Jumat, 01 April 2011

Samsung dan Visa Bekerjasama Menghadirkan Layanan NFC saat Olimpiade 2012


LONDON, Inggris, 31 Maret 2011 - Samsung dan Visa kemarin mengumumkan rencana untuk membawa inovasi terbaru dalam teknologi pembayaran kepada pasar sebagai bagian dari kegiatan sponsor mereka di London untuk tahun 2012. Kerjasama ini akan memungkinkan konsumen untuk bisa melakukan pembayaran secara mobile dengan menggunakan ponsel resmi Olimpiade dan Paralimpiade dari Samsung. Sebelum dan selama Olimpiade, inovasi ini jelas akan mengubah pengalaman pembayaran menjadi lebih cepat, lebih nyaman, baik di London maupun secara global, dengan menggunakan ponsel Samsung yang telah disiapkan untuk itu. Aliansi strategis baru antara Samsung dan Visa ini dirancang tidak hanya untuk perhelatan Olympiade saja, tetapi akan berlangsung seterusnya di pasar yang lebih luas paska 2012.

Samsung Electronics, Mitra Resmi Kejuaraan Olympiade Tingkat Dunia untuk Perlengkapan Komunikasi Nirkabel, dan Visa, Mitra Resmi Kejuaraan Olympiade Tingkat Dunia dan Sponsor Eksklusif untuk Layanan Pembayaran telah menggabungkan aset hak sponsor mereka dan kepemimpinan dalam teknologi untuk memastikan bahwa ponsel resmi Kejuaraan Olimpiade dan Paralimpiade yang tersedia untuk masyarakat umum akan dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan pembayaran secara mobile, yaitu lewat adanya fitur Near Field Communications (NFC) dan teknologi contactless payment dari Visa. Untuk melakukan pembayaran, pelanggan cukup memilih aplikasi Visa mobile contactless, pilih pay (membayar) dan dekatkan ponsel di depan contactless reader pada titik pembelian yang diinginkan.

Visa telah bekerja sama dengan bank dan toko pengecer di seluruh dunia untuk penerimaan dari Visa contactless card dan ponsel sebagai bagian dari sebuah industri dengan teknologi contactless payment yang telah meluas. Di London sendiri sudah ada lebih dari 60.000 lokasi di mana sistem pembayaran secara contactless payment ini telah diterima dan pembayaran contactless and electronic card payment ini akan tersedia menjelang dan selama Olimpiade 2012 dan Kejuaraan Paralimpiade Dunia. Dengan momentum untuk mengenalkan dan memperluas pembayaran via mobile secara global ini, konsumen akan bisa melakukan pembayaran dengan sistem contactless mobile payment menjelang dan selama Olimpiade berlangsung, di banyak negara dan tentunya di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Samsung dan Visa akan bekerja sama untuk menyediakan ponsel resmi Olympiade yang dilengkapi dengan fitur NFC kepada para atlet yang disponsori oleh Samsung dan Visa. Samsung dan Visa juga berencana untuk membuat ponsel yang akan tersedia bagi konsumen umum agar mereka juga bisa membelinya melalui jaringan operator mobile mereka dan distributor lainnya. Kartu SIM yang telah diaktifkan dengan layanan Visa ini tentunya juga akan akan diperlukan untuk digunakan pada perangkat yang tersedia agar bisa melakukan pembelian di berbagai toko pengecer yang memiliki sistem pembayaran secara contactless ini.


"Visa, seperti juga Samsung, kami saling berbagi visi untuk bisa memanfaatkan hak sponsor resmi kami pada kejuaraan Olimpiade dan Paralimpiade untuk bisa meninggalkan warisan yang abadi di pasar untuk bank, pengecer, operator mobile dan konsumen. Kami tidak hanya akan menghadirkan dasar baru untuk kemitraan Olimpiade, tapi kami juga berkomitmen kepada konsumen agar mereka bisa terhubung dengan teknologi pembayaran mobile untuk tahun 2012 dan seterusnya," kata Peter Ayliffe, CEO dari Visa Eropa. "Kami juga berharap dapat bekerja sama dengan lembaga keuangan dan operator seluler bersama dengan Samsung untuk membuat inisiatif ini menjadi sukses."

"Inovasi menjadi penggerak utama dalam bisnis ini untuk Visa dan pembayaran mobile yang saat ini menjadi salah satu bidang utama yang menjadi fokus kita. Olimpiade dan Paralimpiade telah memungkinkan kita untuk mempercepat tujuan bisnis kami ini dan kemitraan ini memainkan peran besar dalam mencapai semua tujuan itu," kata Mariano Dimas, Wakil Presiden Eksekutif bidang Pemasaran dan Solusi Pembayaran di Visa Eropa.

Samsung dan Visa telah berkomitmen yang akan memungkinkan konsumen untuk bisa membuat sambungan bermakna selama Olimpiade dan Paralimpiade agar mereka bisa menikmati kehidupan yang lebih baik dan lebih cerdas melalui teknologi pembayaran mobile yang terkemuka. Samsung telah menunjukkan kepemimpinannya di teknologi ponsel yang memiliki fitur NFC, karena telah merilis salah satu ponsel NFC komersial pertama di Perancis, bekerjasama dengan operator Orange pada tahun 2010 yang kemudian diikuti peluncuran Samsung Wave 578 sebagai smartphone bada pertama yang memiliki fitur NFC saat Mobile World Congress 2011 di bulan Februari kemarin.

NFC sendiri akan menjadi salah satu fitur utama dari versi terbaru bada 2.0, sehingga diharapkan semua smartphone bada yang akan datang masing-masing telah memiliki fitur ini. Seolah telah benar-benar menyiapkan segala sesuatunya untuk masa depan, Samsung sebelumnya juga telah mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan komponen chip NFC sendiri yang dilengkapi dengan memori flash. Chip NFC ini sangat cocok untuk smartphone karena mengkonsumsi daya yang sangat rendah, baik dalam mode aktif atau siaga. Konsumsi daya akan 20 persen lebih rendah dan juga akan tetap aktif walaupun ponsel kehabisan baterai. Selain bisa melakukan contactless payments, Chip NFC dari Samsung ini juga mampu membaca tag RFID.

"Sebagai pelopor dalam teknologi mobile, Samsung telah berjuang untuk perubahan jangka panjang dalam cara kita menggunakan pembayaran secara mobile. Di London tahun depan, kami akan memanfaatkan sebuah acara terbesar yang ada di bumi sebagai kesempatan yang sempurna untuk menampilkan bagaimana teknologi ini dapat membuat perbedaan yang positif bagi kehidupan manusia - memungkinkan mereka untuk merasa lebih dekat ke Olimpiade dan Paralimpiade. Perangkat dengan fasilitas pembayaran mobile ini akan tersedia di Inggris pada awalnya, dan kami berencana untuk memperluas layanan ini ke negara lain di Eropa dan di seluruh dunia dimana fasilitas pembayaran secara contactless yang tersedia dalam waktu dekat," kata Seokpil Kim, President & CEO dari Samsung Electronics Eropa.

Gyehyun Kwon, Wakil Presiden & Kepala Pemasaran bagian Olahraga Tingkat Dunia dari Samsung Electronics, menambahkan, "Ini menandai kerjasama pertama antara dua Mitra Resmi Kejuaraan Bertaraf Dunia Olimpiade London 2012. Kami sangat senang bisa bergabung dengan Visa untuk membuat Olimpiade lebih mudah diakses dan nyaman bagi semua orang. Ini sangat cocok dengan ambisi kami untuk memungkinkan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam Olimpiade melalui teknologi cerdas dari kami. "

Visa dan Samsung akan bekerja sama dengan jaringan operator selular, lembaga keuangan dan toko pengecer di seluruh dunia untuk membawa kenyamanan, keamanan dan keandalan teknologi contactless dari Visa untuk pengguna ponsel di seluruh dunia. Saat ini, pembayaran mobile dari Visa sedang diluncurkan di negara-negara di seluruh dunia termasuk Australia, Kanada, Republik Ceko, Brazil, Prancis, Hong Kong, Italia, Malaysia, Polandia, Singapura, Spanyol, Slowakia, Swiss, Turki, Inggris dan Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar