Selasa, 26 Maret 2013

Samsung investasi besar-besaran untuk platform game berbasis TIZEN


Samsung Electronics dikabarkan telah menyiapkan dana besar hingga puluhan miliar won untuk terjun dalam bisnis game dengan memanfaatkan perangkat mereka yang ada seperti smartphone, tablet dan Smart TV. Alih-alih mengembangkan game sendiri atau mengakuisisi pengembang game yang ada, Samsung lebih memilih untuk membombardir para pengembang game dengan uang untuk membuat ekosistem game TIZEN.

Menurut sumber industri di Korea, Samsung Electronics mulai menghubungi para penerbit game smartphone untuk memperkenalkan 100 game paling populer yang ada di iPhone maupun Android dalam versi TIZEN pada bulan Juni nanti.

Tidak hanya perusahaan-perusahaan game besar di industri smartphone, seperti Com2Us dan Gamesville, tetapi juga portal game besar seperti NHN telah berada di daftar kontak Samsung. Bahkan beberapa start-up dan pengembang game independen juga telah berada dalam pantauan radar Samsung. Hal ini menjadi sangat jelas bahwa Samsung telah memilih platform game sebagai salah satu senjata mematikan buat TIZEN untuk berpijak ke wilayah Apple dan Google.

Seorang eksekutif dari sebuah perusahaan game smartphone menegaskan, "perjanjiannya sangat menarik - Samsung akan mensubsidi biaya pengembangan dan menyediakan banyak program pendukung." Dia juga berkomentar bahwa berdasarkan analisanya anggaran Samsung pada game smartphone untuk TIZEN bisa melampaui puluhan miliar Won. "Samsung berjanji bahwa mereka tidak akan mengambil komisi penjualan untuk jangka waktu tertentu. Dibandingkan dengan Apple dan Google yang mengambil 30% dari penjualan, itu adalah kesepakatan yang sangat menarik," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar