Minggu, 12 Desember 2010

Playtomo, Layanan Social Gaming Paling Inovatif hadir untuk Smartphone bada


Perusahaan mobile game yang bermarkas di Marseille, Prancis, C4M, belum lama ini telah menghadirkan Playtomo, layanan game mobile gratis yang diikat dalam jaringan sosial melalui web. Layanan ini boleh dibilang paling inovatif saat ini dengan hanya mengandalkan pendanaan dari iklan.

"Ini adalah saluran game mobile gratis pertama yang terintegrasi ke Facebook," jelas pendiri C4M Mathieu Castelli. "Kami juga berniat untuk mendukung MySpace, Bebo dan semua jaringan sosial yang lain."

Singkatnya, Playtomo adalah aplikasi mobile dimana pengguna dapat mengunduh katalog game kasual secara gratis, dan kemudian membandingkan skor yang mereka dapat dengan teman-teman mereka, serta menggunakan fitur komunitas lainnya. C4M telah mendapat suntikan modal awal 2,5 juta euro dari firma VC Eropa Innovacom dan CM-CIC Capital Privé untuk memulai layanan ini.


Secara teknis layanan ini bisa dibilang sangat inovatif. Pertama, C4M mendapatkan pemain dengan mengirimkan aplikasi ke ponsel mereka dari dalam Facebook, yang memungkinkan C4M untuk memasukkan teman-teman Facebook mereka agar ikut Playtomo - sebuah solusi yang efektif dengan melakukan hal yang sama dengan layanan Facebook Connect technology yang masih dalam pengembangan pihak Facebook. Jadi bisa dibilang C4M telah mendahului pihak Facebook sendiri dalam hal menghadirkan inovasi yang memanfatkan layanan jejaring sosial Facebook.

"Sejak awal, kita tahu siapa saja pengguna (Facebook), jadi server-side kita dapat menandai aplikasi dengan semua informasi pribadi mereka, termasuk teman-teman mereka," kata Castelli.

Kedua, semua game diunduh dan disimpan dalam aplikasi Playtomo itu sendiri, bukan mengirimkan kepada pemain sebuah link WAP untuk mengunduh game secara terpisah. "Katalog akan tertanam," kata Castelli. "Ketika Anda mengunduh game, hanya dibutuhkan sekitar sepuluh sampai 20 detik lebih melalui jaringan 3G, yaitu sekitar waktu yang sama seperti ketika Anda harus menunggu loading game Flash di web."

Memang, game web Flash merupakan titik acuan yang jelas buat suite Playtomo untuk gaming, yang memiliki karakter seni dan animasi, meskipun Castelli mengatakan kalau mereka sebenarnya tidak memiliki nilai produksi yang tinggi pada awalnya. "Inovasi ini terletak pada layanan, bukan permainan, tapi kami ingin membuat beberapa permainan asli juga," kata Castelli. "Sangat penting untuk memiliki game-game bagus disini yang dicari-cari orang."

Selain tab untuk katalog game dan friends, ada juga tab news yang menawarkan kegiatan terbaru dari teman-teman Anda - ketika mereka punya nilai yang tinggi pada suatu game tertentu misalnya. Castelli dengan gembira juga mengakui bahwa C4M banyak dipengaruhi oleh game Facebook dari penerbit seperti Playfish dalam hal ini.

"Anda juga dapat menggunakan Playtomo secara offline," kata Castelli. "Dan Anda dapat melakukan hal-hal seperti klik pada nama seorang teman untuk mengetahui aktivitasnya saat ini dan mengirim pesan chat juga.."

"Dalam tiga tahun ke depan, web dan mobile akan bergabung untuk layanan gaming, jadi saya berharap untuk melihat portal ini akan datang secara kuat ke ponsel."

C4M punya rencana lain juga, termasuk membuka kerangka Playtomo sehingga perusahaan lain dapat membuat game untuk Playtomo. "Mari kita bilang Gameloft," katanya dengan sedikit ber-ilustrasi.


Playtomo sudah tersedia untuk semua smartphone bada, baik Samsung Wave 525, Wave 533, Wave 575 dan Wave II lewat Samsung Apps. Katalog game yang ada di aplikasi playtomo akan terus diupdate tiap bulan, jadi Anda tidak akan pernah bosan bermain game yang itu-itu saja. Mungkin saja dengan game yang baru Anda juga akan mendapat kenalan teman Facebook yang baru yang sama-sama menyukai game itu. Dan ajaklah dia atau teman-teman Anda yang lain bermain bersama untuk membuktikan siapa yang terbaik diantara kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar