Kamis, 26 September 2013

Samsung kalahkan Google dalam inovasi


Menurut sebuah survei terbaru dari konsultan ternama Boston Consulting Group (BCG), Samsung Electronics berhasil mengalahkan Google untuk mendapatkan gelar sebagai perusahaan yang paling inovatif kedua di dunia di belakang Apple. Dalam daftar "The Most Innovative Companies 2013", Samsung merebut posisi kedua dari Google, yang telah mempertahankan posisinya selama tujuh tahun berturut-turut sejak tahun 2006.

BCG telah melakukan survei menyeluruh di berbagai negara dan industri sejak tahun 2005 untuk membantu mencari tahu siapa yang paling inovatif dalam bisnis global. Dalam laporan terbaru, "The Most Innovative Companies 2013: Lessons from Leaders," lembaga konsultan ini mengungkapkan 50 perusahaan berdasarkan sampel tahun ini dari lebih dari 1.500 eksekutif internasional untuk memberi rangking sebagai yang paling inovatif. Dan Samsung menerima poin lebih tinggi dalam bagian kriteria “leadership commitment”.

"Peran kepemimpinan di bawah chairman Samsung Lee Kun-hee telah lama menjadi legendaris di pasar dalam negeri. Reputasi ini kemudian menjadi global dalam beberapa tahun terakhir setelah perusahaan telah berpindah dari keberhasilan yang inovatif menuju kesuksesan. Samsung telah melompat keatas rangking dalam survei kita dari nomor 28 pada tahun 2008 ke posisi kedua tahun ini," kata BCG. "Kepemimpinan Samsung telah dikenal luas dalam mengenali produk yang dapat mendorong penciptaan pasar baru - layar datar dan smartphone adalah dua contohnya - dan investasi besar-besaran dalam pengembangan mereka."

"Perangkat mobile populer dari Samsung Galaxy Note muncul setelah perusahaan berusaha untuk menggabungkan portabilitas dari smartphone dengan kegunaan yang lebih luas dari sebuah tablet. Hal ini menyebabkan penciptaan kategori produk perangkat mobile baru yang dijuluki sebagai 'phablet' dan itu membantu Samsung menjadi produsen ponsel No.1 secara global," kata BCG tentang salah satu inovasi yang dilakukan oleh Samsung. "Samsung kini membangun kekuatan yang berdiri pada teknologi dan berinvestasi dalam bisnis ‘life care’. Pada saat yang sama, mereka juga terus berinovasi di bidang teknologi canggih lainnya seperti solusi ‘green memory’ yang berusaha untuk meningkatkan kinerja komputasi sekaligus mengurangi konsumsi daya."


Apel sendiri telah memegang posisi teratas selama sembilan tahun berturut-turut. Untuk pembahasan selengkapnya bisa Anda lihat sendiri disini:
https://www.bcgperspectives.com/content/interactive/innovation_growth_most_innovative_companies_interactive_guide/ (Anda harus login terlebih dahulu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar