Senin, 06 Desember 2010

Samsung Meluncurkan Basis Ponsel Cerdas Terbaru, “bada” kepada Dunia


Samsung Bada menawarkan kesempatan yang optimal untuk para pengembang teknologi, operator mobile dan konsumen dengan pengalaman lebih beragam dari sebuah ponsel cerdas.

Jakarta, 10 Desember 2009

Samsung Electronics Co. Ltd, sebuah produsen ponsel terkemuka dunia, meluncurkan basis ponsel cerdas terbaru, Samsung Bada. Bersamaan dengan hari peluncurannya, Samsung memperlihatkan Bada SDK (Software Development Kit) untuk mitra bisnis dan menginformasikan manfaat istimewa serta kesempatan langka dari basis bada kepada para pengembang teknologi, operator mobile dan konsumen.

Samsung Bada merupakan sebuah kekuatan penggerak dalam mewujudkan visi Samsung sebagai “Ponsel cerdas untuk semua khalayak.” Untuk mencapai visi tersebut, Samsung Bada menawarkan sebuah basis ponsel yang kaya fitur untuk meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel bagi konsumen dan ekosistem mobile yang lengkap melalui program dukungan pengembang yang dapat dimanfaatkan oleh toko aplikasi maupun konsumen. Berdasarkan akumulasi keahlian Samsung dalam mengembangkan ponsel dengan teknologi terdepan, Samsung memberi kesempatan penggunanya untuk menikmati pengalaman penggunaan ponsel dengan fitur tercanggih.


"Dalam meluncurkan Samsung Bada, saya percaya bahwa Samsung akan memperkuat posisinya sebagai pemimpin yang sesungguhnya dalam industri ponsel dengan menawarkan smartphone pilihan yang lebih banyak bagi konsumen,” ujar Dr Hosoo Lee, Executive Vice President dan Kepala Media Solution Center di Samsung Electronics. "Pada saat yang bersamaan, Samsung Bada memberikan peluang yang besar bagi pengembang teknologi untuk mendapatkan aplikasi mereka ke perangkat Samsung yang tak terhitung di seluruh dunia,” tambahnya.


Samsung Bada, yang berarti Samudera dalam bahasa Korea, diartikan sebagai beragam karakteristik berikut ini:

User - interactive

Berdasarkan teknologi TouchWiz User Interface kepemilikan Samsung, basis Samsung Bada menawarkan kemudahan serta UI yang intuitif tanpa mengesampingkan efisiensi. Untuk meningkatkan kreatifitas dan interaksi penggunanya, Samsung Bada memiliki flash control, web control, sensor gerakan, kontrol fine - tuned vibration control dan face detection. Juga didukung oleh aplikasi context - aware berbasis sensor gerakan. Dengan menggunakan beragam sensor seperti akselerometer, gerakan miring, cuaca, proksimiti dan sensor aktif, aplikasi yang dapat digunakan pengembang teknologi mengimplementasikan context - aware dengan mudah.

Service - oriented

Samsung Bada membedakan posisinya dengan mendukung layanan - sentris berbagai fitur seperti jaringan sosial, perangkat sinkronisasi, manajemen konten, layanan berbasis lokasi, dan layanan perdagangan - semua didukung oleh back - end server Bada. Fitur inovatif khusus pengembang ini mendukung pengembang teknologi untuk mengimplementasikan berbagai layanan tanpa upaya tambahan.

Open and configurable

Samsung Bada memungkinkan para pengembang mengambil beragam keuntungan dari kemampuan perangkat ponsel untuk menciptakan aplikasi yang menarik dengan mudah. Aplikasi dapat menggunakan fungsi perangkat untuk membuat panggilan telepon, mengirim pesan, atau mengakses daftar kontak. Selain itu, berbagai aplikasi layanan dapat berbagi informasi seperti profil pribadi, hubungan sosial, jadwal, atau konten yang berisi konfirmasi pengguna yang praktis agar dapat memberikan pelayanan lebih personal dan perluasan layanan yang koperatif. Basis Bada yang fleksibel membuatnya mudah untuk diterapkan pada berbagai perangkat dibandingkan sistem operasi mobile lain.


Di saat yang bersamaan, Samsung juga mengumumkan serangkaian acara Developer Day yang mengambil tempat di seluruh dunia selama 2010. Terbuka untuk semua pengembang dan kegiatan awalnya akan diselenggarakan di Seoul, London dan San Francisco, dengan tambahan acara lain yang akan dilangsungkan pada tahun-tahun berikutnya.

Acara ini juga akan menampilkan informasi-informasi dari rekan-rekan pengembang Bada termasuk layanan mikro blogging, Twitter, film dan outlet rental player seperti Blockbuster, Video dan ikon pengembang permainan seperti Capcom, EA Mobile, dan Gameloft. Setiap rekan akan menguraikan visi mereka untuk masa depan aplikasi mobile dan bagaimana mereka percaya bahwa Bada akan memainkan peran penting dalam kemajuan applikasi jasa kepada khalayak yang lebih luas dalam tahun-tahun mendatang.


"Sejarah kami melibatkan mesin-mesin permainan dan mesin arcade namun kami bersemangat untuk lebih mengembangkan ke arah lain agar dapat memanfaatkan perangkat mobile dengan maksimal," ujar General Manager Divisi Bisnis Online, Yasuhiro Sumida dari Capcom. "Kami mengakui pelanggan kami tidak semua berminat terhadap permainan di rumah namun memiliki keinginan lain ketika mereka tengah berada di luar rumah dan bermain melalui perangkat yang cukup ada di telapak tangan mereka. Untuk membantu kami membuat hal tersebut memungkinkan adalah dengan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan mitra yang tepat. Dan Bada dapat diakses secara mudah dan terbuka bagi semua."

"Selamat kepada Samsung pada peluncuran Samsung Bada. Ternyata sangat menyenangkan untuk melihat salah satu handset terkemuka di dunia merangkul produsen perangkat lunak dan menyediakan layanan pada perangkat mobile dengan sepenuh hati sehingga kami berharap yang terbaik bagi mereka," ujar Luca Pagano, Vice President, EMEA Publishing, EA Mobile. "Penyatuan permainan besar pada perangkat yang tepat adalah sesuatu yang kita garap dengan sangat serius di EA Mobile dan kami sangat gembira untuk menyambut ponsel dengan kualitas tinggi bagi permainan kami di tahun 2010."

"Kami sangat gembira dapat berkolaborasi kembali dengan Samsung dan memulai permainan kami menggunakan basis Bada mobile," ujar Michel Guillemot, chairman dan CEO, Gameloft. "Dengan hampir 100 juta permainan Gameloft yang diunduh oleh pengguna Samsung di seluruh dunia, sangat jelas bahwa permainan kami pada perangkat ini telah membuat dampak yang signifikan pada konsumen selama bertahun-tahun. Dengan memanfaatkan kemampuan teknologi perangkat generasi baru, kami berencana untuk memperkaya pengalaman bermain konsumen. Samsung Bada menawarkan saluran distribusi digital baru dan menarik untuk judul Gameloft, serta outlet tambahan bagi pengguna yang mencari hiburan berkualitas tinggi."


Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi situs Bada di http://developer.bada.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar