Selasa, 28 Mei 2013

Samsung kembangkan sistem navigasi satelit global untuk perangkat mobile


Samsung Electronics mulai mengembangkan generasi berikutnya dari sistem navigasi satelit global (global navigation satellite system/GNSS) untuk perangkat mobile. GNSS adalah konsep ordinat super untuk GPS dan GLONASS. GPS (Global Positioning System) yang lebih populer didasarkan pada 27 satelit milik Amerika Serikat untuk mengirimkan sinyal ke bumi dan GLONASS (Global Navigation Satellite System) pesaing GPS yang menggunakan 24 satelit milik Rusia, dan perpaduan keduanya dianggap sebagai solusi navigasi paling akurat saat ini.

"Ini adalah proyek pengembangan teknologi ‘Positioning Engine’ generasi berikutnya. Samsung akan menciptakan solusi GNSS sendiri dan juga menciptakan berbagai layanan aplikasi juga," kata seorang sumber dari industri di Korea Selatan.

Sejak Qualcomm dan produsen utama lainnya termasuk Broadcom dan NXP telah mulai merilis chipset mereka sendiri yang dapat menerima sinyal GPS dan GLONASS dari tahun 2011, sebagian besar perangkat mobile baru-baru ini menerima informasi lokasi melalui 'multi GNSS' di mana GPS dan GLONASS digabungkan. Bahkan beberapa juga telah menggunakan positioning engine milik Jepang, 'QZSS' bersama-sama dengan dua sistem sebelumnya untuk mendapatkan informasi posisi yang lebih akurat.

Solusi GNSS dari Samsung akan dinanamkan pada chipset Exynos yang akan bisa menerima informasi lokasi melalui multi-GNSS termasuk GPS dan GLONASS. Melalui proyek ini, Samsung berharap untuk bisa mengembangkan solusi GNSS sendiri di produk chipset dan perangkat mobile mereka mendatang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar