bidang keuangan dan kompetensinya yang telah teruji."

Lee Boo-jin dan Im Woo-jae
Mantan direktur pengelola Samsung Electro-Mechanics Im Woo-jae, yang merupakan menantu dari Chairman Lee dan suami dari Lee Boo-jin, putri Chairman Samsung sekaligus presiden dari Shilla Hotel, salah satu anak perusahaan Samsung Group, menjadi wakil presiden.

Sementara itu, Samsung Electronics juga memilih 12 master, yang merupakan firma riset dan ahli pembangunan, sejalan dengan perombakan manajemen tahunan. Kebijakan master, yang diperkenalkan pada tahun 2009, memungkinkan karyawan yang dipilih untuk sepenuhnya berkonsentrasi pada penelitian mereka yang berfokus pada array topik seperti teknologi terkait paten, konstruksi sistem hemat energi dan integrasi logic process.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar