Rabu, 22 Juni 2011

Samsung kenalkan Smart Fridge, kulkas cerdas dengan layar LCD dan beragam aplikasi


Sebelumnya Samsung telah memperkenalkan berbagai perangkat elektronik cerdas seperti ponsel (seri Wave), Televisi (Smart TV), Blu-Ray Player dan Home Theater yang menjalankan platform buatan mereka sendiri. Gadget-gadget ini dihubungkan melalui fitur seperti All Share, remote universal dan toko aplikasi yang sama – Samsung Apps – dalam konsep “The Future of Home Entertainment.” Untuk melengkapi deretan perangkat cerdas yang sudah ada, Samsung baru saja memperkenalkan Smart Fridge, sebuah lemari es yang cerdas karena bisa menjalankan aplikasi yang berbeda.

Smart Fridge hadir dalam dua model yang berbeda: satu dengan dua pintu vertikal, dan satu dengan dua pintu vertikal di bagian atas dan dua laci di bawah. Apa yang membedakan kulkas ini dengan kulkas yang lain adalah bahwa tepat di atas dispenser ada layar LCD 8-inci yang mendukung konektivitas Wi-Fi dan menampilkan total delapan aplikasi: Memo, Photos, Epicurious, Calendar, WeatherBug, AP, Pandora, dan Twitter. Beberapa aplikasi ini dikembangkan oleh Samsung sendiri dan dirancang khusus untuk memaksimalkan penggunaan lemari es, sementara untuk aplikasi baru yang lain bisa didapatkan melalui update firmware melalui OTA. Smart Fridge belum mendukung toko aplikasi Samsung Apps karena memang belum ada pengembang yang khusus membuat aplikasi untuk kulkas. Tapi tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang akan dilengkapi dengan toko aplikasi terintegrasi.


Layar sentuh yang digunakan berjenis resistif, bukan kapasitif. Tapi menurut saya ini malah lebih menguntungkan, karena semua fungsi dan aplikasi yang ada memang tidak membutuhkan banyak gesekan, hanya menekan. Dan dengan layar resistif berarti Anda dapat memanfaatkan media apapun untuk berinteraksi dengan layar, seperti sarung tangan atau gagang sendok, sehingga Anda tidak akan menyebabkan layar kotor dengan tepung menempel di tangan Anda.


Untuk memulai, aplikasi Photos memungkinkan Anda untuk mengunggah foto secara langsung dari Wi-Fi pada kamera atau Wi-Fi perangkat lain yang terhubung seperti ponsel, tablet, notebook, dll, dan kemudian menjalankannya sebagai tampilan slide pada layar LCD ketika itu tidak digunakan. Proses ini menggunakan software AllShare milik Samsung dan berlangsung tidak lebih dari 15 atau 20 detik dari saat gambar diambil. Aplikasi ini juga bisa untuk browsing dan mengunduh foto dari Picasa atau memori eksternal.


Aplikasi Calendar dan Memo cukup jelas fungsinya. Dalam aplikasi Memo Anda dapat mengirim tulisan memo yang telah dibuat ke homescreen, jika Anda memiliki hal penting yang harus dikerjakan atau sekedar meninggalkan pesan kepada anggota keluarga lainnya ketika Anda bersiap meninggalkan rumah untuk sementara. Sebuah keyboard virtual untuk layar sentuh akan muncul untuk mengetikkan teks baik di aplikasi Calendar dan Memo, dan Anda juga memiliki pilihan untuk input teks dengan jari Anda atau stylus di Memo, jika Anda ingin mencari sesuatu yang lebih pribadi.


Aplikasi yang paling berguna untuk kulkas, sejauh ini, adalah aplikasi Epicurious. Ini memungkinkan Anda mencari resep yang diinginkan dengan kata kunci atau dengan bahan yang tersedia, yang sangat berguna ketika Anda bingung atau kehabisan ide mau memasak apa yang sesuai dengan bahan makan yang ada di lemari es. Bukan itu saja, Anda juga dapat menelusuri melalui aplikasi ini untuk melihat semua resep yang disediakan oleh Epicurious.


Aplikasi WeatherBug seperti halnya pada smartphone bada akan membuat Anda selalu up-to-date dengan kondisi cuaca di luar. Tampaknya memang kurang relevan dengan lemari es itu sendiri, namun di sisi lain fungsi kulkas sebagai salah satu stasiun informasi untuk keluarga, mereka akan bisa mengetahui kondisi cuaca sekarang dan ramalan untuk yang akan datang ketika hendak bepergian atau rekreasi keluarga misalnya. Hal yang sama juga berlaku pada aplikasi AP, untuk mengetahui berita-berita teraktual ketika Anda jauh dari televisi atau surat kabar.


Dua aplikasi terakhir, Twitter dan Pandora, lebih berfungsi sebagai pelengkap. Pandora dapat berguna bila Anda membutuhkan hiburan musik dan radio saat sedang memasak, atau dalam rangka pesta kecil-kecilan dirumah. Anda dapat menambahkan stasiun yang ada melalui komputer atau perangkat mobile lainnya. Begitu juga dengan aplikasi Twitter yang dibuat untuk Anda yang tidak bisa meninggalkan aktivitas jejaring sosial Anda dimanapun berada.


Kulkas Samsung Fridge dengan model RF4289 empat pintu tersedia dengan harga $ 3499, sedangkan model RSG309 dua pintu dihargai $ 2699. Kedua kulkas cerdas ini akan dijual pertama kali di Amerika Serikat melalui toko pengecer seperti Lowe’s dan Best Buy.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar