Kamis, 13 Desember 2012

Samsung targetkan 10 juta smartphone TIZEN tahun depan


Samsung Electronics akan meluncurkan platform mobile open source TIZEN secara global tahun depan. Selain itu, Samsung juga mencanangkan target untuk bisa menjual 10 juta smartphone berbasis TIZEN di 2013. Untuk itu, Samsung bersama mitra domestik dan internasional akan mempercepat proyek pengembangan smartphone TIZEN.

Menurut sumber industri di Korea, Samsung berencana menjual setidaknya 10 juta smartphone TIZEN pada tahun pertama sejak peluncurannya. "Volume penjualan ini akan mengandalkan pasar dari luar negeri," katanya.

Pada bulan Maret tahun depan smartphone TIZEN pertama dari Samsung akan diluncurkan, sebagai bagian dari upaya Samsung untuk mandiri penuh secara software. Samsung berharap smartphone ini akan menjadi titik awal dari ekosistem TIZEN yang bisa membawa gelombang besar di pasar smartphone untuk menjadikannya platform mobile terbesar ketiga bersama-sama Apple iOS dan Google Android.

"Sama seperti Android, OS TIZEN juga didasarkan pada Linux, namun berbasis teknologi generasi berikutnya dari pemrograman web yang terbuka. TIZEN adalah platform berbasis HTML5 yang mendukung kompatibilitas multi-device," kata sumber ini.

Samsung telah mengerahkan semua sumber daya manusia dan materi internal untuk mewujudkan penyebaran yang cepat dari ekosistem TIZEN. Tim pengembangan platform software mobile bada telah di-reorganisasi untuk bekerja pada TIZEN dengan strategi baru. Samsung akan memanfaatkan pengalaman menjual lebih dari 20 juta smartphone bada dan ratusan juta smartphone Android di seluruh dunia untuk menjamin kesuksesan penjualan perangkat TIZEN di masa depan.

Untuk tujuan ini, Samsung secara aktif akan bekerjasama dengan pengembang aplikasi dan komunitas penggiat software open source untuk memperoleh masukan yang cukup. Samsung juga bekerja agar OS TIZEN bisa berjalan pada berbagai platform chip mobile yang ada di pasarana. Walaupun tampaknya smartphone TIZEN pertama Samsung akan menggunakan chip prosesor buatan mereka sendiri, namun Samsung juga akan mengadopsi chip dari perusahaan lain seperti Qualcomm maupun Intel.

"Smartphone TIZEN pertama Samsung akan dirilis di Eropa, Rusia, Jepang, dan diharapkan juga pasar lainnya akan mengikuti kemudian," kata sumber ini. Samsung akan bekerjasama dengan operator yang menjadi anggota dari TIZEN Association seperti SK Telecom, Vodafone, Orange, Telefonica, NTT DoCoMo maupun Sprint untuk memperoleh jaringan distribusi lokal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar