Senin, 21 Mei 2012

Apa implikasi kemenangan Chelsea di Liga Champions terhadap Samsung?


Sebagai sponsor utama dari Chelsea FC, Samsung Electronics diperkirakan akan menuai manfaat iklan yang besar berkat kemenangan tim sepak bola asal London, Inggris, itu di final Liga Champions dua hari yang lalu di Jerman. Kontrak sponsor Samsung dengan salah satu tim English Premier League ini akan berakhir pada Mei tahun depan.

Samsung sebenarnya tidak terlalu peduli siapa yang memenangkan final Liga Champions tahun ini karena mereka juga mensponsori runner-up Bayern Munich, tetapi kemenangan Chelsea diperkirakan akan mengakibatkan efek promosi yang lebih baik karena logo Samsung dicantumkan pada seragam biru Chelsea.

Seorang juru bicara dari Samsung Electronics mengatakan, "Kedua tim yang disponsori oleh Samsung bertemu di final dan menunjukkan permainan yang fantastis, jadi kita sudah tidak mengharapkan yang lebih dari itu. Pengaruh PR pada pertandingan akhir seharusnya memang bernilai beberapa miliar won."


Jika kita ikuti pertandingan kemarin yang diakhiri lewat drama adu penalti setelah selama 90 menit pertandingan ditambah perpanjangan waktu 30 menit kedua kesebelasan tetap membukukan skor yang sama kuat 1-1, dipastikan selama itu logo Samsung terpapar langsung dihadapan sekitar 200 juta fans sepak bola di seluruh dunia selama lebih dari dua jam. Minggu - minggu mendatang, kaos dan merchandise dari pemain kelas dunia seperti Didier Drogba dan Frank Lampard logo besar Samsung di bagian depan, akan mulai diincar oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia, terutama paran fans Chelsea dimanapun berada. Hal ini dipastikan akan mengumpulkan pemasaran untuk Samsung sendiri, yang bahkan jauh lebih besar dari keuntungan promosi.


Para ahli pada industri elektronik Korea mengatakan bahwa sponsor Samsung pada Chelsea, yang disebut sebagai "aliansi biru," telah berhasil. Penjualan produk elektronik Samsung di Eropa telah meningkat dua kali lipat setiap tahun sejak tahun 2005, ketika kontrak sponsor ditandatangani, dan tahun lalu, penjualan di Inggris telah meningkat tiga kali lipat dari tahun 2004, termasuk untuk TV yang meningkat dari 23,5 persen pada 2007 menjadi 35,9 persen pada kuartal pertama tahun ini. Dan selama periode yang sama, Chelsea telah berkembang sebagai salah satu klub paling sukses di Eropa, dengan dua gelar Liga Premier Inggris (tahun 2006 dan 2010) dan Piala FA (tahun 2007 dan 2009) disandangnya.


Samsung Electronics telah mensponsori Chelsea sejak Juni 2005. Kontrak ini memberikan hak untuk Samsung menempatkan logo perusahaan di seragam tim dan mempromosikan namanya di Stamford Bridge, stadion kandang dari Chelsea. Meskipun angka yang tepat dari kesepakatan saat itu belum terungkap, diperkirakan berada di sekitar 163 miliar rupiah per tahun dan diketahui telah berkembang sejak saat itu. Bloomberg melaporkan awal pekan lalu bahwa kesepakatan itu sekarang telah berkembang menjadi 16,3 juta euro (sekitar 196 triliun rupiah) setahun. Kontrak saat ini akan berakhir Mei tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar