Sabtu, 22 Januari 2011

Apa itu Widget?


Menurut Samsung, Widget adalah aplikasi klien mini yang terinstal pada handset. Samsung Mobile Widgets menggunakan teknologi berbasis web (HTML + CSS + JavaScript) yang dijalankan pada TouchWiz UI untuk mengakses berbagai fungsi dari handset. Widget berada pada home screen dari handset.

Widget biasanya dirancang untuk menangani tugas-tugas sederhana seperti menyediakan interface ke situs pencarian web, melakukan perhitungan dasar, menampilkan headline berita, ramalan cuaca, tickers saham dan semacamnya. Tetapi ada juga Widget yang dapat bertindak sebagai aplikasi yang kompleks dan menyediakan beberapa fungsi sekaligus.

Widget ini lebih mudah dan cepat untuk dibuat atau dikembangkan dibanding aplikasi bada yang sesungguhnya, serta juga lebih mudah untuk diinstal pada handset. Pengguna biasanya menggunakan Widget ini untuk mengakses info/berita penting terbaru secara cepat atau melihat/mengakses status jejaring sosial terkini, langsung dari home screen.

Kelebihan Widget:

Cepat dan Mudah Dikembangkan

Proses pembuatan Widget sangat mudah dan tidak memerlukan keterampilan atau alat yang canggih. Anda cukup pergi ke situs Samsung Mobile Inovator untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana mengunduh Widget SDK.

Mudah Didistribusikan

Salah satu manfaat utama dari keanggotaan Samsung Mobile Innovator adalah akses langsung ke alat distribusi Widget yang disediakan oleh Samsung: "More Widgets" dan "Application Store". Kemudian Anda cukup pergi ke Samsung Apps Seller Office untuk  mempublikasikan Widget buatan Anda.

Menggunakan Standar Terbuka

Samsung Mobile Widget mengikuti standar dan konvensi terbuka terkait yang telah ditetapkan oleh konsorsium W3C, termasuk:
- HTTP1.1
- ECMA Script (JavaScript 1.5)
- CSS

Widget ini adalah bagian dari Samsung bada, platform mobile terbuka yang memungkinkan pengalaman pengguna yang kaya pada perangkat ponsel buatan Samsung.




2 komentar:

Anonim mengatakan...

widget di wave 525 ada beberapa yg hilang. Cara ngembalikannya gimana ya? Sudah coba di reset tapi tetep nggak muncul. Tolong dong....

Ryo Jin mengatakan...

Kalau widget bawaan ponsel bisa diupgrade ke firmware terbaru, kalau dari pihak ketiga bisa diunduh/diinstal ulang lagi widgetnya.

Posting Komentar