Rabu, 10 April 2013

Samsung bentuk Tim Layanan Smart TV


Samsung akan membentuk tim layanan Smart TV untuk menciptakan pasar baru yang menguntungkan. Dalam rangka mengatasi batas profitabilitas di pasar TV saat ini, raksasa elektronik Korea ini berencana untuk fokus pada pengembangan berbagai layanan TV baru yang berbasis software dengan memanfaatkan pangsa pasar global.

"Industri ini mengharapkan tim layanan akan bisa mengamankan konten secara terus menerus, yang pada gilirannya, akan membantu mereka untuk mengembangkan layanan yang bisa menciptakan nilai tambah," kata seorang sumber dari Samsung Electronics. "Bahkan jika kita menjual TV premium seperti UHD TV dan OLED TV, mereka tidak begitu menguntungkan. Dan kita tidak tahu kapan dan bagaimana pasar akan membuka. Pangsa pasar Samsung yang mencapai 30 ~ 40% akan digunakan untuk menemukan mesin pertumbuhan baru."

Jumlah penjualan Samsung menyumbang 27,7% di pasar flat TV tahun lalu, menempati peringkat puncak selama tujuh tahun berturut-turut, sedangkan pangsa di pasar TV premium tercatat lebih tinggi lagi dengan 46,2%.

Mengenai langkah terakhir Samsung untuk meningkatkan layanan buat konsumen TV-nya, beberapa analis telah berbagi pendapat mereka. Beberapa orang mengatakan Samsung akan membuat hasil yang lebih dari perkiraan asalkan menggunakan pangsa pasar yang tinggi, tetapi yang lain menyuarakan keprihatinan mereka bahwa hal itu akan sulit untuk Samsung untuk membuat sukses jika berencana untuk mendekati ke layanan baru hanya didasarkan pada pemikiran produsen hardware TV.

"Akan sulit untuk mengharapkan efek sensasional akan mengambil tempat untuk Samsung jika berencana untuk hanya mentransfer layanan konten TV dari set-top box yang ada buat Smart TV. Tapi, model yang menguntungkan akan tercipta jika smartphone Samsung, Tablet PC, Smart TV dan gadget pintar lainnya saling berhubungan untuk menciptakan lingkungan layanan baru bagi penggunanya," kata seorang sumber dari industri yang mengurusi Kekayaan Intelektual.

Bukankah untuk itu TIZEN diciptakan? Sebuah platform software yang bisa menghubungkan semua perangkat elektronik untuk membentuk ekosistem masa depan buat penggunanya. Connecting Anything with a Screen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar