Senin, 04 Maret 2013

Samsung lampaui Microsoft untuk menjadi perusahaan IT terbesar ketiga

Kepala Strategi Samsung Group Choi Gee-sung bersama pendiri Microsoft Bill Gates saat CES 2007

Samsung Electronics mencatatkan kapitalisasi pasar terbesar ketiga di dunia di sektor teknologi informasi (IT) global pada akhir tahun lalu. Menurut National IT Industry Promotion Agency (NIPA) hari ini, Samsung naik dua tangga dan menduduki peringkat ketiga dalam daftar kapitalisasi pasar perusahaan IT global pada tahun 2012.

Samsung Electronics berada di peringkat kedelapan pada tahun 2010 dan kelima pada tahun 2011. Apple menduduki posisi teratas dalam hal kapitalisasi pasar dan telah mempertahankan tempatnya ini pada daftar kapitalisasi pasar untuk tahun ketiga sejak tahun 2010, diikuti oleh Google di posisi dua dan Microsoft meluncur turun dari peringkat kedua ke peringkat keempat. Sementara IBM turun dari peringkat keempat menjadi kelima. Oracle, Qualcomm, Cisco, SAP dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) ada di peringkat 6 sampai 10.

Untuk peringkat perusahaan IT, NIPA menyeleksinya berdasarkan analisis data perusahaan IT dari data kapitalisasi pasar perusahaan global yang disusun oleh Reuters Knowledge, tool informasi keuangan berbasis web dari Reuter. Diantara 100 perusahaan teratas, jumlah perusahaan yang berbasis di Taiwan dan Amerika Serikat meningkat masing-masing tiga dan dua, sedangkan dua perusahaan yang berbasis di Jepang telah terlempar dari daftar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar