Sabtu, 06 Agustus 2011

The Settlers, Game RTS berbasis PC untuk smartphone bada


Anda penggemar game PC pasti mengenal game-game bergenre real time strategy (RTS) seperti Age of Empires, Command & Conquer, maupun Warcraft. Game-game RTS ini memiliki ciri khas berupa permainan perang yang terdiri atas pembangunan kekuatan/negara, pengumpulan sumberdaya, serta pembangunan dan pengaturan pasukan-pasukan tempur. Disebut strategy karena jenis permainan ini melibatkan pengaturan perang tingkat strategis misalnya pasukan, peperangan, dan diplomasi. Meskipun militer merupakan aspek dominan dalam RTS, tetapi game RTS juga melibatkan aspek lain seperti ekonomi, pembangunan, dan diplomasi suatu negara.


Dikembangkan oleh oleh Gameloft di bawah lisensi eksklusif dari Ubisoft, The Settler diklaim sebagai game bergenre RTS berbasis PC pertama yang hadir pada smartphone bada. Seperti yang diharapkan, Gameloft telah melakukan pekerjaan yang mengesankan dengan visualisasi dalam The Settlers. Dari animasi bangunan hingga aksi tiap individu, The Settler memberikan pengalaman tontonan yang menyenangkan. Bahkan ketika kupu-kupu beterbangan kesana-kemari, binatang hutan berlarian mencari makan atau ombak menerjang tepi pantai semuanya divisualisasikan secara alami. Untuk lebih memperdalam suasana dan pengalaman dalam bermain game ini, Gameloft juga telah menambahkan berbagai efek suara, baik ketika burung-burung berkicau maupun berbagai suara dalam pertempuran.


The Settlers dihuni oleh masing-masing suku Roman (Romawi), Viking dan Mayan (Maya) dengan tiap suku memiliki serangkaian misi berbasis campaign. Game ini terlebih dulu akan membawa Anda melalui tutorial yang cukup panjang untuk membiasakan Anda untuk mode lanskap dan penggunaan kontrol yang tersedia. Sayangnya, mode free play tanpa terikat misi tertentu tidak ada, dan tiap misi yang diberikan akan mengambil waktu yang cukup lama untuk dilesaikan. Untungnya misi yang telah terbuka/diselesaikan dapat diulang kembali setiap saat. Penyimpanan otomatis hingga 5 slot juga disertakan buat Anda yang ingin berhenti tiap saat dan ingin meneruskannya dilain waktu tanpa harus mengulang lagi dari awal.


Kontrol dalam permainan ini cukup sederhana, dan menurut saya telah dipersiapkan dengan baik. Di kanan bawah Anda akan menemukan tombol “Buildings”. Menekan tombol ini akan memunculkan opsi “Build Menu” dan dari sini Anda dapat memilih jenis struktur yang Anda ingin bangun. Setelah Anda memilih bangunan yang diinginkan, maka tanah didepan Anda akan menjadi semacam objek yang bisa digerakkan agar Anda bisa memilih lokasi yang diinginkan untuk mulai membangun bangunan Anda. Sekarang Anda dapat duduk santai dan menonton mereka mulai membangun untuk Anda. Jika proses ini menjadi sedikit terlalu membosankan, Anda dapat mempercepat aksi dengan menekan tombol “fast forward” di kanan atas. Setelah bangunan selesai, Anda dapat menekannya untuk menampilkan serangkaian opsi dan data statistik bangunan, seperti misalnya bangunan peleburan emas akan menunjukkan berapa banyak yang diproduksi, sementara menara akan menunjukkan jumlah pasukan didalamnya.


Seperti game RTS lainnya, hal-hal tertentu perlu dilakukan dengan cara tertentu sebelum mampu melakukan sesuatu yang lain. Misalnya, untuk memanfaatkan sumber daya seperti emas, Anda harus merekrut ahli geologi, mengirim mereka untuk memilih lokasi, membangun sebuah tambang emas dan pabrik peleburan emas untuk prosesnya. Dalam banyak kasus, Anda akan perlu memiliki alat yang dibuat seperti sekop dan beliung sebelum para settlers dapat melanjutkan pekerjaan mereka.


Setiap saat dalam permainan Anda dapat menghentikan gameplay sementara dengan menekan tombol pause di sebelah kiri atas. Ada juga fungsi zooming untuk memperbesar gambar bila Anda ingin melihat lebih detil, walaupun kenyataannya semakin diperbesar akan semakin mengurangi kualitas gambar sehingga akan terlihat semakin pecah.


Pertempuran bisa menjadi salah satu yang menyenangkan seperti ketika Anda merekrut pasukan, melatihnya dan kemudian menonton mereka bertarung. Tapi perlu diingat, selain mengarahkan arah gerakan pasukan, tidak ada kontrol taktis yang bisa Anda lakukan selama pertempuran. Selain magic, ada mesin perang yang tersedia berdasarkan suku. Diantaranya suku Romawi memiliki catapult, suku Maya memiliki firespitters Maya, dan suku Viking memiliki kapal perang, yang masing-masing bisa membuat kerusakan yang cukup fatal terhadap pihak musuh selama pertempuran.


Game ini bisa dikatakan cukup membuat ketagihan, dengan melibatkan Anda sebagai pemain yang harus terus-menerus mengawasi wilayah kekuasaan suku Anda, sambil memperhatikan kelangsungan hidup penghuninya. Dengan visualisasi grafis dan audio yang bagus dan terasa pas, The Settler adalah game yang direkomendasikan buat mereka-mereka yang suka mengolah strategi untuk memenangkan permainan dan tidak banyak memang game mobile yang dibuat sangat kompleks dan indah seperti game ini. Anda pengguna smartphone bada 1.2 bisa mengunduhnya sekarang juga melalui Samsung Apps, dan untuk sementara bisa melupakan game-game lainnya.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar