Rabu, 28 Desember 2011

Kilas Balik Peristiwa di tahun 2011 (bagian 1)


Selama tahun 2011 begitu banyak peristiwa yang terjadi berkaitan dengan perkembangan platform bada. Menyambut akhir tahun 2011 dan tahun baru 2012, bada Indonesia mencoba menampilkan ringkasan beberapa peristiwa penting yang terjadi selama setahun ini. Rangkaian kilas balik ini akan diturunkan dalam dua artikel yang berhubungan.

Januari 2011


Situs berbahasa Rusia, DIGITAL, mengumumkan deretan gadget terbaik berdasarkan pilihan dari konsumen. Dalam video dibawah ini menunjukkan beberapa kategori gadget dengan para pemenang, tapi secara pribadi, saya tertarik hanya dalam satu kategori "Smartphone Terbaik", yang dimenangkan oleh Samsung Wave 525 yang menjalankan OS bada 1.1. Konsumen di Rusia mungkin menyukai Wave 525 sebagai smartphone bada termurah saat ini, tetapi tidak kehilangan sentuhan sebuah "smartphone sebenarnya" seperti produk mahal lainnya yang berkelas.




Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa update bada 1.2 akan hadir pada awal 2011 (atau tepatnya kuartal pertama 2011) yang terlebih dahulu akan tersedia untuk pengguna Samsung Wave di Eropa. Situs SamFirmware telah melaporkan kalau upgrade bada 1.2 sudah tersedia di beberapa negara Eropa melalui Kies untuk pengguna Samsung Wave. Setelah Eropa, update berikutnya akan akan meluncur ke Asia. Beberapa pengguna Samsung Wave di Vietnam juga melaporkan bahwa mereka sudah mendapat update bada 1.2 lewat Kies.


SK Telecom, operator seluler terbesar di Korea, akan meluncurkan Samsung Wave II yang berjalan pada sistem operasi mobile milik Samsung, di Korea pada awal pekan ini. Wave II akan menjadi model pertama yang diperkenalkan di pasar lokal yang berjalan pada platform bada yang telah dikembangkan oleh Samsung lebih dari setahun yang lalu.

"Kami benar-benar telah mempersiapkan peluncuran Wave II di Korea, mengingat Wave II telah dirilis di Eropa," kata seorang pejabat Samsung.


Pengguna layanan Social Hub di Indonesia sekarang bisa dengan mudah dan intuitif memenuhi semua kebutuhan komunikasi yang relevan dari satu pengalaman pengguna yang terintegrasi. E-mail, instant messaging, konten jejaring sosial, dan konten kalender dari semua penyedia layanan utama yang tersedia akan bisa dinikmati secara real-time tanpa aplikasi tersendiri maupun layanan tambahan lainnya.


Februari


NDrive dan Sygic, dua penyedia aplikasi navigasi on-board terkemuka, telah merilis aplikasi navigasi terbaik mdreka untuk ponsel bada. Aplikasi Navigasi GPS ini sudah tersedia di Samsung Apps, tetapi tidak semua negara telah didukung. Penambahan dua aplikasi navigasi dari dua vendor penyedia software GPS ini setidaknya memberikan variasi pilihan disamping Samsung LBS/Route66 sebagai produk default dari smartphone bada.


"Dengan handset Samsung Wave 578, kami akan memberikan inovasi terbaru dalam industri mobile yang berjalan pada platform bada. Peningkatan dalam hal konektivitas, desain, dan pengalaman bersosial telah diaktifkan oleh handset ini, yang merupakan komitmen Samsung untuk mendemokratisasi pasar smartphone dan menyediakan akses ke pengalaman dan konten yang kaya kepada penggunanya di seluruh dunia," kata JK Shin, Presiden dan Kepala Bisnis Komunikasi Mobile dari Samsung.


Samsung baru saja mengumumkan versi terbaru dari platform bada dalam acara bada Developer Day yang diadakan disela-sela perhelatan akbar kongres mobile sedunia (MWC) 2011 yang diadakan di Barcelona, Spanyol. Platform bada 2.0 menjanjikan serangkaian pembaruan yang membawa dukungan untuk Near Field Communication (NFC), aplikasi berbasis web dengan HTML5, JavaScript Framework dan WAC, penerapan sistem multitasking yang lebih kompleks, user interface baru yang lebih hidup, diantaranya dengan adanya animasi flash lock-screen, fitur pengenalan suara, Adobe Flash Lite 4 (Adobe Flash Player 10), Open AL 3D Sound, Music Hub, Game Hub, dan masih banyak lagi.


Pada tanggal 17 Januari 2011 yang lalu di Beijing, China, Samsung menyelenggarakan malam penganugerahan pemenang bada Developer Challenge untuk wilayah regional China yang dimenangkan oleh pengembang GoodTeam Studio asal Chengdu. GoodTeam dengan aplikasinya yang berjudul Empire Defense berhak atas hadiah uang sebesar 1 juta Renminbi. Empire Defense sendiri adalah game strategi bertema tower defense yang saat ini sudah bisa diunduh di Samsung Apps. GoodTeam sebagai pengembang juga melaporkan bahwa sejauh ini perkembangan aplikasinya cukup menggembirakan dan telah diunduh sebanyak 300 ribu kali lebih dari Samsung Apps sejak pertama dirilis.



Maret


Samsung secara resmi akhirnya mengijinkan pembuatan aplikasi VoIP untuk smartphone bada. Kemarin Samsung Apps Seller Office Team telah mengirimkan email pemberitahuan ini kepada para penjual aplikasi untuk Samsung Apps yang telah terdaftar secara resmi di database mereka. Tapi tidak semua negara diijinkan untuk mengimplementasikan aplikasi yang menyediakan sistem komunikasi yang mentransfer sinyal suara melalui internet atau jaringan berbasis IP lainnya. Kabar gembiranya di antara negara-negara yang diperbolehkan untuk menggelar layanan VoIP tersebut, Indonesia termasuk didalamnya.


Samsung Electronics Co, Ltd hari ini mengumumkan bahwa Samsung Apps, toko aplikasi untuk mobile & TV, telah mencapai 100 juta unduhan aplikasi sejak layanan ini dimulai dengan smartphone Samsung Wave (GT-S8500) pada bulan Juni 2010.

Samsung Apps telah tumbuh dengan pesat sejak diluncurkan; mencapai 10 juta unduhan dalam waktu tiga bulan pertamanya, dan meroket menjadi 100 juta unduhan pada bulan Maret, hanya sepuluh bulan setelah toko ini dibuka secara resmi. Lebih dari 13.000 aplikasi sekarang tersedia di pasar, yang berarti peningkatan enam kali lipat sejak hari pertama toko aplikasi ini dibuka.


April


PT. Samsung Electronic Indonesia baru-baru ini telah meluncurkan seri Smart TV terbaru yang di gelar di Ritz Carlton, Pasific Palace, Jakarta (30/03/2011). Tak hanya kemampuan yang lebih cerdas, ketiga rangkaian Smart TV menawarkan gaya yang elegan dan minimalis, dengan sukses mengurangi ukuran bingkai TV hingga 80 persen. Merilis tiga seri sekaligus, yakni D8000, D7000 dan D6600, Samsung mengklaim seri ini sebagai Smart TV pertama di Tanah Air.


Samsung Apps baru-baru ini telah mengirimkan email kepada penjual aplikasi bahwa mulai dari tanggal 28 April yang lalu mereka telah memperluas daftar negara yang bisa menikmati pembelian aplikasi melalui Premium SMS. Hingga saat ini sudah ada 14 negara yang didukung oleh metode pembayaran ini, yaitu termasuk Austria, Denmark, Finlandia, Jerman, India, Indonesia, Norwegia, Swedia, Thailand, Inggris, Ukraina dan Vietnam. Selain itu Samsung Apps juga menambahkan daftar negara yang telah dijangkau oleh aplikasi berbayar menjadi 43 negara.


Virgin Mobile Prancis mulai akhir Maret kemarin telah menjual Samsung Wave 575 edisi Hello Kitty dengan berbagai paket harga penjualan yang menarik disesuaikan dengan keinginan masing-masing konsumennya. Selain didesain khusus, produk ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik khas karakter Hello Kitty, diantaranya tema Hello Kitty, animasi Hello Kitty yang keluar waktu menyalakan dan mematikan ponsel, 3 ringtone Hello Kitty, 12 walpaper Hello Kitty, hingga aplikasi dan game yang khas Hello Kitty.



Mei


Samsung Electronics telah merilis Premium Smart TV (D9500) dengan layar 75-inci. Sebagai produk high-end di jajaran produk Samsung Smart TV, D9500 adalah yang terbesar dalam hal ukuran, paling jernih dalam hal definisi layar, dan terbaik dalam hal kinerjanya. Perangkat ini akan membuka dunia baru yang paling menarik dari seluruh visualisasi 3D yang memukau dengan layar 75-inci nya yang merupakan ukuran layar 3D terbesar di dunia. Samsung D9500 juga sudah dioptimalkan secara luar biasa dengan “Secret Design” untuk kesempurnaan yang lebih besar daripada pengalaman 3D yang sesungguhnya. Sekarang Anda bisa menikmati semua kesenangan dari film, game, browsing-web, SNS (layanan jejaring sosial), dan segala sesuatu yang bisa Anda bayangkan lainnya dalam layar 3D 75-inci yang menakjubkan.


Kaskus hari ini menghadirkan aplikasi resminya di Samsung Apps untuk pengguna smartphone bada. Aplikasi yang masuk kategori jaringan sosial ini bisa menjadi penghubung bagi anggota forum Kaskus, dimanapun berada karena menyediakan hampir semua fitur yang dimiliki Kaskus, mulai dari semua forum yang ada hingga kemampuan untuk saling berkirim pesan pribadi antar anggota Kaskus.


Dominic Sunnebo, Consumer Insight Director - Global, Kantar Worldpanel ComTech menjelaskan: "Pertumbuhan bada yang sangat cepat adalah berita besar bagi Samsung. Percepatan volume penjualan ini telah menghapus ketergantungan pada OS yang dikembangkan di luar kontrol produsen. Sebagai contoh, misalnya di Perancis handset Android hanya menempati 57% dari keseluruhan smartphone yang ditavarkan oleh Samsung, dibandingkan dengan 84% untuk LG dan 91% untuk Sony Ericsson.”


Samsung Electronics Co Ltd hari ini mengumumkan bahwa Samsung Apps TV, toko aplikasi pertama di dunia untuk televisi, telah melewati lima juta pengunduhan secara global, dimana aplikasi video online menduduki puncak daftar aplikasi yang paling banyak diunduh secara global dan regional. Memimpin di peringkat pertama adalah aplikasi resmi YouTube™, yang digolongkan sebagai aplikasi yang paling sering diunduh secara global, baik itu di Amerika Serikat, Inggris dan sejumlah negara lain di seluruh dunia.



Juni


Samsung Apps Seller Office, tempat yang memungkinkan para pengembang untuk mempublikasikan aplikasi yang dikembangkannya untuk Samsung Apps, mengumumkan akan mereorganisasi layanan mereka untuk kearah yang lebih baik. Reorganisasi ini dilakukan oleh Seller Office untuk memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada penjual aplikasi setelah menanggapi banyaknya umpan balik yang mereka terima. Akibat dari keputusan ini, akan ada beberapa fungsi yang ditambahkan dan diperbaiki.


Layanan video streaming 3D yang diluncurkan oleh Samsung pada bulan Maret kemarin, telah mendapatkan popularitas yang sangat besar, dengan lebih dari 1 juta tampilan halaman yang telah ditonton hingga saat ini.


Setelah Hello Kitty, smartphone bada kembali dipercaya untuk membawa nama merek kelas dunia lainnya. MTV Prancis bekerjasama dengan SFR minggu yang lalu telah meluncurkan smartphone "Samsung Wave 575 MTV." Ini adalah ponsel keenam yang dirilis oleh MTV dan sekaligus sebagai smartphone MTV pertama di dunia. MTV menyebut Wave 575 MTV sebagai smartphone layar sentuh 3G yang didekasikan untuk penggunaan multimedia yang maksimal. MTV sendiri telah bermitra dengan SFR sejak tahun 2006.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Lalu bagaimana realisasi bada 1.2? apakah OS bada 1.1 masih mungkin diupgrade ke 1.2 pada gadget yg sudah ada di costumer??

Ryo Jin mengatakan...

Bada 1.2 sejak awal memang hanya untuk handset yang berlayar WVGA (Wave dan Wave II).

Posting Komentar