Kamis, 31 Maret 2011

Samsung Rilis Memori LPDDR2 DRAM dengan Teknologi Kelas 30nm Rendah Daya untuk Perangkat Mobile


Seoul, Korea - 23 Maret 2011: Samsung Electronics Co, Ltd, pemimpin global dalam solusi teknologi semikonduktor canggih, mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi pertama di dunia untuk solusi empat gigabit (Gb) low power double-data-rate 2 ( LPDDR2) DRAM dengan menggunakan teknologi kelas 30 nanometer (nm) di bulan Maret kemarin. Chip DRAM mobile akan membantu pasar untuk memberikan solusi yang lebih tipis, lebih ringan untuk smartphone, tablet dan perangkat mobile lainnya, dengan baterai yang lebih tahan lama, pada tingkat yang tidak bisa diraih sampai sekarang.

"Produksi massal LPDDR2 4Gb merupakan kemajuan besar bagi industri mobile, yang akan memungkinkan pelanggan OEM kami untuk bergerak cepat dalam meluncurkan perangkat mobile yang dibedakan dengan performa tinggi yang lebih baik ke pasar." kata Wanhoon Hong, wakil presiden eksekutif bagian penjualan & pemasaran memori di Samsung Electronics. "Samsung akan terus mengambil inisiatif dalam mempercepat pertumbuhan pasar dengan menyediakan produk green memory yang berperforma tinggi, high-density sesering dan sedini mungkin."

Samsung mengembangkan DRAM LPDDR2 4Gb pada bulan Desember tahun lalu dan mulai memproduksi massal awal bulan Maret kemarin. Jika dibandingkan dengan LPDDR2 DRAM 2Gb kelas 40nm sebelumnya, maka LPDDR2 DRAM 4Gb kelas 30nm ini bisa meningkatkan produktivitas hingga 60 persen.

Chip baru ini juga menggabungkan kinerja tinggi dan efisiensi energi. Kemampuan ini memberikan kecepatan transmisi data 1.066 Mbps, lebih dari dua kali lipat dari apa yang bisa dicapai MDDR hari ini, yang beroperasi antara 333 sampai 400Mbps.

Selain itu, chip ini juga memungkinkan solusi memori yang lebih tipis. Ketika membuat sebuah paket LPDDR2 1GB (8Gb) dengan chip sebelumnya kepadatan tertinggi hanya mencapai 2Gb, dimana empat chip harus ditumpuk bersama-sama. Dengan LPDDR2 4Gb yang baru ini, dengan susunan yang hanya terdiri dua chip akan mencapai densitas yang sama, sementara sekitar 20 persen akan memberikan penurunan ketebalan untuk sebuah paket memori dari 1.0mm ke 0.8mm. LPDDR2 yang baru ini juga mengkonsumsi daya 25 persen lebih rendah.


Samsung telah mulai memproduksi chip LPDDR2 4Gb berbasis paket memori 1GB (8Gb) awal bulan Maret kemarin, dan berencana untuk memproduksi paket 2GB (16Gb) yang terdiri dari empat perangkat 4Gb bulan ini untuk mengakomodasi kebutuhan yang berkembang untuk solusi DRAM mobile berkepadatan tinggi.

Samsung mengharapkan bahwa solusi berbasis LPDDR2 4Gb yang baru ini akan menguntungkan pembuat perangkat mobile saat ini ketika mereka mulai meluncurkan produk-produk kompetitif dengan menggunakan prosesor dual-core, yang membutuhkan memori ponsel dengan kinerja dan kepadatan yang lebih tinggi.


Menurut analisis iSuppli, pengiriman untuk smartphone mid-end hingga high-end akan meningkat sekitar 18 persen untuk perhitungan tahunan, dari 2009-2014. Hal ini diharapkan akan membantu ekspansi dramatis dalam penggunaan DRAM mobile, yang diproyeksikan oleh iSuppli akan tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 64 persen selama periode yang sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar