Kamis, 17 Januari 2013

Samsung mulai pembuatan prosesor dengan fabrikasi 14nm


Samsung Electronics akan memulai pembuatan prosesor aplikasi atau System-on-Chip (SoC) untuk perangkat mobile dengan proses fabrikasi 14-nm dalam tahun ini. Meskipun awalnya mereka berencana untuk melakukannya pada tahun 2014, naun rencana ini segera dimajukan mengingat persaingan pasar yang semakin ketat. Tujuannya adalah untuk melanjutkan dominasinya di pasar prosesor aplikasi dan memberikan dorongan untuk bisnis baru seperti pengecoran dan manufaktur CPU server rendah daya.

Menurut sumber industri, Divisi Sistem LSI dari Samsung Electronics telah mereorganisasi proses pengembangan mereka untuk fabrikasi mikro 14-nm yang lebih awal dari jadwal semula, dipimpin terutama oleh Pusat Desain Infrastruktur.

Dalam kondisi ini, perusahaan fabless yang bermitra dengan Samsung seperti ARM, Cadence, Mentor dan Synopsis sedang mengatur Pusat R&D di Korea untuk mencari insinyur yang dibutuhkan. Ini sesuatu yang langka melihat perusahaan fabless global yang membangun sebuah pusat R&D untuk membantu dengan klien lokal (Korea).

Samsung Electronics saat ini menjalin kerjasama yang erat dengan empat perusahaan untuk pembuatan chip 32-nm High-K Metal Gate (HKMG). Prosesor aplikasi 14-nm memiliki struktur FinFET tiga dimensi dan membutuhkan solusi desain dan pengujian yang berbeda dari yang biasa dilakukan untuk chip lainnya. Inilah sebabnya mengapa peran perusahaan fabless sangatlah penting.

Samsung berencana untuk fokus pada pengembangan prosesor aplikasi menggunakan proses fabrikasi 14-nm. Skala ekonomi dapat dicapai melalui pasokan internal ke Divisi Komunikasi Mobile dan diharapkan dapat berbicara banyak untuk menghadapi pesaing seperti Qualcomm.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar