Selasa, 20 September 2011

Panduan berjualan aplikasi di Samsung Apps


Buat Anda yang merasa kesulitan menjadi seorang Penjual Aplikasi (Apps Seller) di Samsung Apps, Samsung Developers kini telah menyediakan Anda sebuah panduan all-in-one untuk menjadi Penjual Aplikasi di Samsung Apps. Pergi ke Seller Office, kirim/dapatkan sertifikasi untuk aplikasi Anda dan dapatkan keuntungan besar di Samsung Apps!

0. Pendahuluan

Setelah pengembangan aplikasi Anda selesai, langkah berikutnya adalah mempublikasikan aplikasi Anda pada Samsung Apps. Berikut ini penjelasan untuk apa yang terjadi ketika Anda mendaftarkan aplikasi Anda di Seller Office dan beberapa tips penting untuk mempermudah proses penerbitan aplikasi Anda.

1. Pergi ke Samsung Apps Seller Office


Anda dapat mengakses menu registrasi dengan mengklik [Join Now] di situs Samsung Apps Seller Office website (http://seller.samsungapps.com/). Setelah mendaftar baik sebagai private seller atau corporate seller dalam bidang "Seller Type" yang bisa ditemukan di halaman "Join Now", Anda dapat memasukkan informasi Anda sebagai penjual.


Jika Anda sudah memiliki keanggotaan baik di Samsung Apps, Samsung Mobile Innovator atau Bada Developers, Anda dapat melanjutkan pendaftaran dengan menggunakan ID anggota Anda dari salah satu situs tadi. Setelah subscription Anda selesai, Anda dapat mendaftarkan aplikasi gratis untuk didistribusikan di situs. Untuk menjual aplikasi berbayar, Anda harus masuk ke dalam status commercial seller. (Untuk informasi lebih lanjut tentang status registrasi sebagai commercial seller, kunjungi Samsung Apps Seller Office).

2. Pengajuan Aplikasi Anda

Ketika Anda mendaftarkan aplikasi Anda ke Samsung Apps Seller Office, Anda perlu mengikuti proses di bawah ini.

- Proses Pengajuan Aplikasi (Secara Umum). Hanya tiga langkah yang diperlukan untuk mengirimkan sebuah aplikasi. "Basic Information" berisi device, category dan binary data. "Display Information" adalah apa yang Anda inginkan untuk dilihat oleh konsumen Anda, dan akhirnya ada tingkatan "Final Review" dari proses pengajuan.


- Proses Pengajuan Aplikasi bada



Ketika Anda mendaftarkan aplikasi bada Anda ke Samsung Apps, Anda harus mengikuti proses tambahan dari Samsung yang dibutuhkan. Kunjungi situs bada Developer (http://developer.bada.com) dan mengunduh file manifest.xml untuk aplikasi Anda pada bagian [My application].

3. Dapatkan Sertifikasi untuk Aplikasi Anda

Selanjutnya, aplikasi Anda akan melalui proses sertifikasi. Jika aplikasi Anda ditolak (di-reject) sebelum tersedia untuk dijual, Anda dapat memiliki aplikasi Anda kembali untuk diperiksa tanpa perlu meng-upgrade versinya. Namun, jika aplikasi Anda sudah tersedia untuk dijual dan kemudian ditolak, Anda harus terlebih dahulu meng-upgrade versi aplikasinya sebelum meminta pemeriksaan ulang. Untuk informasi lebih rinci silakan merujuk ke Panduan Penerbit di situs Samsung Apps Seller Office.


Dan hal penting yang perlu diingat adalah bahwa jika Anda ingin merevisi dan mengirim ulang aplikasi Anda untuk pemeriksaan ulang, JANGAN HAPUS aplikasi dari daftar aplikasi di Seller Office. Pergi ke Seller Office > Applications, dan klik tombol [View] untuk aplikasi yang ditolak dalam daftar aplikasi Anda. Periksa alasan penolakan dan kemudian daftarkan ulang.

4. Upgrade aplikasi Anda

Anda tentu saja dapat meng-upgrade versi aplikasi yang saat ini sudah terdaftar, di Seller Office. Pergi ke Sales Status, pilih aplikasinya dan klik tombol [Edit Application] pada halaman Application Details. Langkah-langkah dari sini adalah sama seperti ketika Anda pertama kali mendaftarkan aplikasi Anda.


Catatan bahwa ini merupakan versi upgrade yang berkaitan hanya untuk aplikasi Anda yang terdaftar di Seller Office. Versi upgrade untuk aplikasi di bawah My Applications di bada Developers hanya berhubungan dengan aplikasi yang terdaftar di bada Developers dan bisa diupgrade ke development version. Dua versi tidak sesuai. Untuk meng-upgrade aplikasi bada Developers Anda, ikuti panduan di Samsung Apps Seller Office.

5. Promosi/Monetize

Promosi untuk aplikasi Anda sangatlah penting, dengan aplikasi terbaik yang Anda hasilkan maka secara alami akan naik ke puncak daftar aplikasi yang paling banyak diunduh. Saat peluncuran, sangat penting untuk memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia untuk mempromosikan aplikasi Anda sebanyak mungkin. Dengarkan masukan konsumen dan teman-teman Anda, yang mungkin merekomendasikan hal-hal apa saja yang perlu diupgrade untuk versi berikutnya, mengidentifikasi bug yang ada atau permintaan akan fitur tambahan yang mungkin bisa Anda kenakan biaya untuk itu. Luangkan waktu untuk menyiapkan banner dan materi kampanye iklan lainnya, sehingga Anda dapat menyebarkan berita dari aplikasi Anda melalui jaringan sosial, daftar email, teman-teman dan keluarga. Anda juga dapat membuat dan mengirimkan bahan pemasaran untuk mendukung aplikasi Anda sendiri.


Model harga yang berbeda memungkinkan Anda untuk memiliki kebebasan yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika Anda memasarkan aplikasi Anda. Seorang pengguna dapat mengunduh versi gratis yang dibuat terbatas dari aplikasi Anda, versi yang didukung sedikit iklan atau penuh atau versi lengkap dengan harga premium. "Freemium" adalah cara yang bagus untuk menarik minat konsumen yang mungkin ingin mencoba aplikasi Anda sebelum mereka membelinya.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang model-model harga ini dalam artikel di "Getting Started" (http://developer.samsung.com/start.do)

6. Kesimpulan

Samsung telah mencoba untuk membuat penjualan aplikasi Anda melalui Samsung Apps dengan semudah mungkin dan percaya bahwa dengan sedikit persiapan sebelum Anda mengirimkan aplikasi Anda untuk di-review, proses ini biasanya harus lengkap dalam beberapa hari. Jika Samsung menemui masalah dengan aplikasi Anda ketika mereka melakukan review akhir, samsung akan memberitahu Anda, dan berusaha melakukan yang terbaik untuk membantu Anda dalam menyelesaikan segala persoalan yang Anda jumpai. Jika Anda membutuhkan informasi tambahan, panduan "getting started" akan memberikan beberapa langkah yang disarankan untuk membantu proyek Anda berlangsung sukses dari proses pengembangan hingga sampai ke toko aplikasi. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, silakan cek developer.bada.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar