Kamis, 27 September 2012

Petinggi Samsung temui tokoh penting telekomunikasi dunia demi menekan Apple


Jay Y. Lee (Lee Jae-yong), presiden dan chief operating officer dari Samsung Electronics, meninggalkan Seoul kemarin untuk pergi ke Amerika Utara untuk memeriksa operasional Samsung disana dan bertemu dengan tokoh-tokoh kunci dari perusahaan telekomunikasi seluler selama dua minggu ke depan. Samsung mengumumkan kemarin bahwa Presiden Lee akan mengadakan pembicaraan kerjasama dengan beberapa kepala operator di Amerika Utara selama liburan Chuseok (추석).

Putra dan pewaris dari Chairman Samsung Lee Kun-hee ini juga akan mengunjungi Meksiko untuk berbicara dengan Carlos Slim, seorang tokoh bisnis Meksiko dan salah satu orang terkaya di dunia. Slim adalah Chairman dan CEO dari perusahaan telekomunikasi Telmex dan America Movil yang terbesar di Meksiko. Pertemuan ini terjadi hanya lima bulan setelah Slim mengunjungi Seoul pada bulan April untuk bertemu dengan Chairman Samsung Lee Kun-hee. Untuk ini Lee akan didampingi oleh Presiden dari Samsung Mobile JK Shin (Shin Jong-Kyun).

COO Samsung ini akan tinggal di Amerika Serikat selama sekitar 10 hari untuk pertemuan dengan kepala operator telekomunikasi di sana, termasuk Verizon, AT&T dan Sprint. Dia dikabarkan akan bernegosiasi tentang kerjasama di sektor smartphone, termasuk perilisan dari smartphone TIZEN di Amerika mendatang.

Lee dan Slim akan mengadakan diskusi secara mendalam tentang ekspansi bisnis Samsung di Meksiko, dimana Telmex menguasai sekitar 70 persen pasar telekomunikasi Meksiko. Slim dikenal dengan kontribusi yang besar bagi perekonomian Meksiko, setelah melakukan ekspansi ke bisnis keuangan, konstruksi perjalanan udara, dan transportasi. Dengan kekayaan pribadi yang diperkirakan mencapai 69 miliar dolar AS, ia mengalahkan pendiri Microsoft Bill Gates untuk menjadi dunia orang terkaya di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut.

Chairman Samsung, Lee Kun-hee, bertemu dengan Li Ka-shing, Chairman dari Cheung Kong Holdings & Hutchison Whampoa.

Sebelumnya, pada 11 September yang lalu Chairman Lee Kun-hee menemui Li Ka-shing, ikon bisnis Hong Kong dan orang terkaya di Asia untuk membicarakan kerjasama di bidang konstruksi dan telekomunikasi. Li Ka-shing adalah Chairman Cheung Kong Holdings dan Hutchison Whampoa, dan memiliki kekayaan yang diperkirakan sebesar $25,5 miliar. Li menduduki peringkat kesembilan di antara 100 orang terkaya di dunia tahun lalu. Dalam pertemuan ini Jay Y. Lee juga ikut hadir.

Lee menyampaikan penghargaan dan terima kasihnya karena Samsung Electronics telah terpilih sebagai pemasok BTS eksklusif untuk jaringan LTE yang saat ini sedang dipasang oleh H3G, anak perusahaan dari Hutchison Whampoa, di Inggris. Hutchison Whampoa mengoperasikan operator seluler di Inggris dan melalui kontrak dengan Samsung masuk ke pasar jaringan LTE Eropa untuk pertama kalinya.

Sumber industri mengatakan bahwa lagkah agresif Samsung ini sebagai bagian untuk melancarkan perang habis-habisan dengan Apple. Samsung terus memperkuat jaringan dan membentuk aliansi dengan operator telekomunikasi global, termasuk pada pasokan peralatan dan perangkat smartphone yang digunakan. Apple sebelumnya dikenal dikenal telah menekan operator telekomunikasi untuk memberikan kondisi kontrak yang berlebihan dibandingkan dengan pembuat smartphone lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar